TrawlBens - Dalam proses pengiriman barang, dari satu tempat ke tempat lain, terdapat beberapa komponen yang wajib diperhatikan oleh Anda sebagai pengguna jasa. Dua di antaranya adalah trucking dan cara packing barang. Keduanya berperan besar dalam menjamin barang Anda sampai ke tujuan dengan selamat, tanpa mengalami cacat atau kerusakan. Tentu Anda tak ingin barang yang Anda kirimkan sampai dalam keadaan rusak bukan?

Mungkin Anda sendiri cukup asing dengan istilah trucking, karena memang istilah ini banyak digunakan oleh orang-orang yang berada dalam industri pengiriman barang. Biasanya, pelanggan hanya peduli pada barang sudah diambil, barang sedang diproses, barang tengah dikirim, dan barang sudah sampai. Setiap proses ini bisa diterima informasinya melalui tracking dengan aplikasi atau melalui web yang sudah disediakan.

Lalu dalam posisi ini, di mana posisi trucking berada?

Wait, jika Anda buru-buru ingin mengirim barang ke area pulau Jawa dari Jabodetabek, Anda bisa langsung menghubungi kontak berikut ini.

0811 163 229

Hubungi Kami Via Telepon

Trucking sebagai Nadi Perpindahan dan Pengiriman Barang

Trucking sendiri dapat didefinisikan sebagai layanan jasa pengiriman barang via jalur darat dengan menggunakan armada-armada transportasi darat. Misalnya saja, berbagai jenis mobil, berbagai jenis truk, dan berbagai jenis kendaraan angkut lainnya. Dari sinilah kemudian muncul istilah trucking. barang yang dikirim dengan jalur darat sendiri biasanya akan dikirimkan bersamaan dengan barang lain yang memiliki tujuan area yang sama.

Di Indonesia sendiri, trucking masih menjadi nadi industri pengiriman dan perpindahan barang, baik dari kota ke kota di satu pulau, atau pengiriman antar pulau. Barang yang sudah Anda kirimkan atau sudah di-pick up oleh mitra kemudian akan dikumpulkan di satu lokasi, untuk diteruskan pada tahap pengiriman selanjutnya. Ketika sudah disortir dan dikelompokkan, baru kemudian akan dimuat ke dalam alat angkutan untuk dikirimkan secara bersamaan.

Setiap satu alat angkutan ini akan berangkat ke satu area tertentu. Setelah sampai pada gudang penyimpanan atau transit, baru kemudian barang dipisah kembali sesuai dengan alamat, dan diantarkan oleh kurir dalam skala yang lebih kecil. Seluruh proses ini terjadi ketika Anda mengirimkan barang, dari satu tempat ke lain tempat dalam jangka waktu yang sudah diestimasikan.

Jadi intinya, trucking sendiri merupakan kunci dari proses perpindahan barang ini. Baik dari pelanggan ke mitra gudang, atau dari gudang ke gudang lain di lokasi yang berbeda-beda.

Proses Pengiriman Juga Tak Lepas dari Cara Packing Barang

Nah hal yang tidak bisa dilepaskan dari proses pengiriman barang adalah packing pada barang yang dikirim. Tak hanya membuat barang tampak rapi, namun packing yang tepat juga membantu meningkatkan sisi keamanan paket. Jadi, paket yang dikirim bisa sampai di alamat pengiriman dengan selamat dan tanpa mengalami kerusakan.

Untuk sedikit memahami cara packing barang sendiri, tak ada salahnya Anda melihat beberapa poin penjelasan berikut ini.

Langkah-Langkah Packing Barang

Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis barang apa yang akan dikirim. Jenis barang akan menentukan packing seperti apa yang diperlukan, sehingga bisa berfungsi efektif tanpa harus melakukan pemborosan berat atau volume.

Misalnya saja untuk dokumen biasa, Anda bisa memastikan pengemasan menggunakan lapisan plastik atau bahan sejenis, agar paket tidak mengalami kerusakan akibat terkena air atau basah. Atau mungkin Anda juga bisa menanyakan opsi packing lain agar paket tidak kusut dan sampai dalam keadaan sempurna.

Sama halnya dengan paket barang pecah belah, Anda bisa meminta pengiriman dilakukan dengan pengemasan bubble wrap. Dengan memilih pengemasan ini, barang pecah belah bisa dikirimkan dengan lebih aman dan meminimalisir resiko barang pecah ketika dikirim.

Setelah mendapatkan jenis packing yang tepat, kemudian Anda tinggal melanjutkan prosedur sesuai dengan SOP dari pihak pengiriman. Untuk jasa pengiriman TrawlBens sendiri, Anda bisa mendapatkan rekomendasi packing secara profesional untuk mengurangi resiko kerusakan barang.

Bahan yang Digunakan untuk Packing

Untuk bahan yang digunakan dalam proses packing sendiri, ada beberapa pilihan yang bisa digunakan. Pada jasa pengiriman berkualitas tinggi, biasanya Anda akan diberikan rekomendasi untuk cara packing barang yang benar, aman, dan tentunya, efisien dari segi pembiayaan. Berikut beberapa opsi penggunaan bahan dalam packing yang bisa Anda gunakan.

  • Bubble Wrap : biasa digunakan untuk melapisi paket kiriman berukuran kecil dengan berat yang cenderung ringan. Fungsi utamanya adalah meredam tekanan dan getaran selama perjalanan, sehingga barang yang dikirim tidak rusak.
  • Styrofoam : untuk paket dengan ukuran yang lebih besar, Anda bisa menggunakan bahan styrofoam. Bahan ini berfungsi untuk melindungi paket dari getaran dan tekanan, karena sifatnya yang jauh lebih kuat daripada bubble wrap biasa.
  • Kardus : dapat dikatakan sebagai salah satu bahan packing paling sederhana, kardus biasa digunakan untuk memisahkan barang-barang dan memberikan perlindungan mendasar. Kardus juga dapat digunakan sebagai pemisah satu barang dengan barang lain, sehingga mengurangi terjadinya gesekan atau getaran pada skala kecil.
  • Kayu : biasa digunakan untuk bagian packing terluar, sehingga barang akan memiliki perlindungan yang lebih baik. Jenis bahan ini sendiri biasa digunakan untuk melindungi paket dari benturan, memberikan ketahanan yang lebih baik pada benturan serta gesekan, dan meningkatkan proteksi agar paket tidak rusak. Packing kayu biasanya digunakan untuk jarak jauh, seperti pengiriman antar provinsi atau antar pulau.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Pallet Dalam Jasa Carg

Tambahan dalam Packing barang

Setelah menentukan mana pilihan packing terbaik, biasanya Anda juga akan dimintai persetujuan untuk memberikan perlindungan ekstra dengan packing tertentu atau tidak. Jika memang diperlukan, Anda tak perlu ragu memintanya.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa meminta stiker berlabel Fragile untuk ditempelkan serta menggunakan jasa asuransi yang ditawarkan. Cermati syarat dan ketentuan yang ada pada surat keterangan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman pada saat pengiriman atau klaim.

TrawlBens Memiliki Prosedur Cara Packing Barang Berstandar Tinggi

Dengan komitmen penuh pada kepuasan pelanggan, TrawlBens benar-benar memberikan layanan terbaik untuk setiap paket yang Anda kirimkan. Dengan standar cara packing barang yang tinggi, setiap paket yang dikirimkan menggunakan jasa TrawlBens akan semaksimal mungkin diberikan proteksi, sehingga barang aman dan selamat hingga ke tangan penerima.

Jika Anda kemudian mulai ragu atas jaminan keamanan ini harus dibayar dengan biaya yang tinggi, mungkin Anda perlu berpikir ulang. Pengiriman dari area Jabodetabek menuju berbagai daerah di Jawa misalnya, menawarkan harga yang sangat terjangkau.

 

Untuk area kota Semarang, Anda bisa mendapatkan ongkos kirim antara Rp.3.800 hingga Rp.2.500, sesuai dengan berat paket yang Anda kirimkan. Karena merupakan jasa layanan kargo, maka semakin berat paket yang Anda kirimkan Anda bisa mendapat harga yang semakin rendah untuk satuan per kilogramnya. Mulai dari area Mijen, Gunung Pati, Banyumanik, Gajah Mungkur, Semarang Selatan, Candisari, Tembalang, Pedurungan, Genuk, Gayamsari, Semarang Timur, Semarang Tengah, Semarang Barat, Semarang Utara, Tugu dan wilayah Ngaliyan, semua bisa terjangkau dengan layanan TrawlBens dengan harga sangat terjangkau.

Nah, semoga penjelasan mengenai cara packing barang dan trucking di atas bisa membantu Anda memahami konteks dunia pengiriman barang dengan lebih baik. Ingat, selalu pastikan menggunakan jasa kargo terbaik dari TrawlBens dengan TrawlPack-nya, dan dapatkan pengalaman terbaik dalam mengirimkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain dengan mudah.


Cek Tarif & Lacak Resi


Yuks!! Bagikan Artikel Ini