TrawlBens – Pelanggan merupakan aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan bisa berkembang apalagi untuk bertahan. Melihat hal tersebut, manajemen bisnis di tuntut untuk dapat menjaga loyalitas pelanggan mereka.

Salah satu faktor terpenting dalam membangun atau setidaknya menjaga loyalitas pelanggan adalah menumbuhkan kepuasan pada setiap pelanggan atas produk atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan timbulnya kepuasan dalam hati pelanggan, akan meningkatkan kemungkinan pelanggan tersebut kembali memakai jasa atau membeli produk dari kita. Maka dari itu, kepuasan pelanggan adalah segalanya bagi perusahaan.

Lantas bagaimanakah menumbuhkan rasa kepuasan dihati pelanggan atas produk yang kita punya? Simaklah artikel ini sampai habis.

1. Memberikan Pelayanan Yang Berkualitas

Salah satu kunci dalam membangun loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang bermutu kepada setiap pelanggan tanpa membeda-bedakannya. Selain memberikan produk yang berkualitas, ternyata konsumen cenderung memperhatikan sespesial apa mereka diperlakukan oleh perusahaan. Karena jika mereka dilayani dengan baik, maka konsumen merasa diperlakukan bak raja dan lambat laun akan timbul rasa percaya dan timbul pula keinginan memakai jasa atau membeli produk kita kembali.

Selain itu, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Seperti kebersihan tempat usaha, keramahtamahan customer service kita, serta kecepatan dalam pelayanan juga menjadi aspek penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Satu lagi hal yang tak kalah penting adalah harga yang dipatok oleh perusahaan harus layak dan masuk akal.

2. Membangun Hubungan Saling Menguntungkan

Pernah dengar istilah simbiosis mutualisme? Itu adalah hubungan saling menguntungkan antar dua mahluk hidup atau organisme. Hubungan saling menguntungkan antar manusia juga bisa disebut simbiosis mutualisme. Dan hubungan tersebut juga menjadi salah satu dalam membangun kesetiaan atau loyalitas pelanggan.

membangun loyalitas pelanggan

Hal menguntungkan yang dapat anda berikan kepada pelanggan misalnya promo-promo special yang hanya anda berikan kepada pelanggan setia, atau potongan khusus untuk pelanggan yang sering memakai jasa atau membeli produk anda. Dengan begitu pelanggan setia tersebut akan membantu mengiklankan usaha anda lewat mulut ke mulut. Mereka akan memberitahukan teman atau kerabatnya bahwa mereka mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari anda, dan juga promo-promo menarik dari anda. Tentu saja iklan dari mulut ke mulut itu sangat menguntungkan untuk anda karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran sama sekali.

Itulah mengapa menjalin hubungan simbiosis mutualisme sangat penting anda terapkan untuk meningkatkan atau menjaga loyalitas pelanggan.

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Mitra Bisnis Yang Tepat

3. Selalu Siap Menangani Keluhan Konsumen

Dalam menjalankan usaha, tidak selalu jalan yang anda lewati mulus. Ada kalanya anda akan bertemu dengan masalah yang berhubungan dengan pelanggan. Pelanggan terkadang komplain atas pelayanan atau produk anda yang mereka beli. Dan tak jarang alasan mereka adalah yang mengada-ngada dan tidak masuk akal. Tetapi anda sebagai pemilik usaha, jangan biarkan pelanggan semakin kesal atas jawaban atau penanganan anda.

Sebaliknya jawab keluhan-keluhan mereka dengan sabar. karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan itu memang lah raja bagi seorang wirausawahan. Tetapi tak jarang pula konsumen komplain atas produk anda yang benar-benar tidak sesuai standart. Apalagi jika bukan hanya satu konsumen yang komplain dengan produk tersebut, itu berarti memang produk anda lah yang bermasalah. Jika seperti itu, anda harus melakukan evaluasi secepatnya atas produk yang menjadi permasalahan tersebut.

Dengan mendengarkan keluhan konsumen dan melayani mereka dengan kepala dingin, maka akan timbul rasa dihargai dihati konsumen yang komplain tersebut. Hal itu juga dapat menumbuhkan kesetiaan konsumen kepada produk atau layanan anda. Walaupun sebelumnya mereka mengalami hal yang tidak menyenangkan terhadap produk anda, tetapi niscaya mereka akan tetapi memakai jasa atau membeli produk anda kembali.

Dengan menerapkan 3 cara di atas, tentunya kita berharap anda dapat mempertahankan bahkan menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan kepada perusahaan anda. Dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal lagi. Semoga berhasil.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini