Trawlbens - Peluang usaha tidak mengenal status atau gender. Jika anda seorang ibu rumah tangga yang sudah memomong anak, mungkin saja waktu anda akan habis tersita mengurus anak dan juga melayani suami hingga mengurus segala kegiatan rumah.

Tetapi bukan berarti dengan kesibukan anda tersebut anda tidak dapat menjalankan bisnis di rumah. Ada sejumlah peluang usaha yang memungkinkan seorang ibu rumah tangga tetap dapat mengurus anaknya sambil mencari pundi-pundi uang. Jika peluang usaha ini dijalankan dengan baik, maka usaha tersebut dapat membantu keuangan keluarga. Untuk anda seorang ibu rumah tangga, berikut ini peluang usaha yang menjanjikan untuk anda seorang ibu rumah tangga yang mempunyai anak kecil.

1. Peluang Usaha Tanaman Hias

Seorang ibu rumah tangga biasanya suka dengan keindahan. Dan tak jarang suka berkebun dan merawat tanaman. Untuk anda yang mempunyai hobi ini, jangan lewatkan kesempatan menjadikan hobi anda sebagai peluang usaha yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan.

Peluang usaha ini dinilai sangat menjanjikan karena di tengah panasnya cuaca kota besar dengan polusi udaranya membuat banyak orang yang ingin memiliki tanaman hias untuk rumahnya, baik itu didalam ruangan maupun di pekarangan rumahnya.

Anda dapat membuat berbagai jenis tanaman hiasa yang diletakkan didalam pot cantik. Kemudian anda bisa pasarkan ke tetangga atau menitipkannya ke toko yang menjual peralatan berkebun. Anda juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi dengan menjualnya melalui online. Peluang bisnis ini bisa dilakukan di sela-sela kesibukan anda seperti saat istirahat ketika anak tidur atau sedang sekolah.

Peluang Usaha Tanaman Rias

2. Peluang Bisnis Toko Kelontong

Mempunyai toko kelontong sendiri saat ini menjadi pilihan favorit oleh ibu-ibu rumah tangga. Sebab jenis peluang usaha ini tidak mengeluarkan begitu banyak tenaga, anda bisa menjalankannya sambil mengurus anak, sebab jam buka tutup toko dapat disesuaikan dengan kesibukan anda.

Toko kelontong yang banyak diserbu pembeli biasanya berisi bahan-bahan sembako seperti minyak, gula, beras, telur, dan lain-lain. Selain itu tambahkan lah barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sampo, sabun, sikat gigi, tabung gas dan lain-lain.

3. Peluang Usaha Kontrakan/Kost

Untuk anda yang mempunyai rumah yang luas atau tanah yang tidak digarap apa-apa, maka pilihan menjadikannya tempat kost atau kontrakan sangat cocok untuk anda. Apalagi jika tempat itu berdekatan dengan daerah perkantoran atau kampus.

Anda bisa membuat kost-kostan yang khusus untuk wanita saja agar lingkungan kost-kostan tidak terlalu ramai dan mengganggu kenyamanan keluarga.

Tambahkan fasilitas yang diperlukan untuk anak kost seperti wifi, parkiran, dapur kemudian jangan lupa sebarkan brosur tentang kost-kostan anda ke perkantoran dan kampus-kampus disekitar lingkungan tempat tinggal anda. Peluang usaha ini dibilang cukup menjanjikan karena anda dapat selalu berada di rumah sambil mengurus anak.

Baca Juga : Peluang Usaha Modal Kecil Memanfaatkan Garasi Rumah

4. Peluang Usaha Menjahit Kegiatan

menjahit membutuhkan keahlian khusus, tidak semua orang bisa melakukannya. Tetapi jika anda memiliki keahlian menjahit, maka peluang bisnis ini sangat menjanjikan untuk anda. Cara pemasarannya juga cukup mudah, anda tinggal menyebarkan lewat mulut ke mulut di sekitar lingkungan anda atau komunitas-komunitas yang anda kenal. Karena dari mereka lah usaha anda akan dikenal luas oleh masyarakat.

Jika jahitan anda rapi dan bagus dan sesuai selesa konsumen, maka dapat dipastikan usaha menjahit anda akan banyak didatangi banyak orang.

5. Peluang Bisnis Jual Pulsa dan Loket Pembayaran

Ini adalah salah satu peluang bisnis yang bisa dibilang tidak memerlukan banyak modal dan tenaga. Bahkan bisa dilakukan oleh semua kalangan, termasuk ibu rumah tangga yang sudah mempunyai anak sekalipun.

Peluang usaha ini semakin banyak dicari oleh orang, sebab saat ini hampir semua orang menginginkan segala sesuatu yang mudah dan praktis. Apabila disatu tempat bisa membayar apa saja, maka mereka akan langsung kesana ketimbang pergi ke loket masing-masing instansi seperti BPJS, cicilan kendaraan, PDAM, Listrik, dan lain-lain. Peluang bisnis ini juga bisa dijalankan bersamaan dengan usaha jual pulsa.

Modal yang perlu anda persiapkan hanyalah handphone dan terkadang komputer untuk keperluan pendataan. Anda bisa menjalankannya dari rumah, dan ketika sedang tidak ada pelanggan, anda dapat kembali mengurus anak anda.

Demikianlah 5 peluang usaha yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga, sebenarnya banyak lagi jenis peluang bisnis yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, tergantung anda melihat peluang yang ada yang dibutuhkan oleh masyarakat disekitar tempat tinggal anda, lalu jadikan lah kesempatan itu menjadi bisnis. Semoga berhasil.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini