Jika berbicara pengiriman barang dengan kargo, tentu tujuan-tujuan di luar pulau Jawa menjadi topik paling hangat. Pasalnya hingga saat ini, kebanyakan sumber produksi barang ada di pulau Jawa. Meski memang tak seluruhnya, namun kemudian penggunaan jasa kargo menjadi satu nadi untuk terus menyalurkan barang secara rutin agar kebutuhan dan permintaan selalu bisa terpenuhi.

Salah satu daerah yang memiliki kebutuhan cukup tinggi akan barang dan produk adalah wilayah Papua dan Papua Barat. Provinsi paling Timur di Indonesia ini merupakan salah satu wilayah yang paling menantang untuk setiap jasa pengiriman, baik ekspedisi maupun kargo. Terdapat beberapa layanan kargo murah yang melayani pengiriman barang ke Papua dan Papua Barat. Namun yang terbaik baru akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Jasa pengiriman kargo yang tengah melakukan pengembangan dan upaya menembus wilayah paling menantang ini adalah TrawlBens. TrawlBens sebenarnya sudah mampu melayani wilayah pulau besar di Indonesia yang lain, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Sulawesi dan Bali serta Mataram. Sedangkan untuk wilayah Maluku, Papua, Papua Barat, dan NTB, masih terus diadakan pengembangan dan diharapkan bisa segera membuka pengiriman ke jalur ini dalam waktu dekat.

Tantangan Terbesar Rute Maluku, Papua, Papua Barat, dan NTB

Jika muncul pertanyaan mengapa TrawlBens belum membuka rute tersebut hingga saat ini, alasannya cukup jelas. Secara singkat, tantangannya adalah waktu estimasi tiba yang cukup lama, pengiriman yang baru bisa mengandalkan jalur laut, kondisi geografis yang unik, serta biaya operasional yang tentu sangat berbeda dengan wilayah Indonesia lain.

Namun, TrawlBens tidak kemudian berdiam diri. Segala upaya terus dilakukan untuk membuka rute-rute ini. Melihat peluang, mencari kesempatan, serta berupaya mengatasi setiap tantangan yang ada, TrawlBens ingin turut memberikan layanan pengiriman paket kepada saudara-saudara yang ada di Indonesia Timur. Poin besarnya adalah agar semua masyarakat Indonesia bisa menikmati tarif terjangkau yang ditawarkan oleh TrawlBens.

Sedikit kontradiktif dengan apa yang harus dihadapi di lapangan, bahwa biaya operasional yang tinggi menjadi beban bagi saudara-saudara kita di Papua dan Papua Barat. Namun, TrawlBens tetap berupaya memberikan layanan terbaiknya, dengan menjadi jasa kargo murah untuk semua orang. Tentu, tanpa mengurangi kualitas dan standar packing yang sudah dipercaya sejak lama.

Cara Kirim Barang Ke Papua dengan Layanan TrawlBens

Hingga saat ini, konsep yang dirancang untuk pengiriman ke wilayah Papua dan Papua Barat, serta Maluku dan NTB sama seperti dengan wilayah-wilayah lain. Dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di sini, Anda nantinya bisa menemukan rute baru untuk kota dan kabupaten di wilayah Indonesia Timur. Sekali lagi, semua masih dalam tahap pengembangan, sehingga memang hingga saat ini rute ke Indonesia Timur yang disebutkan di atas belum dapat disajikan oleh TrawlBens.

Jika diproyeksikan, tentu akan memberikan banyak kemudahan untuk pengiriman yang akan dilakukan. Bayangkan, mengirim paket, hingga kapasitas kirim 5000 kilogram, bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Tak hanya menyasar pengiriman konvensional dan ekspedisi karena batas minimumnya hanya 10 Kilogram, namun juga layanan ini sangat cocok untuk pengiriman guna kepentingan bisnis dan industri.

Dipadukan dengan layanan door to door yang dimiliki oleh TrawlBens, menjadikan segala kemudahan yang bisa didapatkan oleh pelanggan setianya semakin maksimal. Ketika pesanan sudah dilakukan via aplikasi dan pembayaran sudah dilakukan, serangkaian prosedur di gudang akan dijalankan. Dalam hitungan hari saja, Anda sudah bisa melakukan live tracking.

Komoditas Paling Sering Dikirim Ke Papua

Jika melihat dari data-data yang sudah tercatat, terdapat komoditas-komoditas utama yang biasanya dikirim ke wilayah ini. Pengiriman konvensional termasuk di dalamnya, tapi tahukah Anda sebenarnya pengiriman ke Papua memiliki kecenderungan barang yang berukuran besar dan berat?

Barang yang sering dikirim adalah kendaraan (motor dan mobil), material konstruksi (seperti kaca, semen, besi, cat, dan sejenisnya), bahan-bahan kimia keperluan industri, peralatan laboratorium, alat-alat kesehatan, obat-obatan, kabel serat optik, konveksi dan tekstil, barang dan peralatan kebutuhan industri, furnitur, peralatan keamanan, pipa besi, pupuk, alat elektronik rumah tangga, mesin dan suku cadang alat berat, dan sejenisnya.

Tentu saja pengiriman-pengiriman seperti ini, jika menggunakan jasa pengiriman konvensional, akan memakan biaya yang sangat besar. Maka jasa kargo akan jadi solusi terbaik. Dengan kapasitas kirim yang besar, harga yang semakin terjangkau ketika berat barang semakin besar, serta kualitas packing yang berstandar sehingga menjamin keselamatan paket, TrawlBens sudah membuktikan diri sebagai salah satu jasa kargo terbaik di Indonesia.

Lalu Kapan TrawlBens Membuka Rute Papua, Papua Barat, Maluku, dan NTB?

Segala upaya terus dilakukan oleh pihak TrawlBens agar lekas dapat memberikan rute Papua, Papua Barat, Maluku, serta NTB di dalam layanannya. Saat ini, prosesnya sudah berjalan cukup panjang, dan kemungkinan dalam beberapa bulan kedepan rute ini segera dibuka. Jadi, Anda bisa mengunduh dulu aplikasinya, dan memantau terus perkembangannya.

Anda juga bisa mendapatkan kabar terbaru dari berbagai artikel yang secara rutin diunggah pada situs resmi TrawlBens, mengenai layanan, informasi-informasi berguna seputar jasa kargo, update terbaru, serta informasi berguna lainnya. Selain menawarkan jasa kargo dengan harga yang sangat terjangkau, TrawlBens juga senantiasa memberikan informasi berguna untuk semua orang lewat website resminya ini.

Begini Kira-Kira Ongkos Kirim yang Diberikan Produk Kompetitor

Beberapa jasa kargo sebenarnya sudah membuka rute untuk area Papua dan Papua Barat. Namun jika dilihat harga total dan minimal pesanan yang dilakukan, nilainya masih terlalu tinggi. Beberapa bahkan memberikan batas minimal pengiriman mencapai 250 kilogram, dan harga per kilogramnya mencapai Rp.8.500. Untuk pengiriman skala besar, mungkin angka ini masih masuk akal, namun tentu hal ini akan sangat absurd untuk keperluan pengiriman barang dalam jumlah lebih kecil bukan?

Beberapa jasa kargo yang telah menyediakan rute ke kota  besar seperti Jayapura, perkiraan harganya adalah sebagai berikut.

  • Untuk kliklogistics.co.id pengiriman ke Jayapura, minimal berat yang diberikan adalah 50 kilogram, jauh lebih kecil daripada cargonesia.co.id, dan dengan tarif mulai dari Rp.17.500 per kilogram.
  • Untuk cargonesia.co.id pengiriman ke Jayapura, minimal berat adalah 250 kilogram, dengan lead time mencapai 2 – 3 minggu dan tarif per kilogram Rp.8.500.
  • Untuk sewukuto.id pengiriman ke Jayapura, minimal berat yang ditetapkan adalah 100 kilogram dengan tarif mulai dari Rp.17.500 dengan lead time antara 7 – 14 hari.
  • Untuk snglogistic.com pengiriman ke Jayapura, dengan tarif Rp.9.000 per kilogram, dan estimasi waktu berangkat sekitar 20 -27 hari.

Dan masih ada beberapa jasa kargo lain dengan harga yang tidak terlalu berbeda jauh. Untuk ukuran kecil, jelas terlihat kliklogistics.co.id masih menjadi yang terbaik.

Nah, untuk TrawlBens sendiri, estimasi harga yang diberikan tentu akan diupayakan lebih rendah dari angka-angka tersebut. Dengan batas pengiriman hanya 10 kilogram saja, biaya kirim yang dikeluarkan oleh pelanggan setianya akan dapat ditekan hingga angka minimal.

Untuk cek ongkir dari Jabodetabek ke wilayah selain Papua, Papua Barat, Maluku, dan NTB, Anda bisa cek di sini.

Hingga saat ini, rute untuk area Papua, Papua Barat, Maluku, dan NTB masih terus diupayakan oleh TrawlBens. Sederhana saja, tujuannya agar semua masyarakat Indonesia bisa menikmati ongkir yang sangat terjangkau, sehingga semua keperluan pengiriman bisa dilakukan dengan lebih cepat. TrawlBens ingin hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. TrawlBens, A Super Logistic App in Your Hand!

Di luar pengiriman ke empat wilayah tersebut, TrawlBens juga sudah bisa melayani pengiriman Ekspedisi Murah Jakarta Lombok


Cek Tarif & Lacak Resi

Pilih Kota Pengiriman

Yuks!! Bagikan Artikel Ini