TrawlBens - Kebiasaan menabung harus ditanamkan sejak dini. Karena jika sedari kecil anak sudah dibiasakan untuk menyisihkan uangnya untuk di tabung, maka hal itu akan terus dilakukan hingga dia dewasa. Sebab pada usia ini, anak-anak mudah dibentuk kepribadiannya. Sebagai orang tua yang baik, tentunya anda ingin yang terbaik untuk anda, maka dari itu sejak dini persiapkan masa depan anak anda dengan mengajarkannya menabung. Sejak kecil beritahukan anak anda bahwa pentingnya menabung. Mulai lah dulu menabung di celengan baru beralih ke bank konvensional.

Saat ini sudah banyak bank-bank konvensional yang menawarkan rekening tabungan untuk anak. Tapi walau begitu, anda harus jeli dalam memilih tabungan yang tepat untuk anak anda, karena tentunya anda ingin selalu yang terbaik untuk anak anda bukan? Dengan memilih tabungan yang tepat untuk anak, maka semangat mereka dalam menabung semakin tinggi. Simaklah 5 tips berikut ini dalam memilih tabungan yang tepat untuk anak anda.

1. Pentingnya Perhatikan Setoran Awal

Seperti bank pada umumnya yang menetapkan setoran awal ketika pertama kali membuka rekening, maka tabungan untuk anak pun begitu, harus menyetorkan sejumlah uang sebagai saldo awal tabungan. Namun yang membedakan tentu saja nominalnya lebih kecil daripada tabungan biasa.

Nah, yang harus anda perhatikan yaitu pada setoran awal usahakan menggunakan uang yang memang awalnya dikumpulkan oleh anak anda, jangan pakai uang anda sendiri. Hal ini agar menumbuhkan rasa keyakinan pada anak anda bahwa uang tabungan itu memang punya mereka, dengan begitu mereka akan semakin rajin dalam menabung. Jadi pilihlah bank dengan nominal setoran yang sesuai dengan jumlah uang yang dikumpulkan anak anda.

2. Perhatikan Minimum Setoran Selanjutnya

Setiap bank tentunya mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah ketentuan minimun setoran selanjutnya. Lebih baik carilah bank yang menetapkan minumum setoran selanjutnya sekecil mungkin. Jadi hal ini bertujuan agar anak anda bisa menyetor uang dengan jumlah kecil dengan mudah. Karena ini tabungan untuk anak anda, mereka tentunya tidak selalu mempunyai uang banyak. Jika bank yang anda pilih menentukan minimum setoran yang kecil, maka anak anda bisa kapanpun menyetor uangnya ke bank. Dengan begitu mereka jadi semakin rajin menabung.

3. Potongan Biaya Administasi Sekecil Mungkin

Ini salah satu hal yang penting untuk anda perhatikan. Setiap bank biasanya mempunyai potongan biaya admin. Potongan ini tentunya akan menguras tabungan anak anda. Sebelum memilih tabungan untuk anda, anda harus jeli melihat ketentuan potongan admin ini. Semakin kecil potongan adminnya atau bahkan tidak punya potongan apapun, uang anak anda akan lebih tumbuh.

tips memilih tabungan anak

4. Cari Bank Yang Memberikan Kartu ATM

Setiap bank tentunya juga dilengkapi dengan kartu ATM, sebuah kartu yang dapat digunakan untuk menarik saldo rekening anda di mesin atm. Carilah bank yang memberikan kartu ATM atas nama anak anda. Hal ini dapat menimbulkan rasa bangga pada anak anda karena bisa memiliki rekening sendiri, dan hal ini dapat mendorong mereka untuk menabung lebih banyak.

Tetapi anda harus benar-benar menjaga kartu ATM ini dengan baik, jangan dilepaskan kepada anak anda. Sebab jika kartu ini hilang atau mereka merahasiakan nomor pinnya maka uang anak anda bisa dicuri orang, atau mereka lupa pin nya sendiri. Jadi alangkah lebih baiknya kartu ATM nya anda yang pegang.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Pallet Dalam Jasa Cargo

5. Besaran Suku Bunga

Tabungan pada umumnya memiliki bunga jika jumlah saldo memenuhi saldo minimum. Carilah bank yang memiliki suku bunga pada jumlah minumun sekecil mungkin. Hal ini dapat mengajarkan kepada mereka bahwa semakin banyak mereka menabung maka semakin menguntungkan bagi mereka. Tentu hal ini akan membuat semangat menabung mereka semakin tinggi.

Memberikan pengetahuan soal menabung di bank pada anak memang terdengar mudah, namun sebenarnya tidak semudah kedengarannya. Kebiasaan menabung memang lebih baik di ajarkan pada saat usia anak masih kecil, karena pada umur ini daya tangkap mereka masih tinggi. Demikianlah 5 tips yang dapat anda terapkan ketika memilih tabungan untuk anak. Semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini