Trawlbens - Memulai bisnis dengan berhutang adalah kesalahan besar. Karena selain membuat anda menjadi mempunyai beban tanggungan, memulai bisnis dengan modal hutang tidak akan berkah jika dipandang dalam kacamata islam, selain itu juga memiliki resiko tidak terbayar ketika bisnis yang anda mulai tidak seperti yang anda harapkan. Tapi tak hanya itu saja, ada 3 alasan besar kenapa anda sebaiknya jangan memakai hutang sebagai pondasi bisnis anda.

1. Beresiko Gagal Dua Kali Lipat

Memulai bisnis usaha hanya akan memiliki dua kemungkinan, yaitu SUKSES dan GAGAL. Yakin atas kesuksesan usaha anda sendiri memanglah penting, tetapi jangan lupa bahwa yang menjadi penentu kesuksesan anda tetaplah Tuhan.

Memiliki usaha dengan modal hutang bisa saja berujung dengan kesuksesan, tetapi kegagalan juga tidak dapat anda hindari. Dan bayangkan lah ketika anda membangun usaha dengan hutang, kemudian anda mengalami kegagalan, maka hutang itu akan membuat kegagalan anda semakin bertambah buruk. Bayangkan saja, sudahlah anda gagal dan anda juga masih harus membayar hutang yang menjadi kewajiban anda tersebut. Anda akan menemui kesusahan dua kali lipat jika dibandingkan gagal namun dengan modal sendiri.

Jangan terjebak dengan prinsip pengusaha gagal yang beranggapan mau berbisnis asalkan dengan modal banyak walau dengan berhutang sekalipun. Karena prinsip seperti itu akan kalah dengan prinsip seorang pengusaha yang tidak terlalu memikirkan modal. Jika bisa berbisnis dengan modal seadanya, walaupun nantinya menemui kegagalan, toh tidak akan rugi-rugi amat. Tak perlu harus membayar hutang modal lagi. Itulah alasan kenapa memulai usaha dengan berhutang dikatakan beresiko gagal dua kali lipat.

2. Untuk Bertahan Saja Sulit, Apalagi Untuk Berkembang

Tujuan memulai usaha tentunya agar bisa bertahan hidup. Apabila anda menjalankan bisnis dengan modal berupa hutang, maka anda akan kesulitan untuk bertahan. Karena pada tahap awal, terkadang produk atau jasa yang anda tawarkan tidak akan langsung laku untukm menutupi target harian. Karena banyak proses yang harus dilalui sampai akhirnya anda mendapatkan untung.

memulai usaha tanpa hutang

Pada saat-saat seperti itu lah anda akan kesulitan untuk bertahan, sebab anda tetap harus menghasilkan uang untuk menutupi hutang. Diperparah anda harus membayar bunga jika telat membayar hutang tersebut. Oleh sebab itu jangan gampang tergiur dengan proses pinjaman yang sekarang begitu mudahnya.

Baca Juga : TrawlCarrier Jasa Kirim Mobil Yang Aman, Mudah dan Murah Ke Seluruh Indonesia

3. Akan Diikuti Ketakutan Bayang-Bayang Hutang

Memiliki usaha itu paling enak menjalankannya tanpa harus memikirkan hal-hal diluar bisnis tersebut. Contohnya adalah bayang-bayang terhadap kewajiban hutang yang harus anda bayar tiap bulannya.

Apabila anda menjalankan bisnis dengan modal hutang, maka setiap saat anda akan dihantui oleh bayang-bayang ketakutan harus membayar kewajiban tersebut. Tentunya hal ini akan berimbas dengan kefokusan anda dalam menjalani usaha.

Akan terasa lebih enak dan nyaman ketika anda mendapatkan keuntungan namun keuntungan tersebut akan masuk ke kantong anda, bukan untuk membayar kewajiban-kewajiban tersebut. Jadi pikirkanlah lagi jika anda ingin memulai bisnis dengan modal hutang.

Memulai usaha dengan berhutang memang semakin banyak dipilih oleh. Selain karena proses pinjamannya yang sangat mudah dan uangnya yang cepat cair, juga bank mengiming-imingi bunga yang kecil serta kelebihan lainnya. Namun dibalik itu semua, terdapat sisi gelap yang sangat merugikan bagi si peminjam. Maka dari itu sebaiknya hindari berhutang ketika memulai bisnis usaha. Semoga sukses.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini