TrawlBens - DIkenal dengan sebutan Serambi Mekah, daerah Aceh merupakan satu dari beberapa daerah khusus yang ada di Indonesia. DIkenal luas dengan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai religiusitas, Aceh kemudian berkembang dengan lini masanya sendiri. Geliat dan persaingan jasa cargo Aceh juga mulai tampak, seiring dengan perkembangan industri yang terjadi di sana.

Meski beberapa tahun lalu Aceh sempat diterpa gelombang tsunami besar yang melumpuhkan provinsi tersebut, namun Aceh pulih dan kembali menjadi provinsi yang kuat. Industri perlahan tumbuh, UMKM mulai menunjukkan dinamika progresif, serta perekonomian terus bergerak maju. Namun kembali, Aceh harus mengalami masa berat ketika pandemi menyerang pada awal 2020 lalu.

Kini Aceh berupaya bangkit dengan apa yang dimilikinya. Kerjasama pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat secara umum, perlahan berhasil mengembalikan perekonomian Aceh ke titik stabil. Tanpa disangka, UMKM menjadi ujung tombak perkembangan perekonomian di Aceh, sehingga diharapkan dalam jangka panjang pelaku UMKM dapat terus berkembang menjadi industri dengan skala lebih besar.

Perkembangan Industri Aceh dan Peran Jasa Pengiriman

Untuk skala besar sendiri, industri cenderung masih stagnan. Meski begitu, stimulus terus dirumuskan agar dapat menggoda investor guna menanamkan modalnya di Serambi Mekah. Pada waktu yang sama, pemerintah juga terus mendorong perkembangan industri mikro, kecil, dan menengah dengan berbagai upaya.

Tantangan yang dimiliki Aceh sebenarnya cukup besar, dan ini juga berpengaruh pada jasa cargo dan pengiriman di Aceh. Aceh tidak memiliki hasil alam seperti layaknya wilayah Indonesia lain, seperti hutan, pertanian, atau perkebunan. Secara umum, geliat ekonomi Aceh digerakkan oleh aktivitas perdagangan, sehingga hal ini perlu disiasati dengan baik agar tetap dapat memberikan efek positif untuk masyarakat.

Lalu apa jadinya jika industri cargo, ekspedisi, dan jasa pengiriman lain jika keberadaan industri besar masih sangat terbatas?

Jasa Pengiriman untuk Masyarakat Aceh

Hingga saat ini, sebenarnya sudah tersedia cukup banyak opsi untuk masyarakat Aceh guna mengirimkan barang ke seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari jasa cargo yang melayani pengiriman barang besar dan berat, hingga jasa-jasa ekspedisi yang melayani pengiriman langsung, namun dengan kapasitas yang lebih kecil.

Keduanya memiliki segmen pasar yang jelas. Idealnya, jasa cargo akan digunakan oleh pelaku industri besar atau pihak lain yang perlu melakukan pengiriman barang dalam jumlah banyak, dimensi besar, atau bobot yang berat. Kemudian jasa ekspedisi akan memiliki segmen pasar untuk masyarakat umum yang melakukan pengiriman konvensional (barang kecil, pengiriman cepat),

Tapi jika dilihat dari gambaran besar, bagaimana dengan posisi UMKM, yang notabene menjadi penggerak perekonomian Aceh saat ini?

Dengan jumlah pengiriman yang lebih besar daripada paket konvensional, namun masih berada di bawah batas minimal pengiriman yang disediakan jasa cargo, industri UMKM yang ingin mengirimkan barangnya ke luar daerah Aceh harus pandai memutar otak agar mendapat jasa pengiriman yang tepat.

Kabar baiknya, jasa cargo Aceh sebentar lagi akan diramaikan dengan layanan terbaru, yang ‘ramah’ UMKM sehingga pelaku industri ini bisa memiliki opsi terbaik.

Baca Juga : Ongkir Murah untuk Merangsang Pertumbuhan UMKM Indonesia

Solusi Jasa Cargo Aceh untuk UMKM

Industri UMKM memang tidak selalu bergantung pada jasa pengiriman, karena transaksi ekonomi yang dilakukannya tidak melulu memerlukan pengiriman barang. Namun untuk usaha-usaha yang memerlukan pengiriman ke luar daerah, tentu hadirnya jasa cargo Aceh yang lebih ramah terhadap skala industri ini akan menjadi angin segar.

UMKM biasanya mengalami dilemma pada ukuran paket, ongkir, serta batas minimal. Ukuran paket yang dikirimkan dapat dikatakan berada di tengah-tengah, tidak cukup besar untuk masuk di skala pengiriman cargo biasa, dan akan memakan ongkos terlalu tinggi jika harus menggunakan jasa ekspedisi.

