Trawlbens - Industri cargo logistik dan ekspedisi menjadi salah satu jenis industri yang mengalami perkembangan pesat. Tak hanya karena industri ini masih diijinkan beroperasi, namun juga karena kebutuhan akan jasa pengiriman dan pemindahan barang terus meningkat seiring dengan pembatasan mobilitas publik. Tak heran jika kemudian cukup banyak pengusaha sukses yang turut ingin mencicipi bisnis jenis ini.

Tapi sebenarnya, apakah masih ada kesempatan untuk jadi pengusaha sukses di bidang cargo dan logistik jika baru dimulai sekarang?

Tentu saja ada, dan terbilang masih sangat besar. Namun kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan persiapan yang matang. Jangan sampai Anda hanya datang dan ingin mencoba menjadi pengusaha dengan modal saja namun tanpa memiliki persiapan matang terkait industri ini. Selain persiapan matang Anda juga wajib memiliki satu inovasi besar, agar bisa menarik perhatian publik untuk menggunakan jasa cargo yang Anda sediakan suatu saat nanti.

Untuk membantu Anda memulai bisnis cargo dan logistik, beberapa tips berikut bisa Anda gunakan. Bukan berarti sebagai aturan baku yang harus diikuti, namun lebih kepada tips yang bisa Anda jadikan masukan. Berikut selengkapnya.]

Persiapkan Sarana dan Prasarana yang Dibutuhkan

Secara praktis industri jasa pengiriman cargo logistik memerlukan beberapa sarana dan prasarana yang mendukung. Misalnya saja mulai dari ruangan atau front office untuk keperluan dengan pelanggan, kemudian armada kendaraan yang digunakan untuk penjemputan dan pengantaran barang, kemudian gudang atau tempat penyimpanan untuk transit barang, dan sebagainya.

Memang tampaknya cukup banyak, namun sebenarnya hal ini bisa disiasati jika Anda bermitra dengan perusahaan yang tepat. Anda bisa mulai bisnis cargo dan jadi pengusaha sukses dengan mengawali langkah menjadi mitra, sembari terus menimba ilmu yang diperlukan untuk urusan pengiriman cargo logistik.

Riset Tarif agar Bisa Menentukan Harga Bersaing

Bisnis cargo logistik dan pengiriman akan banyak bermain dan bersaing di sektor harga. Tentu, riset mendalam mengenai harga akan jadi hal krusial untuk Anda agar bisa memiliki penawaran yang menarik. Hal ini tak lepas dari kualitas layanan yang Anda berikan, namun dengan harga yang menggoda dijamin pelanggan akan lebih mudah tertarik dengan layanan pengiriman yang Anda sediakan.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa dengan mudah mengunjungi situs-situs resmi dari penyedia jasa pengiriman yang saat ini tersedia. Anda juga bisa bertanya secara langsung mengenai harga yang ditawarkan di agen-agen pengiriman, sehingga informasi yang Anda dapatkan bisa lebih aktual dan benar. Jangan ragu untuk melakukan riset kecil ini ya, karena akan jadi satu dasar yang diperlukan untuk memberikan range harga pengiriman yang akan ditawarkan nanti.

Pastikan juga Biaya Operasional Rutin yang Akan Dikeluarkan

Selain mengetahui daftar harga yang ditawarkan di pasaran saat ini, Anda juga wajib mengetahui berapa kira-kira biaya operasional yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis cargo dan logistik. Tak hanya menyoal operasional kantor dan staf, namun juga untuk keperluan transportasi, maintenance kendaraan, hubungan dengan mitra, urusan gudang, urusan pengiriman ke tujuan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Bergabung dengan Mitra Bisnis

Cukup detail sebenarnya informasi yang diperlukan untuk mengetahui dan memperkirakan biaya operasional layanan jasa cargo. Namun hal ini bukan berarti tidak mungkin dilakukan, dengan sumber informasi yang jelas dan rinci, semua pengetahuan tersebut bisa Anda dapatkan dengan baik.

Staf Handal Di Setiap Lini

Secara mendasar, setidaknya Anda akan memerlukan beberapa staf utama dalam operasional jasa cargo logistik yang Anda miliki. Pertama adalah penerima pesanan yang bertugas di front office, kemudian staf pemasaran yang mampu menawarkan produk dan melayani pesanan dari konsultasi hingga memastikan pengiriman sukses, bagian operasional yang bertugas melakukan follow up dan menjawab berbagai keluhan serta mengurus berbagai hal yang berurusan dengan gudang, mitra pengiriman, dan sebagainya, serta driver dan staf pengangkutan hingga staf gudang.

Setidaknya dengan staf handal di lini tersebut, Anda bisa berfokus pada analisis dan pengembangan bisnis. Jika sudah diperlukan, Anda juga bisa mulai merekrut tim pemasaran digital, finance untuk mengurus keuangan, HR untuk membantu Anda mendapatkan tenaga kerja yang tepat untuk pengembangan kantor kedepannya.

Baca Juga : Saran Dagang Anti Gagal Dari Pengusaha Mesir

Persiapkan Sistem yang Kuat untuk Operasional

Operasional yang nantinya akan berjalan juga harus memiliki SOP yang jelas. Dengan penelitian yang baik dan pengalaman yang Anda miliki, buatlah sistem operasional yang jelas, transparan, dan gamblang, sehingga setiap orang yang bergabung dalam bisnis cargo logistik Anda bisa beradaptasi dengan jelas dan bisa bekerja efektif secepatnya.

Sistem ini akan jadi acuan semua urusan bisnis yang Anda miliki. Penyambutan pelanggan ketika datang, kemudian pelayanan konsultasi pengiriman serta pemasaran produk, pelayanan keluhan, mengelola hubungan baik dengan pihak diluar perusahaan, mengelola hubungan baik dengan media massa, berurusan dengan birokrasi negara dan bisnis, dan lain sebagainya.

Tanpa dibekali sistem operasional yang jelas dan kuat, perusahaan yang Anda rintis bisa saja terkena masalah yang sama, berulang kali, dan berlarut-larut, yang menyebabkan perkembangan bisnis menjadi terhambat.

Bergabung dengan Perusahaan yang Memiliki Prospek Menjanjikan

Sebenarnya keinginan atau minat Anda menjadi pengusaha sukses di bidang cargo tidak harus dimulai dari nol dengan membuat brand sendiri. Anda bisa dengan mudah bergabung menjadi mitra dari perusahaan cargo yang telah tersedia, sebagai mitra pengiriman, penjemputan, atau mitra gudang. Hal ini justru bisa jadi satu langkah awal yang lebih mudah untuk Anda, yang masih sama sekali baru di dunia cargo.

Kesempatan kemitraan ini bisa didapatkan dengan mudah, dengan secara langsung menghubungi nomor layanan konsumen atau nomor terkait yang di website resminya. Dengan memenuhi syarat yang diberikan, biasanya jika dirasa cocok dan sudah menyelesaikan proses administrasi, maka dalam waktu singkat Anda akan mendapatkan jadwal pelatihan oleh trainer yang dimiliki perusahaan tersebut.

Nah, keuntungan ketika bergabung dengan perusahaan seperti ini adalah Anda bisa mendapatkan pelatihan lengkap, dari awal hingga akhir, terkait semua urusan pengiriman. Dengan belajar mengetahui proses yang berjalan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan dengan menjadi mitra seperti ini. Win-win solution untuk Anda dan perusahaan bukan? Anda mendapatkan kesempatan belajar sekaligus berbisnis hingga menjadi pengusaha sukses bidang cargo, perusahaan juga akan mendapatkan mitra yang sangat bernilai untuk menjadi drop point, membantu penjemputan, dan membantu pengantaran secara langsung.

Nah, untuk menjadi pengusaha sukses di bidang cargo tak harus Anda memulai dari nol. Anda bisa bergabung dengan perusahaan, seperti Trawlbens, yang membuka kesempatan kerjasama. Dengan berbagai jenis mitra yang ditawarkan oleh Trawlbens, Anda bisa dengan mudah melihat mana jenis yang lebih cocok dengan situasi dan kondisi Anda saat ini. Anda tinggal menghubungi kontak yang tertera pada bagian bawah halaman ini.

Belajar sekaligus merintis bisnis cargo logistik terbuka untuk semua orang, termasuk juga Anda. Menjadi pengusaha sukses di bidang ini tak lagi akan jadi impian, karena semua bisa difasilitasi dengan baik  dengan program kerjasama dari Trawlbens!

Twitter : Trawlbens_id

IG dan TikTok : Trawlbens.id

YouTube dan FaceBook : Trawlbens Indonesia


Cek Tarif & Lacak Resi


Yuks!! Bagikan Artikel Ini