Bisnis cargo tidak pernah lepas dari armada-armada transportasi yang menyokongnya. Mulai dari skala terkecil, kurir atau agen dengan motor, kemudian naik menjadi pemindahan barang dengan mobil van atau bak terbuka, berlanjut ke pemuatan dengan truk, hingga pada kendaraan terbesar untuk pemindahan antar pulau dengan kapal kargo atau pesawat. Semua armada memegang peranan penting dalam pemindahan barang, sehingga memiliki signifikansi tinggi dalam bisnis ini.

Untuk kapal kargo atau kapal barang sendiri, ternyata juga memiliki berbagai ukuran berbeda. Tentu saja, ukuran ini juga disesuaikan dengan kapasitas muatan, hingga jenis muatan yang diangkut kapal tersebut. Idealnya semakin besar ukuran kapal, maka semakin besar pula daya angkutnya.

Tentu masih segar dalam ingatan Anda semua, mengenai kabar tersangkutnya kapal kargo Ever Given di terusan Suez beberapa waktu lalu. Ya, kapal tersebut merupakan salah satu jenis kapal barang atau cargo yang digunakan untuk memindahkan barang dalam ukuran besar. Jika dilihat sekilas, Anda tentu mendapati ada ratusan, atau mungkin ribuan peti kontainer yang diangkut kapal tersebut.

Jenis-Jenis Kapal Kargo

Dalam dunia pengiriman sendiri, setidaknya dikenal 4 jenis cargo berbeda berdasarkan ukurannya.

Kapal Kargo Curah

Merupakan kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut bahan mentah, seperti batu bara, bijih besi, mineral, dan yang lainnya. Kapal ini juga disebut dengan bulk carrier,dan merupakan kapal barang paling umum yang digunakan di seluruh dunia. Kapal ini tidak memiliki kemampuan untuk mengangkut kontainer, jadi yang diangkut hanya berupa bahan mentah dan sejenisnya saja.

Kapal Kargo Umum

Juga termasuk jenis kapal yang paling banyak digunakan di dunia, produksi kapal kargo umum sendiri memuncak pada era Perang Dunia ke 2. Dengan daya angkut mencapai 5000 hingga 25000 dwt, kapal ini bisa memuat cargo karung, curah, hingga container. Terdapat dua deck yang digunakan, sehingga disebut dengan jenis kapal twin decker, sehingga bisa menampung banyak jenis muatan.

Kapal Kontainer

Jenis kapal ketiga ini disebut dengan kapal kontainer. Seperti Namanya, spesialisasi kapal jenis ini adalah mengangkut kontainer dalam skala yang cukup besar.Kontainer sendiri merupakan peti kemas dengan ukuran yang cukup besar, yang biasa digunakan dalam urusan pengiriman industri. Mulai dari alat berat, kendaraan besar, bahan baku, alat industri, dan sebagainya.

Kapal Tanker

Dispesialisasikan untuk pemindahan bahan mentah dalam jumlah besar dan dengan klasifikasi yang cukup berbahaya, kapal tanker dapat dikatakan sebagai salah satu armada kapal barang yang canggih. Dengan standar keselamatan tinggi dan dipadukan dengan kapasitas yang besar, kapal tanker sukses jadi pilihan banyak orang dalam pengiriman cargo antar pulau.

Cargo dengan Kapal atau dengan Pesawat?

Pada dunia industri cargo kekinian, mungkin tak sedikit dari Anda, pebisnis muda yang siap mengembangkan bisnisnya, yang bertanya-tanya : mengapa tidak menggunakan angkutan udara dalam memindahkan barang?

Sederhananya, jawaban atas pertanyaan ini adalah pada biaya. Memang, transportasi udara atau pesawat menawarkan pengiriman yang cepat dan efektif. Namun dari segi harga, beban yang harus dikeluarkan tentu akan berlipat ganda. Hal ini dirasa kurang bersahabat untuk pelaku industri baru yang tengah mengembangkan bisnisnya dan pelaku industri senior yang jumlah pengiriman barangnya sangat besar.

Di sisi lain pengiriman via jalur laut dengan kapal memberikan kapasitas kirim yang besar, serta harga lebih terjangkau. Memang terdapat kelemahan pada waktu pengiriman yang sedikit lebih lama, karena harus memastikan kapal penuh sebelum berangkat. Namun secara umum opsi ini lebih dipilih karena harganya terjangkau.

Tapi bagaimana dengan batas pengiriman cargo yang biasanya besar dan tidak masuk akal untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang ingin mengirimkan barang? Adakah solusi atau alternatifnya?

Mengatasi Minimal Pengiriman yang Besar

Untuk penggunaan jasa cargo, biasanya batas minimal pengiriman yang diberikan adalah 100 kilogram. Memang ada yang memberikan batas pengiriman sebesar 50 kilogram, namun hanya untuk tujuan yang sangat terbatas.

Hal ini sebenarnya bisa dengan cukup mudah disiasati, jika Anda memiliki rekanan bisnis atau orang yang ingin mengirim barang ke area yang sama. Jadi Anda tak perlu memenuhi minimal berat, dan bisa melakukan pengiriman secara kolektif. Akan sedikit repot memang dalam prakteknya, namun untuk menekan biaya pengiriman hal ini bisa dilakukan.

Anda juga bisa memilih jasa pengiriman cargo yang memberikan batas pengiriman lebih rendah, hingga 10 kilogram saja. Ya, pengiriman ini kini sudah ada, dan hadir untuk membantu Anda mengembangkan bisnis menjadi lebih maju tanpa harus memikirkan ongkir barang yang terlalu besar.

Uniknya lagi, jasa pengiriman yang akan disebutkan belakangan juga beroperasi dengan menggunakan aplikasi on demand. Jadi Anda bisa melakukan pemesanan pengiriman dengan aplikasi sederhana di smartphone Anda, dan tinggal menunggu barang dijemput oleh mitra atau agen layanan ini. Anda tidak salah baca, barang akan dijemput oleh mitra dan agen di alamat yang Anda inginkan.

Untuk cek tarif dari Jabodetabek ke berbagai area di Indonesia, Anda bisa gunakan fitur ini :

TrawlBens, Jasa Pengiriman Cargo Kekinian

TrawlBens, hadir untuk menjawab kebutuhan Anda pada layanan cargo murah, batas minimal yang kecil, serta praktis. TrawlBens menyediakan layanan dengan nama TrawlPack yang bisa Anda gunakan langsung dari aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore.

Nantinya Anda tinggal melakukan registrasi pengguna, kemudian memasukkan data yang diperlukan untuk membuat orderan, dan kemudian tinggal menunggu kurir atau agen datang menjemput barang yang ingin Anda kirimkan. Batas minimal pengiriman mulai dari 10 kilogram saja, sehingga tidak akan memberatkan Anda dengan pengiriman dalam jumlah kecil.

Namun jangan salah, meski batas minimal pengirimannya hanya 10 kilogram saja, namun TrawlPack memiliki batas atas pengiriman hingga 5000 kilogram. Selain menyediakan opsi untuk pengiriman jumlah kecil, TrawlPack juga tetap siap membantu Anda untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar.

Dengan menggunakan armada yang memadai, mulai dari kendaraan angkut darat hingga kapal kargo, semua jenis paket yang Anda kirimkan dijamin bisa sampai ke alamat penerima dengan selamat. Ya, meskipun menyediakan jasa cargo, namun TrawlBens juga memberikan layanan door to door sehingga memudahkan pengirim dan penerima.

Satu Aplikasi untuk Pengiriman Ke Seluruh Indonesia

Dengan aplikasi TrawlBens, Anda bisa mengirimkan barang dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia. Mulai dari area Sumatera, Kalimantan,Sulawesi, seluruh Jawa, Bali, hingga Mataram, semua sudah terjangkau layanan dari TrawlBens. Dalam waktu dekat, rute Papua, Maluku, serta NTT juga akan dibuka untuk memudahkan pengiriman yang Anda lakukan.

Dengan basis jasa pengiriman cargo yang kuat, TrawlBens siap menjadi partner terbaik Anda untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Harga murah, proses cepat, serta memiliki standar packing tinggi, TrawlBens berdedikasi memberikan pengalaman pengiriman terbaik untuk setiap pelanggannya.

Pengiriman yang dilakukan TrawlBens sendiri kini terus meningkat, sebagai bukti kepuasan pelanggan yang terus terjaga. Dengan armada darat berupa beragam jenis truk dan armada laut kapal kargo yang digunakan, paket yang dikirim akan sampai dengan selamat. TrawlBens, A Super Logistics App In Your Hand!

Anda juga bisa membaca detail pengiriman ke area Mamuju pada artikel ini Jasa Ekspedisi Murah Jakarta Mamuju.


Cek Tarif & Lacak Resi

Pilih Kota Pengiriman

Yuks!! Bagikan Artikel Ini