Trawlbens - Ketika seorang baru menyelesaikan pendidikan Strata 1 nya, hal yang biasanya langsung di lakukan adalah mencari lowongan pekerjaan. Namun terkadang yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa daftar lowongan yang anda inginkan mungkin menentukan syarat harus memiliki pengalaman kerja. Hal ini tentu akan menghambat anda untuk meniti karir.

Tetapi jangan langsung menyerah begitu saja, daripada anda memilih memilih-milih pekerjaan yang malah nantinya membuat anda menganggur. Jangan khawatir karena banyak pekerjaan yang menerima fresh graduate yang tidak memerlukan pengalaman. Pekerjaan ini bisa anda jadikan sebagai batu loncatan juga. Simaklah 7 pekerjaan untuk fresh graduate di bawah ini :

1. Sales Officer

Bagi anda yang menyukai pekerjaan dibidang penjualan, mungkin pekerjaan ini cocok untuk anda yaitu sales officer. Bekerja sales officer biasa di pandang sebelah mata, padahal kalau ditekuni dan melampaui target, anda bisa mendapatkan bonus yang bahkan lebih tinggi dari gaji lho. Maka dari itu, jika anda mempunyai kemampuan dalam merayu pelanggan dan menawarkan produk, tidak ada salahnya untuk menjajal profesi yang satu ini.

2. Account Executive

Masih berhubungan dengan penjualan, ada profesi yang setingkat di atas sales officer yaitu account executive. Tugas utama seorang account executive adalah mengkoordinasikan tim nya untuk mencapai target harian atau bulanannya. Selain itu seorang account executive juga harus memikirkan strategi pemasaran yang cocok untuk dijalankan selanjutnya.

3. Customer Relation

Jika anda senang melayani dan menelateni orang lain, menjadi customer relation mungkin saja adalah pekerjaan yang tepat untuk anda. Apalagi jika anda seseorang yang humble dan gampang akrab dengan orang lain. Sebab posisi ini diharapkan mampu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, mendengar keluhan pelanggan dan menampung keluhan mereka serta meyakinkan mereka jika masalah yang mereka hadapi akan segera ditangani oleh perusahaan. Posisi ini sangat penting agar pelanggan tetap bertahan dan tidak lari ke perusahaan lain.

4. Staf Administrasi

Hampir semua lulusan jurusan apapun bisa dipastikan bisa diterima bekerja menjadi staf administrasi. Seorang staf admin harus memiliki sifat yang teliti dan juga sistematis, sebab pekerjaan ini bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Jika anda ahli dalam hal ini, anda akan diminta untuk memasukkan data perusahaan dan mengelola arsipnya.

5. Staf Gudang Logistik

Posisi ini juga bisa disebut sebagai administrasi bagian gudang logistik. Pada umumnya seorang admin gudang diminta untuk mencatat barang masuk dan barang keluar. Disamping itu dia juga harus mencatat proses pemidahan barang, penyimpanan barang, pengadaan hingga pemelirahaan gudang. Namun untuk menjadi seorang staf gudang, anda diwajibkan untuk menguasai MS. Office dan Outlook.

peluang kerja fresh graduate

Baca Juga : Miliki Karir Cemerlang dengan 7 Sikap Ini

6. Staf Kasir

Posisi ini pas untuk anda yang teliti soal hitung-hitungan. Pada industri perdagangan banyak yang membuka lowongan sebagai staf kasir. Supaya kamu bisa mendapat gaji tinggi, coba mendaftar pada perusahaan besar seperti restoran atau hotel ternama. Jika anda tekun dalam pekerjaan ini, tidak jarang anda akan ditawari posisi yang lebih tinggi.

7. Management Trainee

Fresh graduate ternyata banyak dicari perusahaan untuk mengikuti program management trainee. Management trainee merupakan program yang khusus disediakan untuk mahasiswa yang baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman kerja. Tujuan dari program ini adalah untuk membentuk karyawan agar lebih siap berada di posisi managerial yang tersedia pada perusahaan itu dalam kurun waktu tertentu. Namun jangan khawatir, walaupun ini hanya program kerja tetapi anda juga tetap akan mendapatkan gaji selama mengikuti management traine.

Itulah 7 pekerjaan yang cocok untuk anda seorang fresh graduate. Tidak perlu minder dengan pekerjaan-pekerjaan itu, yang penting adalah hasil dan ilmu yang anda dapatkan akan sangat berguna di masa mendatang. Tekunilah pekerjaan itu dan asahlah kemampuan anda, jika sudah terasah baru lah mencari pekerjaan yang gajinya lebih tinggi. Semoga berhasil!


Yuks!! Bagikan Artikel Ini