TrawlBens - Dalam jasa cargo ataupun jasa pengiriman barang, pallet sangat biasa digunakan untuk alat penunjang operasional. Ada berbagai jenis pallet yang lazim digunakan dan terbagi oleh 2 kategori yaitu tipe pallet berdasarkan drive direction dan tipe pallet berdasarkan materialnya.

Fungsi Pallet

Mari kita bahas terlebih dahulu fungsi dari Pallet itu sendir. Pallet merupakan benda yang umumnya terbuat dari kayu berbentuk persegi datar dengan rongga-rongga. Fungsi palet dalam dunia cargo adalah untuk alas barang-barang pengiriman yang disimpan di gudang. Barang yang diletakkan di atas palet, akan lebih mudah di angkat menggunakan forklift karena terdapat rongga khusus garpu forklift pada komponen bawah palet. Selain untuk efisiensi pengangkutan barang, palet juga berfungsi untuk melindungi barang dari lantai yang berair.

Jenis pallet berdasarkan drive direction

Pallet 2 ways

Pallet 2 ways memungkinkan forklift ataupun handpallet mengambil barang dari 2 arah, yakni sisi depan dan sisi belakang

Pallet 4 ways

Pallet 4 ways memungkinkan forklist ataupun handpallet mengambil barang dari 4 arah, yakni sisi depan, belakang, kanan, dan kiri

Jenis pallet berdasarkan jenis materialnya

Pallet kayu

Pallet kayu merupakat jenis pallet yang paling banyak digunakan di Indonesia, karena pembuatannya mudah dan bahan bakunya juga banyak tersebar. Pallet kayu biasanya menggunakan kayu mahoni ataupun jati belanda.

Pallet plastik

Pallet plastic memiliki bentuk yang bagian atasnya tertutupi rata, berbeda dengan pallet kayu yang bagian atasnya merupakan susunan kayu yang di pasang memalang. Kelebihan dari palet plastik ialah bahannya yang awet dan tak mudah rusak terutama jika terendam air.

Jenis-jenis pallet

Baca Juga : Kenali dan Waspadailah 6 Dampak Buruk Dari Kartu Kredit

Pallet Kardus

Tak hanya terbuat dari kayu dan plastik, terdapat pallet yang terbuat dari kertas kardus. Tapi ajaibnya tipe pallet ini cukup kuat untuk menahan muatan di atas 100 kilo lho! Selain itu tipe pallet ini termasuk palet yang ramah lingkungan sebab dapat di daur ulang. Pallet kardus ini banyak di pakai oleh negara Jepang.

Pallet Logam

Tipe pallet ini merupakan palet yang paling kuat di bandingkan pallet lainnya. Pallet logam umumnya terbuat dari besi. Pallet besi atau logam juga merupakan palet yang paling mahal di bandingkan yang lain.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dan macam-macam pallet yang lazim dipakai dalam dunia cargo. Semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini