Trawlbens - Jasa sewa kapal bisa dikatakan cukup membantu para pengusaha Indonesia dalam mendistribusikan produknya hingga ke berbagai penjuru Indonesia. Atau dalam mensuplay barang-barang kebutuhan logistik nya. Sebab jika memakai jasa ekspedisi regular akan membuat biaya pengiriman membengkak. Oleh sebab itu jasa sewa kapal banyak dicari oleh perusahaan besar.

Pada jasa sewa kapal, terdapat beberapa jenis kapal yang dapat disewakan tergantung kebutuhan. Sebelum anda memakai jasa sewa kapal, ada baiknya anda ketahui terlebih dulu beberapa jenis kapal

Berdasarkan rutenya, kapal perdagangan dibedakan kedalam dua jeniS, yaitu Kapal Tramper dan Kapal Liner. Kapal Tramper yaitu kapal yang mempunyai rute tidak tetap, demikian pula dengan jadwal nya yang tidak pasti. Sedangkan Kapal Liner, sudah memiliki rute dan jadwal yang pasti dan konstan. Sedangkan berdasarkan fungsinya, kapal sewa dibagi menjadi :

1. Kapal Barang Biasa

Kapal barang biasa atau kapal convensional adalah kapal yang biasa mengangkut muatan yang bersifat umum seperti barang kiriman yang tidak terlalu besar. Kapal barang jenis ini sudah memiliki jadwal dan rute resmi yang dapat memudahkan pengguna mengatur jadwal pengirimannya.

2. Kapal Pallet Vessel

Kapal ini biasanya membawa muatan lepas yang berukuran besar. Muatan ini dibagi-bagi perunit pallet sehingga barang tersusun lebih rapi. Kapal ini juga dapat mengangkut peti kemas yang berukuran 20 feet.

3. Kapal Container

Jenis kapal ini biasanya digunakan untuk mengangkut container atau peti kemas berukuran 40 feet sampai 45 feet. Kapal ini biasanya dilengkapi dengan alat bongkat muat seperti crane nya sendiri yang sangat membantu dalam proses bongkat muat container. Kapal container sendiri hanya bisa bersandar di pelabuhan khusus peti kemas yang memiliki alat penunjang bongkat muat di pelabuhan.

4. Kapal Cargo

Sebelum ada kapal container, kapal kargo banyak dipakai sebagai kapal pengangkut serba guna. Baik itu pengangkutan barang umum maupun peti kemas. Jenis kapal ini dibuat seefisien mungkin agar bisa berlabuh di setiap pelabuhan tanpa harus berlabuh di pelabuhan terminal peti kemas.

5. Kapal Roro

Kapal Roro merupakan kapal yang biasanya mengangkut penumpang dari satu pelabuhan ke pelabuahn lain. Tetapi selain sebagai kapal penyebrangan orang, kapal roro juga dapat digunakan untuk mengangkut orang.

Kapal RORO sendiri merupakan akronim dari Roll on Roll Off yaitu kapal yang memiliki penutup kapal yang bisa menjadi jembatan untuk masuk mobil pengangkut barang atau mobil pribadi. Ya, kapal roro memang dapat digunakan untuk mengangkut mobil. Tanpa harus memakai bantuan crane lagi untuk menaikkan mobil ke atas kapal.

6. Kapal Tongkang

Kapal tongkang atau yang biasa juga disebut kapal ponton adalah kapal berbentuk lambung datar atau kotak besar yang tidak memiliki mesin kapa. Kapal tongkang biasanya di tarik dengan kapal tunda. Kapal tongkang biasanya mengangkut muatan berbentuk butiran atau curah seperti batu bara, pasir, kerikil dan lain-lain. Kapal tongkang juga bisa digunakan untuk mengangkut peti kemas yang kemudian ditarik dengan kapal tunda.

7. Kapal Tanker

Kapal ini berbentuk geladak yang memuat tangki-tangki yang disusun secara teratur yang biasanya berisi minyak curah. Selain itu juga dapat mengangkut cairan kimia, gas cair dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis kapal yang dapat disewakan. Diharapkan dengan informasi ini, anda tidak salah lagi dalam menentukan kapal mana yang akan anda sewa. Jangan lupa pula untuk memilih jasa sewa kapal profesional yang memberikan keuntungan lebih untuk anda.

Adalah Trawlbens, perusahaan jasa pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia menghadirkan berbagai macam layanan cargo untuk anda. Salah satunya adalah TrawBoat yaitu layanan penyewaan kapal yang mudah dipesan dan juga bertarif murah. Tunggu apalagi, segera beralih ke Trawlbens, A Super Logistics App in Your Hand.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini