Selain menjual produk, peluang usaha di bidang jasa memiliki potensi yang tak kalah menguntungkan. Anda tak perlu menguasai skill kompleks untuk memulai bisnis tersebut, karena kemampuan seperti mengendarai sepeda motor bisa menjadi modal awal untuk mendapatkan penghasilan stabil dan menjanjikan.

Menambah Pengalaman Sebagai Kurir

Punya sepeda motor yang sudah lama menganggur? Kendaraan yang tidak dipanaskan dalam jangka waktu tertentu akan menurunkan performanya. Jika Anda tak berencana menjualnya, pakai saja untuk menjalani profesi sebagai karier dalam layanan jasa antar kirim barang.

Berbeda dari driver atau supir yang bertugas mengantarkan manusia, kurir lebih ditujukan dalam pengantaran barang. Peluang usaha ini sekilas terlihat mudah, tetapi fungsinya sangat vital bagi perusahaan ekspedisi. Bayangkan apa jadinya bila mereka tak mempekerjakan orang-orang di posisi kurir? Barang-barang dari pengirim mustahil sampai ke tangan penerima.

Kurir, seperti profesi lainnya, sarat akan risiko. Anda akan berhadapan dengan kemacetan di tengah jam-jam sibuk, cuaca panas atau hujan deras, hingga peluang tersesat saat menemukan alamat. Di sisi lain, ada sejumlah keuntungan saat Anda bekerja sebagai kurir, antara lain:

• Sistem pembagian pendapatan jelas. Perusahaan ekspedisi profesional akan memastikan kurir-kurir yang mereka rekrut mendapatkan pendapatan layak dan jelas. Bahkan Anda bisa menerima bonus kalau sanggup memenuhi target;

• Jam kerja yang fleksibel. Alasan lain yang membuat peluang usaha ini semakin diminati adalah fleksibilitas jam kerja. Anda dapat menentukan sendiri waktunya berdasarkan jumlah barang yang akan diantarkan ke alamat penerima; • Modal awal yang tak terlalu besar. Selain sepeda motor, kurir yang berminat bekerja di perusahaan ekspedisi hanya perlu menyiapkan sejumlah dokumen resmi dan asli beserta modal awal yang nantinya diinvestasikan, seperti yang diterapkan Trawlbens. Sebuah perusahaan pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia.

jasa pengiriman barang

Apa Saja Hal Yang Harus Disiapkan Kurir Jasa Pengiriman Barang?

Untuk memudahkan pekerjaan sebagai kurir di layanan antar kirim barang, pastikan Anda sudah menyiapkan hal-hal berikut:

Sepeda motor dengan kondisi prima

Bukan sekadar mempunyai, Anda juga harus memastikan kondisi sepeda motor yang digunakan untuk peluang usaha ini. Terutama kalau perusahaan ekspedisi yang merekrut Anda belum menyediakan unit kendaraan. Sebelum menggunakannya untuk mengantar barang, pastikan setiap komponen dalam sepeda motor masih berfungsi dengan baik. Pasalnya beban kerja kendaraan akan mengalami peningkatan saat Anda bekerja sebagai kurir.

Wajib mempunyai SIM dan STNK

Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi kurir di perusahaan ekspedisi adalah mengantungi SIM dan STNK. SIM yang diperlukan bisa tipe A atau C sesuai jenis kendaraan yang akan dibawa. Selain jadi bukti bahwa Anda sudah dinyatakan layak membawa sepeda motor, kedua dokumen ini juga akan melancarkan Anda dalam memulai peluang usaha sebagai kurir. Pastikan juga SIM dan STNK diperbarui secara berkala.

Menguasai rute yang akan dilewati

Ketika menjadi kurir, jalan akan menjadi tempat bekerja Anda. Maka dari itu, Anda harus mengenal dan menguasai rute yang akan dilewati setiap hari. Pemahaman terhadap rute sering dijadikan sebagai salah satu syarat perusahaan, sebab mereka tak mau pelanggan mengeluhkan kurir yang telat mengantarkan barang gara-gara tersesat. Akan menjadi nilai plus kalau Anda juga hafal jalan tikus atau rute alternatif untuk keluar dari kemacetan.

Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Dokumen penting selanjutnya yang wajib dimiliki kurir adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Mengapa SKCK diperlukan dalam peluang usaha ini? Pasalnya dokumen tersebut menjadi salah satu bukti kalau Anda mampu bertanggung jawab karena tak mempunyai catatan kriminal. Perusahaan juga tak mau mengambil risiko dengan mempekerjakan seseorang yang kredibilitasnya diragukan.

Diharuskan mempunyai ponsel pintar

Berbeda dari profesi lainnya, kurir tak akan menuntut Anda bekerja di kantor. Oleh karena itu, Anda diharuskan mempunyai ponsel pintar atau smartphone yang akan membantu dalam komunikasi. Selain itu, gawai tersebut akan membantu Anda menemukan alamat-alamat yang sulit dicari secara manual. Beberapa perusahaan juga sudah mengandalkan ponsel pintar untuk tracking barang yang diantarkan.

Semoga Anda semakin mantap mempersiapkan peluang usaha sebagai kurir antar kirim barang. Sebab peluang usaha cargo sangat menjanjikan saat ini. Jangan tunggu lama lagi, segera mendaftar menjadi mitra kurir Trawlbens.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini