Home » Seputar Logistik » 5 Cara Kirim Motor ke Luar Pulau Yang Praktis

5 Cara Kirim Motor ke Luar Pulau Yang Praktis

Cara Kirim Motor Aman

Jasa kirim kendaraan sangatlah dibutuhkan keberadaannya. Proses pengiriman barang ini bisa meliputi berbagai macam sektor, dari kirim kendaraan pribadi hingga dibidang bisnis otomotif. Dengan adanya jasa pengiriman motor ini dapat menunjang usaha bisnis para pengusaha diluar sana karena mereka bisa memperluas pasar mereka. Tata cara kirim motor pun perlu diperhatikan secara mendetail. Pengiriman motor sangatlah beresiko dan membutuhkan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu, perlu rasanya mempelajari dan mengetahui cara kirim motor ke luar pulau dengan benar dan aman.  Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengirimkan motor dan bagaimana langkah-langkahnya ? Berikut ini penjelasan dan langkah praktis cara kirim motor ke luar pulau.

Cara Kirim Motor ke Luar Pulau Dengan 5 Langkah Praktis

Dalam mengirimkan motor ke luar pulau dibutuhkan langkah-langkah tepat dalam pengoperasian dan penanganan yang aman. Standar keamanan ditetapkan sangat ketat agar barang tetap aman selama proses pengiriman, berikut ini cara kirim motor ke luar pulau dengan 5 langkah praktis.

  • Persiapkan Kelengkapan Surat

Cara pertama, Anda perlu persiapkan adalah mempersiapkan segala surat yang dibutuhkan dalam mengirimkan motor keluar pulau. Dalam setiap pengiriman barang dibutuhkan surat-surat berhubungan dengan kendaraan atau barang agar jelas status dari barang atau kendaraan yang dibawa. Surat-surat ini juga sebagai kelengkapan dari pencatatan rangka-rangka kendaraan dan sebagai legalitas dari kepolisian maupun dari negara. Beberapa surat yang perlu dibawa antara lainnya seperti STNK asli, fotokopi KTP, surat jalan dari kepolisian, dan fotokopi BPKB. mempersiapkan kelengkapan surat merupakan salah satu hal wajib dipersiapkan dalam cara kirim motor.

  • Packing Motor Dengan Aman

Cara Kedua, Agar menjaga dan meminimalisir kerusakan pada motor diperlukan packingan motor dengan aman dan sesuai dengan prosedur keamanan yang benar. Agar menjaga body dari motor perlu dipersiapkan bahan-bahan packing seperti kardus, bubble wrap dan kertas koran sebagai pelapis dari packingan motor. Untuk langkah-langkah packing Anda bisa mempelajarinya melalui internet seperti browsing dan melalui video di youtube, atau bisa meminta jasa pengiriman tersebut untuk mempacking motor Anda dengan aman. Mengetahui cara packing motor aman juga dapat membuat Anda bisa melakukan packing secara mandiri,

  • Cek Aliran Listrik Motor

Cara ketiga Pastikan sambungan pada motor aman dan tidak terjadi kerusakan seperti putusnya jaringan kabel dapat menyebabkan motor tersebut tidak bisa menyala. Cara ini perlu Anda lakukan untuk menghindari penyalahgunaan yang dimanfaatkan oleh jasa pengiriman motor tidak bertanggung jawab.  Anda perlu memastikan bahwa kendaraan Anda sehat. Sebelum mengirimkan barang Anda bisa menyalakan motor terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada bagian motor tidak beroperasi dan tidak menyala. Beberapa sektor yang bisa Anda periksa seperti lampu jauh dan dekat, lampu rem belakang dan depan, speedo meter dll. 

  • Lakukan Servis Motor

Cara selanjutnyaUntuk menghindari terjadinya kerusakan saat pengiriman barang, perlunya melakukan servis motor sebelum mengirimkan motor pribadi Anda.  Tujuan dilakukannya servis motor sebelum dikirimkan untuk menjaga kondisi motor Agar tetap prima dan baik, karena seperti kita ketahui bahwa kondisi cuaca bisa berubah-ubah selama pengiriman kendaraan terjadi, dikhawatirkan adanya gangguan teknis terhadap motor yang dikirimkan.

  • Pilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

cara terakhir, Agar menjaga keamanan motor Anda selama proses pengiriman, pilihlah jasa pengiriman motor memiliki tingkat kepercayaan tinggi di masyarakat. Hal ini sangatlah penting jika terjadi sesuatu kepada motor Anda saat proses pengiriman, jasa ekspedisi terpercaya pasti akan bertanggung jawab secara penuh dengan barang kiriman Anda. 

Penutup 

Jangan lupa untuk selalu melakukan double checking sebelum Anda mengirimkan motor untuk diserahkan kepada layanan pengiriman motor. Pastikan tidak ada kerusakan pada packingan  yang sudah dibuat untuk melindungi motor Anda. Pastikan juga semua kelengkapan surat – surat. Langkah – langkah diatas sangat penting untuk dilakukan jika Anda ingin mengirimkan motor ke luar pulau. Penting untuk diingat, Anda sebaiknya hanya menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya untuk mengirimkan motor Anda. Kabar baiknya, Troben menyediakan jasa pengiriman motor murah dan terpercaya yang bisa mengirimkan motor Anda ke seluruh Indonesia. Prosedur pengiriman motor di Troben sangat murah. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Pengiriman Barang Troben yang tersedia di app store dan play store. Tunggu aa lagi? Troben sekarang juga! 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel