Trawlbens - Salah satu penopang kesuksesan sebuah bisnis adalah aktivitas pemasaran. Ketika membangun sebuah bisnis, anda perlu mempelajari banyak hal yang terakait dengan pemasaran, sehingga anda dapat menemukan formula pemasaran yang tepat untuk bisnis anda.

Pemasaran selalu berhubungan dengan konsumen, salah satu hal penting dalam pemasaran adalah bagaimana cara mengenal konsumen yang tepat untuk jenis bisnis anda. Hal ini dilakukan agar anda dapat lebih mudah membuat strategi pemasaran yang efektif, termasuk untuk memaksimalkan angka penjualan.

Oleh sebab itu, untuk lebih menarik perhatian konsumen, sebaliknya kenali dulu tipe-tipe konsumen dibawah ini :

1. Konsumen Impulsif

Tipe konsumen ini adalah yang paling gampang dicari. Pasalnya kebanyakan mereka tidak perlu pikir panjang ketika memutuskan untuk membeli produk anda. Cukup dengan yakinkan mereka sedikit saja, mereka akan dengan senang hati membeli produk yang anda tawarkan.

Yakinkan mereka bahwa dengan membeli produk anda, mereka akan lebih baik dari sebelumnya. Dan yakinkan juga mereka bahwa produk anda menawarkan harga yang paling murah dibandingkan produk serupa lainnya di pasaran.

Pelanggan impulsif ini dapat dengan mudah anda dapatkan jika anda melakukan pemasaran lewat sosial media, atau juga melakukan penawaran langsung di tempat.

2. Pemburu Diskon

Jenis konsumen ini sangat senang dengan segala hal yang berbau promo dan diskon. Tidak peduli apakah mereka benar-benar butuh barang tersebut, mereka lebih fokus kepada label diskon yang terdapat pada sebuah produk.

Contohnya ketika sebuah barang di hargai Rp. 100.000, pelanggan seperti ini mungkin tidak tertarik untuk membelinya, berbeda ketika barang dihargai Rp. 200.000 namun ditempelkan label diskon 50%, mereka justru tertarik untuk membeli, padahal harganya sama saja.

kenali 4 tipe konsumen

Jadi untuk mendapatkan perhatian pelanggan jenis ini, maka sering-seringlah memberikan banyak penawaran diskon menarik di toko anda. