Trawlbens - Jasa Pengiriman Barang. Pada jaman dulu, pengiriman barang dilakukan dengan kendaraan yang ditarik oleh hewan seperti kuda, dimana lama perjalanannya bisa sampai berminggu-minggu. Seiring kemajuan teknologi, semua itu dapat dilakukan dengan mudah menggunakan alat transportasi modern seperti mobil, kapal maupun pesawat. Sehingga durasi pengiriman menjadi lebih cepat. Saat ini jika Anda sadari, jasa pengiriman barang sudah semakin banyak tersedia di Indonesia dari berbagai macam perusahaan. Namun dalam memilih jasa ekspedisi tersebut, Anda harus hati-hati dalam memilih jasa ekspedisi yang bagus ataupun tidak, berikut ini alasannya.

1. Jasa Ekspedisi Ilegal

Kalau Anda mengabaikan kewaspaan dalam memilih jasa pengiriman barang, maka Anda bisa menemukan jasa ekspedisi ilegal atau yang tidak memiliki izin. Jika Anda menemukan jasa ekspedisi seperti ini, ketika terjadi sesuatu dengan barang Anda, maka bisa saja jasa ekspedisi tersebut akan lepas tanggung jawab atau bahkan bisa menghilang jejak. Biasanya jasa ekspedisi ilegal seperti ini mematok tarif yang murah sehingga menarik orang untuk memakai jasanya.

Biasanya jasa ekspedisi seperti ini disebut jasa ekspedisi DPR yaitu akronim dari Dibawah Pohon Rindang alias calo. Mereka tidak punya kantor ataupun armada sendiri. Maka jangan kaget kalau nanti barang Anda bisa nyasar ke tempat yang tidak Anda ketahui. Sedangkan ketika nomor kontak mereka dihubungi sudah tidak aktif, dan mereka juga tidak punya kantor untuk didatangi. Untuk alasan inilah Anda harus hati-hati dalam memilih jasa ekspedisi.

2. Tarif Yang Mahal

Anda mungkin tipe orang yang tidak mau ribet, begitu Anda mendapatkan jasa ekspedisi yang bagus di google, Anda langsung memakai jasa mereka tanpa mengecek terlebih dahulu tarif nya. Karena bisa saja pada jasa pengiriman yang lain, tarifnya jauh lebih murah dengan kualitas pelayanan yang sama. Untuk menghemat biaya, ada baiknya Anda membandingkan terlebih dahulu tarif dari beberapa jasa ekspedisi yang Anda temukan.

3. Keamanan Barang Tidak Terjamin

Salah satu yang menjamin keamanan barang selama dalam masa pengiriman adalah kualitas packingannya. Barang kiriman wajib di packing dengan proses berstandart dan memakai material yang berkualitas. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengiriman barang ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu, apakah jasa pengiriman yang Anda pakai memiliki service packing yang aman dan berkualitas atau tidak.

jasa pengiriman barang

4. Staf Yang Tidak Profesional

Keramahan staf dan juga profesionalitas kerjanya juga menjadi faktor dalam memilih jasa pengiriman barang. Tidak lucu ketika Anda menelfon customer service jasa ekspedisi yang bersangkutan untuk menanyakan status pengiriman barang Anda, namun telfonnya tidak di angkat. Itu namanya jasa ekspedisi tersebut tidak profesional. Jasa ekspedisi yang baik itu mempunyai staf yang siap melayani konsumen dengan baik. Jadi jika konsumen sedang membutuhkan bantuan, mereka siap membantu. Untuk membedakan mana CS yang profesional atau ramah sebenarnya cukup gampang. CS yang profesional biasanya dalam hitungan detik akan langsung mengangkat telfon atau membalas chat Anda, dan Anda juga akan di sapa dengan ramah. Sebaliknya CS yang tidak profesional biasanya lama mengangkat atau membalas chat Anda. Tapi ingat, tidak semua CS yang tidak profesional seperti itu. Hal yang demikian hanya merupakan satu dari sekian faktor dalam menilai CS yang profesional atau tidak.

5. Jasa Pengiriman Yang Tidak Relevan Dengan Barang Anda

Sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu, ada perbedaan antara jasa ekspedisi reguler dengan ekspedisi cargo. Jasa ekspedisi reguler adalah yang banyak dipakai orang untuk mengirimkan barang-barang kecil. Sebaliknya ekspedisi cargo mematok berat minimal barang, biasanya di atas 30kg. Jadi misalnya Anda ingin mengirimkan motor, atau-atau barang yang beratnya di atas 50kg, maka sebaiknya jangan pakai jasa ekspedisi reguler, sebab tarif perkilo yang diterapkan biasanya tinggi. Sebaliknya jika Anda mengirimkan barang dengan berat di bawah 10kg, jangan memakai jasa ekspedisi cargo, sebab nantinya barang Anda akan dikenakan berat minimal misalnya 50kg. Jadi walaupun barang Anda hanya 10kg, tapi tetap dihitung 50kg. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui mana jasa ekspedisi yang cocok untuk barang Anda.

Demikianlah penjelasan singkat untuk Anda, semoga dengan artikel ini anda bisa bijak dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini