Trawlbens - Pengiriman alat berat tampaknya menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan bagi orang yang belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun tugas yang tampaknya mustahil dilakukan ini dapat tercapai dengan baik berkat jasa pengiriman alat berat dan juga staf yang bekerja secara profesional di bidang mereka.

Metode Pengiriman Alat Berat

Pengiriman alat bukanlah sebuah pekerjaan yang baru dilakukan oleh manusia modern, sejak abad ke 18 pengangkutan alat berat sudah dilakukan manusia untuk kebutuhan konstruksi dan perindustrian. Dengan begitu sekarang ini sudah tersedia banyak pilihan jasa pengiriman alat berat yang dapat membantu Anda mengirimkannya ke tempat yang Anda inginkan. Perusahaan pengiriman ini akan siap dan bersedia membantu Anda. Kebanyakan perusahaan-perusahaan ini sudah memiliki reputasi dan sejarah yang bagus. Dan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sebagian besar perusahaan tersebut dapat Anda pesan melalui online.

Namun, sebelum memilih perusahaan pengiriman, ada baiknya untuk mendapatkan referensi lisan dari klien sebelumnya. Mendengar secara langsung tentang pengalaman orang lain dengan perusahaan pengiriman yang Anda dapat memberi Anda wawasan tentang apa sebenarnya yang diharapkan.

Aspek penting lainnya untuk pengiriman alat berat adalah memutuskan dengan tepat cara terbaik untuk mengirimkannya. Metode pengiriman alat berat cukup banyak dan sebagian besar akan ditentukan oleh ukuran dan bentuk muatan. Berikut ini adalah empat metode pengiriman alat berat yang paling umum digunakan oleh perusahaan pelayaran terkemuka saat ini :

Pengiriman Dengan Kontainer

Metode lama dalam dunia pelayaran adalah dengan kontainer. Pengiriman kontainer memungkinkan pemuatan dan pembongkaran barang dengan mudah yang dimasukkan ke dalam kontainer standar seperti ukuran 20 feet atau 40 feet. Namun, saat mengirimkan alat berat berukuran besar, mungkin tidak mungkin untuk dimasukkan ke dalam peti kemas. Jadi metode ini tidak dapat dipilih untuk pengiriman alat berat Anda.

Ada kelebihan dan kekurangan dalam metode ini. Kelebihan utamanya adalah kemudahan transportasinya. Sementara kerugian terbesarnya adalah tenaga dan waktu yang diperlkan untik membongkar dan merakit mesin. Jika pengiriman dengan peti kemas bukanlah sesuatu yang akan berhasil untuk pengiriman alat berat Anda, maka metode berikut mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

pengiriman alat berat

Lift In - Lift Out

Metode ini juga dikenal dengan LoLo, Lift On / Lift Off adalah praktik pengangkutan alat berat dengan menggunakan derek untuk di angkat langsung ke atas alat pengangkut yang sesuai seperti trailer. Secara teori, LoLo adalah metode pengiriman alat berat yang relatif sederhana, namun kebutuhan crane yang mampu mengangkat dan memindahkan beban Anda, serta kru yang terlatih khusus untuk mengoperasikan crane dapat mengakibatkan biaya pengiriman alat berat Anda mungkin menjadi tinggi.

Roll-on / Roll-off

Roll - on / Roll - off, atau RoRo, adalah cara termudah untuk memuat dan mengirim alat berat, asalkan kiriman Anda memiliki kemampuan untuk bergerak dengan mesin. Alat berat beroda dapat dengan mudah dimuat ke semua jenis alat angkut pengiriman, baik itu trailer, kontainer, atau geladak kapal. Kemampuan ini akan menghemat waktu dan uang Anda, satu-satunya kelemahan adalah mesin beroda cenderung mengambil ruang dan kesulitan logistik menumpuk mesin beroda untuk memaksimalkan ruang yang ada.

Pengiriman Rak Datar

Truk dengan rak datar memecahkan masalah kompatibilitas susun untuk pengiriman alat berat. Intinya, rak datar adalah wadah pengiriman alat berat tanpa dinding samping atau atap, yang memungkinkan pengirim untuk menaikkan alat berat mereka ke permukaan wadah yang dapat dimuat tanpa dibatasi oleh batasan dimensinya.

Metode ini adalah praktik yang sangat umum dalam pengiriman alat berat karena bagian bawah kontainer standar berukuran dua puluh hingga empat puluh kaki akan muat di semua trailer dan di bagian atas tumpukan kontainer. Kekurangan dari metode ini adalah pada dasarnya membiarkan alat berat Anda terkena oleh elemen-elemen yang terkena saat dalam perjalanan. Namun, jika Anda khawatir tentang risiko kerusakan akibat paparan, Anda mungkin dapat menghindari kerusakan tersebut dengan memasang pelindung atau mengemas kiriman Anda dengan hati-hati sebelumnya.

Demikianlah 4 metode pengiriman alat berat yang umumnya diterapkan oleh perusahaan pengiriman alat berat. Untuk mendukung pengiriman alat berat Anda menjadi lancar, Anda dapat memakai layanan pengiriman alat berat dari Trawlbens. TrawlHeavy hadir sebagai solusi untuk pengiriman alat berat dari dan ke seluruh Indonesia yang dapat Anda pesan dengan mudah dengan mendownload aplikasi Trawlbens kemudian memilih layanan TrawlHeavy. Anda tinggal mengikuti saja langkah selanjutnya. TrawlHeavy menjamin pengiriman alat berat Anda menjadi aman dan sampai tepat waktu sesuai yang dijanjikan. Jadi tunggu apalagi, untuk urusan pengiriman alat berat, segera beralih ke Trawlbens, A Super Logistics App In Your Hand.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini