TrawlBens – Seorang pengusaha perlu mengikuti beberapa prinsip dasar yang akan menjadi pedoman dan petunjuk untuk kesuksesan mereka. Seorang penulis terkenal dibidang manajemen melakukan penelitian dengan mewawancarai 150 pengusaha dan dilakukan selama tiga tahun, dari hasil penelitian itu dia mengeluarkan sebuah buku tentang kewirausahaan yang diterbitkan oleh Harvard Business School.

Artikel ini didasarkan pada wawasan dari buku tersebut dan memasukkan lima prinsip yang harus berfungsi sebagai penanda bagi calon wirausahawan muda.

Salah satu wawasan penelitian ini adalah bahwa sebagian besar prinsip-prinsip yang ada disini dapat dipelajari dari pengalaman dan proses memulai usaha itu adalah sebuah pengalaman pendidikan. Dengan pengantar ini, sekarang ini mari lah kita masuk ke lima prinsip kewirausahaan seperti yang dijelaskan oleh Bill Murphy

Hasilkan Uang Dengan Cepat itu Bukanlah Suatu Tujuan

Penting bagi setiap pengusaha menguji produknya sebelum meluncurkan usahanya tersebut. Ini berarti bahwa seseorang harus berkomitmen pada cita-cita wirausaha dan mencoba model bisnis baru, serta bentuk dan paradigma baru dalam transaksi bisnis.

Dengan kata lain, seorang usahawan jangan terburu-buru dalam mendapatkan keuntungan dan sebaliknya, anda harus pahami apa itu wirausaha. Sebagai contoh, adalah lebih baik jika datang dengan ide mengubah permainan daripada bertahan dan mengejar arahan yang buntu, itu berarti bahwa pengusaha harus siap untuk berada dalam permainan waktu jangka panjang.

Temukan Peluang yang Tepat

Maksud dari prinsip ini adalah menunggu kesempatan yang tepat dan pada saat yang sama memanfaatkan momen ketika peluang muncul. Tentu saja, kami tidak mengatakan bahwa pengusaha harus menunggu hingga selamanya untuk mendapatkan kesempatan yang tepat.

Sebaliknya pengusaha harus memastikan bahwa mereka memiliki dasar yang diperlukan untuk memandaatkan peluang dan juga harus memiliki ide dan model bisnis sendiri yang akan menciptakan peluang jika mereka merasa kesulitan untuk menjalankan usaha.

prinsip entreprenur sejati

Misalnya, sebagaimana peluang hanya untuk datang sekali saja dan jika anda tidak menemukan peluang, bangunlah pintu sehingga anda siap ketika peluang muncul. Hal ini dapat di artikan bahwa pengusaha harus menciptakan peluang sekaligus merebut mereka ketika kesempatan itu datang.

Analogi lainnya yang dapat dijadikan contoh adalah pengusaha harus siap dengan pancing dan umpan ketika mereka pergi memancing dan jika sungai, laut, atau danau keruh, mereka harus memancing di perairan yang “berwarna biru” yang berarti bahwa mereka harus menciptakan pasar baru untuk mereka sendiri.

Investasi dan Bangun Tim yang Sukses

Setiap pengusaha harus memastikan bahwa mereka memiliki tim yang tepat dan solid sebelum memulai sebuah usaha. Lebih jauh, pengusaha harus memastikan bahwa timnya bersemangat, berkomitmen, dan yang paling penting, berbagi visi dan misi para pendiri.

Dengan kata lain, kecuali jika ada dukungan dari tim dengan ide pendiri, usaha tersebut akan gagal. Terlepas dari ini semua, mendapatkan orang yang sesuai yang memiliki fokus, dorongan, kesetiaan, tekad, keberanian dan konsisten selain menjadi termotivasi dan kreatif adalah beberapa persyaratan yang pengusaha tidak mampu abaikan.

Baca Juga : Mengapa Usaha Cargo Tetap Beroperasi di Tengah Pandemi Covid-19?

Ekseskusi Itu Penting

Pernahkah anda berada didalam situsasi saat seorang wiraniaga sedang melibatkan anda dalam obrolan fasih dimana ia berusaha meyakinkan anda untuk membeli produk yang belum mereka uji? Demikian pula semua pembicaraan dan tidak ada eksekusi tidak akan mengarah pada usaha baru dan karenanya penting bagi pengusaha untuk memastikan bahwa mereka menjalankan pembicaraan dan memenuhi janji-janji mereka.

Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus menjadi pemimpin yang berjalan dalam pembicaraan dan memahami arti dari eksekusi. Sebuah kepemimpinan berarti bahwa pengusaha tidak boleh takut akan kegagalan dan sebaliknya harus mengubah kesulitan menjadi kemenangan dan mengubah kegagalan menjadi batu loncatan untuk lebih sukses.

Demikianlah 5 prinsip dasar pemikiran dari seorang Bill Murphy yang dapat diambil nilai-nilai nya untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Memang, wirausawahan yang hebat adalah mereka yang bersedia mempercayai naluri dan ituisi mereka dan mendukung diri ketika usaha belum membuahkan hasil atau bahkan membuat kerugian. Dengan kata lain, jika anda berpikir bahwa anda memiliki ide hebat dan melaksanakannya dengan baik dengan tim yang tepat, Anda perlu bertahan dan terus berjalan.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini