Trawlbens - Pandemi Corona baru atau Covid-19 masih merebak di Indonesia bahkan dunia. Hal ini memicu banyak kantor menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Sebab menurut beberapa pakar kesehatan menilai langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Beberapa orang mungkin akan merasa kesulitan dengan kebijakan ini, karena ke asyikan dirumah, mereka jadi kurang produktif dan sulit menyelesaikan pekerjaannya.

Oleh sebab itu agar pekerjaan anda tidak keteter dan tetap bisa produktif ketika bekerja dari rumah, ikutlah 6 cara ini, agar WFH tetap lancar.

1. Tentukan Aplikasi Untuk Berkomunikasi

Kecanggihan teknologi sekarang sangat membantu ketika terjadi wabah seperti Covid-19. Dengan bantuan smartphone ditambah aplikasi video call khusus dapat memudahkan anda yang sedang WFH untuk tetap lancar berkomunikasi dengan teman kantor yang lain. Berbagai pilihan aplikasi bisa menjadi pilihan untuk melakukan panggilan video dengan rekan anda, seperti Zoom, Whatsapp, Skype, Google Hangout, dan lain-lain.

2. Buat Perencanaan Yang Matang

Ketika bekerja dari rumah, anda harus ekstra disiplin mengatur waktu anda, jangan sampai suasana rumah membuat anda lalai dan terlalu santai agar kerjaan tetap aman dan selesai tepat waktu. Maka dari itu, pada saat malam atau pagi hari, buatlah daftar pekerjaan yang akan anda lakukan, dan cantumkan pula deadline nya kapan pekerjaan itu harus selesai. Kalau perlu anda dapat memanfaatkan alarm untuk membantu anda.

3. Lakukan Aktifitas Pagi Seperti Biasa Baru Bekerja

Walau anda bekerja dari rumah, tapi anggaplah hari itu seperti hari kerja. Lakukanlah rutinitas pagi anda seperti biasanya, mandi, sarapan, dan lain-lain. Ketika sudah selesai semuanya baru anda bisa mulai kerja dengan tenang. Hindari langsung bekerja sesaat setelah bangun tidur, sebab itu bukannya menjadi produktif namun anda malah akan pusing dan pekerjaan anda tidak akan selesai seperti yang diinginkan.

4. Cari Spot Terbaik Untuk Bekerja di Rumah

Penting untuk menentukan posisi atau spot ketika bekerja dari rumah. Sebab jika salah memilih lokasi kerja, anda bisa merasa tidak nyaman bekerja atau merasa terlalu nyaman sehingga membuat anda mengantuk. Carilah spot yang tidak sering di lalui oleh keluarga anda agar konsentrasi anda tidak terganggung seperti di kamar, di teras belakang rumah atau area bersantai rumah anda. Posisikan perlengkapan kerja anda di atas meja, duduk dengan tegak. Jika anda mau lesehan juga bisa, tapi hindari lesehan atau duduk di area kasur, karena malah akan membuat anda mengantuk. Sesekali anda dapat pindah ke ruangan lain, misal dari kamar ke meja makan, atau ke ruang tamu.

cara tetap produktif work from home

Baca Juga : 7 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Fresh Graduate

5. Pakai Baju Yang Nyaman

Walau bekerja dari rumah, pemilihan baju juga cukup perlu diperhatikan. Sebab anda tidak tahu ada hal lain yang harus anda lakukan sembari bekerja. Apalagi anda juga akan terhubung dengan rekan kantor lain lewat video call. Maka dari itu, pakailah baju yang nyaman di pakai namun tetap rapi. Disamping itu pilihlah baju yang tidak membuat gerah karena cuaca akhir-akhir sedang panas.

6. Sisihkan Waktu Untuk Istirahat

Karena bekerja dari rumah, terkadang anda lupa untuk menyisihkan waktu untuk istirahat karena anda menganggap bekerja dari rumah berarti anda sedang istirahat walaupun sambil bekerja. Tetap sisihkan waktu khusus untuk beristirahat, misalnya 1 jam saat jam makan siang. Jangan campurkan waktu istirahat anda dengan bekerja, sebaliknya jangan campur waktu bekerja dengan beristirahat.

Memang pada saat baru pertama bekerja dari rumah akan mengalami kendala yang diluar keinginan kita. Namun ketika sudah berjalan, anda akan lebih dapat beradaptasi dengan cara kerja baru tersebut, sekaligus dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Semoga berhasil!


Yuks!! Bagikan Artikel Ini