Jasa cargo yang sudah ada sekarang biasanya menerapkan batas pengiriman antara 50 kilogram hingga 100 kilogram. Keuntungannya adalah terdapat reduksi harga per kilogram ketika barang yang dikirimkan semakin berat. Namun tantangannya jelas, terdapat batas minimal pengiriman dengan jasa ini.

Jasa ekspedisi, di sisi lain, menawarkan ongkos kirim yang jauh lebih terjangkau dengan kecepatan pengiriman yang baik. Namun ketika ukuran barang terlalu besar, bobotnya terlalu berat, maka ongkirnya akan menjadi sangat tinggi dan tidak masuk akal.

Jasa cargo Aceh, seperti yang diungkapkan dalam poin sebelumnya, akan diramaikan kehadiran TrawlBens, jasa cargo murah dengan pemesanan melalui aplikasi.

TrawlBens untuk Anda, Masyarakat Aceh

TrawlBens merupakan layanan jasa pengiriman cargo yang segera hadir di Aceh. Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, layanan ini akan menjadi opsi terbaik untuk pelaku UMKM atau industri yang memerlukan pengiriman barang dengan range kapasitas kirim lebih lebar. Tentu saja, harga yang diberikan tetap akan bersaing sehingga menjadi nilai plus lain untuk TrawlBens.

Rute Pengiriman TrawlBens dari Aceh ke Seluruh Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB dan Bali, serta Jawa

Untuk cakupan pengirimannya sendiri, TrawlBens memproyeksikan akan dapat menyediakan rute yang sekarang ini sudah dimiliki. Saat ini, layanan TrawlBens melayani pengiriman dari Jabodetabek ke banyak wilayah di Indonesia. Maka setidaknya, layanan ini akan dapat membuka rute sebagai berikut :

  • Rute pengiriman dari Aceh ke seluruh Sumatera, meliputi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Riau, dan Kepulauan Riau. Cakupan ini juga termasuk kota, kabupaten, dan kecamatan di dalamnya.
  • Rute pengiriman dari Aceh ke seluruh Kalimantan, meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Juga meliputi kota, kabupaten, dan kecamatan di dalamnya.
  • Rute pengiriman Aceh ke seluruh Sulawesi, meliputi Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Termasuk didalamnya kota, kabupaten, dan kecamatan di area tersebut.
  • Rute pengiriman NTB dan Bali, meliputi wilayah tersebut beserta kota, kabupaten, dan kecamatan di dalamnya.
  • Rute pengiriman Aceh ke seluruh Jawa, meliputi area Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Rute ini juga mencakup kota, kabupaten, dan kecamatan di dalamnya.
  • Untuk rute ke Maluku, NTT, dan Papua sendiri, TrawlBens masih melakukan penjajakan dan dalam waktu dekat akan segera dibuka rute tersebut.

Ongkir dan Fitur yang Disediakan

Nah, untuk urusan ongkir sendiri, TrawlBens sudah dikenal sebagai layanan dengan harga yang sangat ekonomis. Jika Anda ingin melihat bayangan ongkir yang disediakan saat ini, Anda bisa melihat di fitur ini :

TrawlBens juga terus melakukan pengembangan diri, baik dari segi perusahaan, layanan, serta fitur yang dimiliki. Saat ini Anda bisa melakukan pemesanan pengiriman dengan aplikasi yang tersedia, dengan fitur TrawlPack. Nantinya beberapa fitur lain juga akan segera diluncurkan, guna melayani setiap pengiriman yang Anda perlukan.

TrawlBens saat ini sudah siap jadi pesaing kuat untuk industri jasa cargo Aceh.

TrawlBens untuk Negeri

Untuk mendukung perkemabangan perekonomian Aceh, dari sisi penyediaan jasa pengiriman cargo terbaik dan termurah, TrawlBens akan menyediakan layanannya. Dalam waktu dekat, kualitas yang dimiliki TrawlBens tak hanya bisa dinikmati masyarakat Jabodetabek saja, namun juga masyarakat Aceh dan seluruh Indonesia. Jasa cargo Aceh dijamin akan semakin dinamis dengan kehadiran TrawlBens.

Untuk artikel lain yang terkait, Anda bisa melihatnya di blog TrawlBens, atau langsung mengklik artikel berikut ini Jasa Ekspedisi Murah Jakarta ke Pekanbaru.

TrawlBens, A Super Logistic Apps In Your Hand!


Cek Tarif & Lacak Resi


Yuks!! Bagikan Artikel Ini