Home » Seputar Logistik » 3 Jenis dan Manfaat Fasilitas Logistik Terbaik

3 Jenis dan Manfaat Fasilitas Logistik Terbaik

Fasilitas Logistik Terbaik

Apakah Anda pernah familiar dengan konsep fasilitas logistik? Bagi mereka yang telah terlibat dalam dunia bisnis maupun pengiriman, istilah tersebut pasti bukan hal asing.

Bahkan, jika Anda menjalankan toko online di platform e-commerce, logistics facilities juga menjadi hal tak terelakkan.

Apa sebenarnya itu fasilitas logistik? Mengapa memiliki peran penting pada kemajuan bisnis Anda? Temukan penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Towing Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerja

Apa itu Fasilitas Logistik?

Fasilitas logistik mencakup ruang penyimpanan stok atau berbagai layanan logistik tambahan, umumnya adalah gudang.

Sangat sering sekali, fasilitas tersebut menawarkan lebih dari satu pilihan lokasi pengiriman pada satu jaringan.

Ini memungkinkan pelaksanaan distribusi inventaris secara lebih strategis ke berbagai tempat, serta menyederhanakan proses pengemasan, pengambilan, serta pengiriman paket ke lokasi atau konsumen berbeda.

Namun, beberapa fasilitas menawarkan layanan dengan fokus khusus, seperti hanya melakukan transfer barang dari satu lokasi distribusi ke lokasi lain.

Ada juga yang secara eksklusif berfokus pada pemenuhan permintaan, penyimpanan stok, beserta pengiriman pesanan.

Baca juga: Inilah 9 Cara Mengirim Sofa Terbaik dan Aman

Fasilitas Logistik dari Berbagai Teori

Dalam makalah ilmiah berjudul “Heterogeneity of logistics facilities: an issue for a better understanding and planning of the location of logistics facilities” (2019) oleh Adeline Heitz, fasilitas logistik adalah struktur khusus berupa bangunan atau gudang berfungsi sebagai tempat untuk semua kegiatan terkait logistik maupun transportasinya.

Pandangan serupa mengenai logistics facilities diberikan oleh The Project Definition adalah tempat untuk operasi logistik, penyimpanan, distribusi, serta kegiatan pengisian atau pembongkaran.

Sementara itu, dalam buku “Manajemen Logistik dan Supply Chain” terbitan Yayasan Kita Menulis seperti dilaporkan oleh Detik.com, fasilitas tersebut memiliki definisi lebih sederhana adalah mencakup kegiatan pergerakan barang atau material di bagian workstation.

Definisi lebih kompleks dapat ditemukan di situs Law Insider, dimana fasilitasnya adalah tempat untuk menyimpan/mengangkut barang, fasilitas distribusi, serta layanan logistik mencakup tidak hanya penanganan material tetapi juga aspek-aspek lainnya.

Menurut sumber serupa, fasilitas logistik adalah proses produksi, pengemasan, manajemen inventaris, transportasi, penyimpanan, serta fasilitas penyimpanan barang bersifat rentan atau berbahaya.

Fasilitas tersebut umumnya digunakan pada konteks manufaktur, kantor, serta bidang sejenis.

Baca juga: 5 Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau

Jenis-Jenis Fasilitas Logistik

Kini, terdapat berbagai layanan fasilitas yang ditawarkan oleh banyak perusahaan ekspedisi adalah Troben.

Untuk mengetahui beberapa jenis dari fasilitas tersebut, mari kita lihat apa saja!

1. Pemenuhan Pesanan (Fulfillment)

Salah satu jenis fasilitas logistik pertama adalah pusat pemenuhan pesanan.

Menurut Ginee, pemenuhan pesanan adalah tempat penyimpanan sementara barang.

Layanan yang diberikan oleh perusahaan ekspedisi adalah fasilitas yang mencakup pengelolaan pesanan dari awal hingga akhir, termasuk pengemasan beserta pengiriman oleh pusat pemenuhan pesanan.

Pusat pemenuhan pesanan umumnya dapat digunakan oleh pemilik bisnis baik dalam model B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Consumer).

Terutama saat periode pesanan tinggi, seperti saat mendekati perayaan seperti Idul Fitri, Natal, atau periode diskon seperti 10.10, fasilitas ini menjadi sangat berguna bagi pemilik bisnis untuk menjaga kelancaran proses pemesanan.

Baca juga: 7 Jenis Packing Barang yang Aman dan Melindungi

2. Pusat Distribusi

Jenis dari fasilitas logistik berikutnya adalah sebagai pusat distribusi, tempat di mana produk didistribusikan dari produsen atau pihak pertama ke berbagai toko-toko konvensional.

Pusat distribusi, juga dikenal sebagai distribution center seperti dilansir oleh crewdible, adalah tempat penyimpanan sementara untuk memungkinkan distribusi barang ke sejumlah grosir dalam satu waktu.

Pusat distribusi barang dari fasilitas ini sering kali dianggap sebagai dasar pada rantai pasok penawaran produk.

Seberapa berbedakah dengan gudang? Gudang adalah tempat penyimpanan barang dalam jangka panjang, sementara pusat distribusi berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk barang-barang yang akan didistribusikan ke berbagai lokasi.

3. Layanan Penyimpanan Sementara

Pergudangan adalah jenis fasilitas logistik yang disediakan oleh pihak ketiga untuk menyimpan paket dalam jangka waktu singkat.

Jika Anda menjalankan bisnis online melalui platform e-commerce, fasilitas pergudangan dapat menjadi solusi untuk sementara menyimpan paket, terutama ketika pesanan sedang melonjak.

Ini sangat berguna pada periode-periode khusus seperti Hari Belanja Nasional dan lainnya.

Baca juga: 5 Cara Mengirim Paket Ke Luar Kota yang Perlu Dipersiapkan 

Manfaat Fasilitas Logistik

fasilitas logistik

Dengan berbagai fasilitas, pemilik bisnis model B2B maupun B2C, dapat memperoleh sejumlah keuntungan.

Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut, penghematan waktu dapat tercapai karena proses mulai dari pengemasan hingga pengiriman ke konsumen dapat ditangani dengan efisien.

Selain itu, penggunaan fasilitas ini dapat menghasilkan penghematan finansial bagi pemilik bisnis.

Selain manfaat penghematan waktu sekaligus uang, kekhawatiran mengenai kehilangan atau kerusakan barang dapat dikurangi.

Fasilitas itu umumnya dilengkapi dengan manajemen stok baik, sehingga setiap barang masuk atau keluar dapat tercatat secara rinci pada sistem.

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis dalam memilih fasilitas yang memiliki reputasi terpercaya dalam hal penyimpanan kiriman.

Baca juga: 5 Cara Kirim Paket Koper yang Aman Sampai Tujuan

Apa Arti dari Masuk ke Fasilitas Logistik?

fasilitas logistik

Menurut informasi dari Tracking More sebagaimana disampaikan oleh Detik.com, status “masuk ke fasilitas logistik” atau “tiba di pusat pengiriman” adalah tanda bahwa paket telah sampai di fasilitas logistik.

Artinya, pada titik ini, paket tersebut sudah tidak lagi berada di bawah kendali penjual.

Baca juga:

Berapa Lama Paket Berada di Fasilitas Logistik?

fasilitas logistik

Lama waktu yang dibutuhkan sebuah paket berada di fasilitas logistik dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jarak antara fasilitas logistik dan lokasi pengiriman akhir, metode pengiriman yang dipilih, serta kebijakan dan prosedur dari perusahaan logistik bersangkutan.

Secara umum, paket biasanya tidak berada terlalu lama di fasilitas teruntuk keperluan logistik.

Proses di fasilitas logistik melibatkan penerimaan, penyortiran, pengelompokan, serta persiapan untuk pengiriman berikutnya.

Jika tidak ada kendala atau masalah lain, paket akan segera dipindahkan dari logistics facilities ke tahap selanjutnya dalam rantai distribusi.

Untuk informasi lebih detail mengenai durasi pengiriman paket Anda, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan logistik atau kurir yang menangani pengiriman paket Anda.

Mereka biasanya dapat memberikan perkiraan waktu pengiriman berdasarkan rute dan pilihan layanan.

Baca juga: 6 Cara Membungkus Paket dengan Kardus, Anti Ribet!

Inilah penjelasan mengenai definisi, jenis, beserta keuntungan terkait dengan fasilitas logistik pada kesempatan ini.

Semoga artikel kali ini bermanfaat! Jangan Troben menyediakan jasa pengiriman barang murah bernama Tropack, yuk download aplikasi pengiriman barang Troben dan kirim barang Anda sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel