TrawlBens – Mungkin selama ini anda hanya pernah mendengar istilah medical check up, yaitu pemeriksaan kesehatan atau kondisi tubuh anda sehingga anda dapat mencegah hal-hal yang tidak di inginkan di masa depan. Tetapi tahukah anda bahwa didalam dunia keuangan ada istilah yang dinamakan Financial Check Up?

Financial check up dilakukan oleh mereka yang peduli dengan kesehatan keuangan mereka. Melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah ada indikasi terjadinya masalah finansial yang mungkin saja terjadi di masa depan sehingga sebelum hal itu terjadi, dilakukan langkah-langkah yang dapat mengatasi masalah keuangan tersebut.

Dalam financial check up, biasanya anda menuliskan berapa banyak aset yang anda miliki, lalu hutang yang anda punya serta mencatat bagaimana arus keuangan anda.

Lalu kenapa financial check up sangat penting untuk dilakukan? Berikut ini adalah 3 alasan utamanya.

1 Mengontrol Pengeluaran Dengan Cermat dan Terkontrol

Pengeluaran yang tidak dicatat dan tidak dikontrol dapat menyebabkan anda menjadi boros, dan membuat anda merasa punya uang yang lebih. Padahal uang lebih tersebut lebih baik ditabung.

Misal dalam contoh, di akhir bulan anda melihat ada uang jajan anda yang tersisa yang tak anda ketahui sebelumnya, lalu anda berpikir karena sebentar lagi gajian, anda membelanjakan uang tersebut. Padahal jika uang tabungan anda itu tidak dipakai jajan, anda bisa menggunakannya untuk hal yang lebih bermanfaat, contohnya di investasikan. Jika uang sisa itu anda investasikan, maka dapat menambah nilai uang tersebut seiring berjalannya waktu.

Dengan melakukan financial check up, anda bisa mengontrol pengeluaran dengan mudah sehingga pengalokasian keuangan anda akan lebih tepat dan terarah.

2. Mempersiapkan Keuangan Yang Terencana Untuk Masa Depann

Yang harus anda sadari adalah, dengan melakukan financial check up, maka anda akan dapat mempersiapkan keuangan anda di masa depan secara terperinci dan terencana dengan baik.

Selain itu anda harus tetap berada didalam lingkaran rencana masa depan anda, maksudnya jika saat ini anda sedangn berencana untuk membeli sesuatu di masa depan, maka anda harus tetap berada di jalur tersebut.

financial check up

Sebagai contoh, anda ingin liburan bersama pasangan, mempersiapkan biaya pernikahan, hidup tenang tanpa terbebani hutang sama sekali, hingga mempersiapkan dana pendidikan anak anda kelak, dan sebagainya, itulah yang dimaksud dengan merencanakan masa depan keuangan anda.

Selain membantu anda menggunakan uang dengan cermat, financial check up akan menyelesaikan keuangan anda demi mencapai impian finansial anda.

Baca Juga : 5 Sektor Ekonomi di Indonesia Yang Terkena Dampak Covid-19

3. Membantu Memantau Pos Pengeluaran Anda

Banyak yang setuju bahwa ketika gajian tiba, banyak yang mengeluh uang mereka cepat habis untuk membayar berbagai macam keperluan dan barang. Entah itu untuk membayar cicilan, belanja kebutuhan pokok bulanan, hutang dan keadaan darurat lainnya.

Tetapi yang disayangkan tidak banyak yang disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran mereka. Padahal dengan melakukan financial check up tersebut anda dapat mengetahui kemana saja uang anda pergi, dengan demikian anda tidak perlu bertanya-tanya lagi untuk apa saja uang yang anda keluarkan.

Satu hal yang perlu anda ingat, masalah finansial merupakan urusan yang sangat vital dalam setiap aspek kehidupan. Pintar-pintarlah merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Jadi, kapan Anda ingin mulai melakukan financial check up?


Yuks!! Bagikan Artikel Ini