Trawlbens - Kemudahan dalam pengelolaan peluang usaha membuat banyak orang semakin tertarik dengan dunia bisnis. Dengan kreativitas dan pola pikir yang out out the box, Anda bisa menjadikan kegiatan sehari-hari atau aset yang dimiliki sebagai modal awal memulai usaha.

Kendaraan seperti sepeda motor adalah salah satu modal yang sebenarnya menawarkan berbagai bisnis potensial. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan usaha dengan kendaraan, berikut ini ada enam peluang bisnis yang bisa dijajal memakai sepeda motor.

1. Bisnis Makanan Keliling

Baik bidang kuliner dan otomotif sama-sama menawarkan bisnis yang tak pernah basi. Anda yang kebetulan gemar memasak dan sudah mendapatkan pengakuan dari orang-orang sekitar bisa memulai peluang usaha dengan menjajakan makanan keliling. Jual jenis makanan yang memiliki banyak pelanggan dan mudah dibawa dengan sepeda motor. Misalnya saja mi goreng, bakso, sosis bakar, es krim, atau bahan baku seperti frozen food.

2. Sayur Mayur Segar

Jangan salah, ada banyak pelanggan yang mencari sayur mayur segar dari penjual keliling, terutama dari kalangan ibu-ibu kompleks. Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari pendapatan tambahan. Biasanya penjual sayur keliling menjajakan dagangannya di pagi dan sore hari. Cari supplier yang menyediakan sayur segar dengan harga terjangkau, lalu tata serapi dan semenarik mungkin pada sepeda motor Anda.

3. Daging Unggas dan Ikan

Masih berkaitan dengan dunia kuliner, daging unggas dan ikan adalah produk berikutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Anda bisa menjualnya bersama sayur mayur atau secara terpisah. Pilihlah jenis daging dan ikan yang sering dicari seperti daging ayam, daging sapi, ikan mas, lele, pindang, dan lain sebagainya. Jaga kesegaran produk tersebut dengan menaruhnya di kotak es dan pastikan Anda menyusunnya sesuai jenis.

4. Perabotan Rumah Tangga

Jenis produk lainnya yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis Anda perabotan rumah tangga. Kemoceng, sapu, ember, hingga baskom adalah beberapa barang yang bisa Anda bawa dengan sepeda motor. Peluang usaha ini, seperti dua jenis sebelumnya, cukup diminati para ibu rumah tangga yang malas bepergian ke pasar atau pusat perbelanjaan. Tawarkan kredit atau pre-order supaya Anda tak kehilangan pelanggan setia.

5. Tas Kulit

Berbeda dari produk-produk sebelumnya, tas kulit lebih diarahkan untuk pelanggan dari kalangan menengah ke atas. Tempat berjualannya pun berbeda, yakni kawasan perkantoran atau universitas ternama. Dalam hal ini, Anda perlu mencari produsen tas kulit yang bersedia diajak kerja sama untuk menjual produknya dengan sepeda motor. Poles juga penampilan kendaraan supaya pelanggan tak menganggapnya murahan karena Anda menjual produk premium.

6. Layanan Jasa Pengiriman Barang

jasa pengiriman barang

Produk tak hanya sebatas barang, melainkan juga jasa. Peluang usaha lain yang bisa Anda lakukan dengan sepeda motor adalah layanan jasa pengiriman barang. Anda dapat menjadi mitra di perusahaan ekspedisi seperti Trawlbens untuk memulai profesi sebagai kurir pengiriman barang. Dengan investasi tak sampai Rp300 ribu, Anda sudah mendapatkan perlengkapan sebagai kurir dan jaminan penghasilan yang memadai sebagai kurir di Trawlbens.

Tips Berbisnis Menggunakan Sepeda Motor

Sudah menemukan jenis bisnis yang akan dijalani dengan sepeda motor? Imbangi dengan rangkaian tip berikut ini supaya peluang usaha Anda tak terhambat berbagai kendala:

  • Berikan perawatan pada sepeda motor. Jangan sampai bisnis Anda terhenti hanya karena ban kempis atau mogok. Untuk mencegahnya, berikan pemeliharaan berkala pada sepeda motor. Ganti suku cadang yang performanya sudah menurun drastis untuk menghindari risiko seperti kecelakaan
  • Selalu bawa SIM dan STNK. Anda yang tak mau berurusan dengan polisi sebaiknya membawa SIM dan STNK walau jarak tempuhnya dekat. Tertangkap razia tanpa dokumen- dokumen tersebut bukan hanya mengganggu bisnis, tetapi juga akan mengeluarkan biaya untuk kebutuhan sidang;
  • Kenakan perlengkapan standar. Selain SIM dan STNK, Anda disarankan mengenakan perlengkapan standar seperti helm dan jaket atau pelindung lain untuk menjaga keselamatan berkendara. Terutama kalau Anda melewati jalan raya dengan risiko tilang hingga razia yang cukup besar.

Selamat menjalankan peluang usaha menggunakan sepeda motor!


Yuks!! Bagikan Artikel Ini