TrawlBens – Banyak orang yang ketika memulai bisnis usaha, lebih memilih untuk berdiri sendiri. Karena mereka percaya bahwa dengan mandiri, mereka lebih leluasa menentukan kemana arah usaha akan dikembangkan. Namun tidak sedikit pula yang memilih mencari mitra bisnis karena tidak semua orang mampu untuk usaha mandiri. Karena sebelum memulai usaha, terdapat beberapa hambatang yang memaksa mereka untuk mencari mitra bisnis. Kendala seperti kekurangan modal, pengalaman berwirausaha yang belum mumpuni, jaringan bisnis yang belum terlalu luas, dan lain-lain.

Saat mendapatkan hambatan tersebut, seseorang cenderung mencari mitra bisnis agar beberapa kendala tersebut dapat dibagi dengan mitra bisnis yang biasanya lebih berpengalaman dalam mengdapai kendala-kendala tersebut. Tetapi dalam mencari mitra bisnis itu sendiri bukanlah perkara yang mudah. Banyak aspek yang perlu dinilai dalam menentukan mitra bisnis. Lalu apa saja hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mitra?

1. Telusuri Rekam Jejaknya

Hal pertama yang harus anda cari tahu dulu sebelum menentukan mitra bisnis yang baik untuk modal anda adalah dengan mencari tau rekam jejak dari perusahaan yang dimaksud. Apakah pernah berurusan dengan kepolisian, atau masalah apa yang pernah mereka hadapi. Rekam jejak yang positif akan menjadi nilai lebih untuk anda dalam menentukan mitra bisnis, sehingga tidak ada kekhawatiran apapun yang akan timbul dalam hati anda ketika menjalin kerjasama dengan perusahaan tersebut.

2. Memiliki Visi dan Misi Yang Sama

Ketika memulai sebuah usaha, baik itu mandiri ataupun bekerja sama dengan mitra, maka akan melibatkan banyak orang dengan pemikiran yang berbeda-beda pula. Untuk itu penting dalam menyatukan pemikiran dan tujuan yang sama sehingga visi dan misi dalam berbisnis bisa selaras dan tidak terjadi konflik yang tidak perlu.

Oleh sebab itu jika anda menemukan mitra yang mempunyai pemikiran yang tidak sejalan dengan anda, anda harus berpikir ulang untuk menjalin kerjasama dengan mitra itu.

3. Kondisi Finansial

Kondisi Finansial

Sebuah mitra yang bagus memiliki kondisi finansial yang baik. Ketika perusahaan mengalami kondisi kesulitan uang, maka mitra dapat membantu dalam menutupi kekurangan yang sedang dialami perusahaan. Apalagi jika sebuah mitra memiliki kondisi keuangan yang baik, anda sebagai mitranya bisa menjadi lebih tenang, karena kesempatan mencurangi modal anda menjadi lebih kecil. Tetapi walaupun begitu, anda harus tetap selalu waspada.

Baca Juga : 4 Prinsip Seorang Enterpreneur Sejati

4. Aktif Sharing

Ketika menjalin hubungan kerja, ditengah perjalananya, seorang mitra kadang mengalami kesulitan. Makanya penting untuk menjalin komunikasi yang intens sesama mitra, agar kesulitan yang ditemui dapat di sharing dan dipecahkan bersama-sama. Mitra bisnis yang komunikatif akan sering membagikan informasi-informasi penting demi kemajuan bisnis bersama.

5. Pembagian Tugas Yang Jelas

Sebelum menentukan mitra yang tepat, anda harus mengetahui dengan betul pembagian tugas anda dan mitra anda. Agar ketika bisnis berjalan, tidak terjadi pertikaian dan saling menyalahkan karena masing-masing memiliki kewajiban yang berbeda-beda.

Sekian informasi mengenai pertimbangan dalam memilih mitra yang tepat untuk anda, semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini