Trawlbens - Kegiatan import barang sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis di Indonesia. Pasalnya, barang import dianggap lebih murah dan bermutu. Import barang dari luar negeri juga beranekaragam seperti import door to door, port to port, dan undername. Tetapi tidak semua orang mampu melakukannya karena prosedur cukup ketat dan memakan waktu. Oleh sebab itu, sebagian besar orang menggunakan jasa import.

Jasa Import merupakan badan usaha yang bergerak pada bidang jasa pengangkutan barang secara menyeluruh. Maksudnya, freight forwarding meliputi keseluruhan fungsi, mulai dari Pelayaran, jasa pengurusan kepabeanan, hingga pengiriman import door to door. Berikut ini ulasan lengkap mengenai jasa import yang wajib Anda ketahui.

Jenis Jasa Import

Jasa import barang ternyata tidak hanya satu saja. Ada beberapa jenis import barang, seperti berikut ini:

1. Jasa Import Door to Door

Dilihat dari bahasanya, makna door to door artinya dari pintu ke pintu. Sama halnya ketika melakukan pengiriman barang import, penyedia jasa tidak hanya mengirim produk importir ke pelabuhan. Melainkan, mengantarkan langsung hingga ke gudang penyimpanan atau alamat importir.

Salah satu kelebihan dari import door to door adalah biaya pajak pelabuhan ketika barang sampai ke negara tujuan ditanggung oleh penjual. Termasuk juga jasa pengiriman barang lewat jalur darat hingga ke alat tujuan dan biaya lain juga ditanggung penjualnya.

Biasanya penyedia layanan import door to door memiliki jaringan bisnis dengan beberapa negara. Dari segi waktu, import door to door dinilai lebih cepat karena Anda tidak perlu melalui proses kepabeanan negara.

2. Jasa Import Port to Port

Ada juga jasa import port to port yang model importirnya mengirimkan barang dari pelabuhan ke pelabuhan dimana alamat pembeli berada. Penjual barang atau eksportir hanya bertanggung jawab mengirim barang ke pelabuhan. Untuk selanjutnya, barang dioper ke pelabuhan tidak menjadi tanggung jawab penjual lagi.

Biasanya setelah barang tiba di pelabuhan, penjual atau perusahaan pengirim dapat mengirimkan tagihan atau invoice kepada pihak importir. Import port to port juga dapat disamakan dengan istilah pengiriman barang antar bandara.

3. Import Barang Undername

Terakhir adalah import barang undername, dimana aktivitas membeli barang dari luar negeri dilakukan atas nama perusahaan lain. Dimana perusahaan tersebut telah terdaftar pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan memegang izin resmi untuk mengimpor barang.

Dalam kegiatan import barang undername, fungsi perusahaan meminjamkan namanya saja. Sedangkan, pembeli atau pengirim sebenarnya adalah perusahaan lain. Hal yang harus dilakukan ketika import barang undername yakni menyepakati barang yang dibeli, pelabuhan, kedudukan perusahaan undername, dan lainnya.

Tidak lupa pula peminjaman nama perusahaan untuk kegiatan importir biasanya dituangkan dalam perjanjian. Umumnya kegiatan import undername dilakukan oleh perusahaan yang belum memiliki izin atau izin import dan izin lainnya tengah dalam prose pengurusan.

jasa import

Tips Untuk Memilih Jasa Import

Import barang door to door melalui penyedia layanan jasa import banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua penyedia jasa ini melakukan import dengan aman, terpercaya, bertanggung jawab, dan profesional. Di bawah ini ada 2 hal penting ketika mencari jasa import.

1. Pilihlah Jasa Berpengalaman

Pertama, carilah jasa penyedia import barang yang berpengalaman. Disini Anda jangan tergiur karena iming-iming harga import murah. Sebab, banyak jasa yang hanya mementingkan pendapatannya tanpa dibarengi dengan kualitas pelayanan alias tidak kompeten.

Maka dari itu Anda dapat mencari tahu pengalaman mereka melalui Google maupun menanyakan kepada pelanggan terdahulu. Jasa freight forwarding berpengalaman yang layak dipilih apabila sudah beroperasi lebih dari 2 tahun.

Biasanya jasa tersebut telah memiliki standar pelayanan pelanggan dan barang yang diimport. Sehingga barang yang Anda pesan lebih aman dan minim resiko kerusakan.

2. Legalitas dan Surat Izin Import Lengkap

Kedua, memilih perusahaan penyedia jasa import yang memiliki surat izin import dan dokumen lengkap. Artinya Anda menggunakan jasa yang Resmi. Selain itu, penyedia jasa ini biasanya lebih profesional dan operasionalnya menaati peraturan dan standar pemerintah.

Demikianlah ulasan mengenai jasa import dan juga tips dalam memilih jasa import terbaik. Semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini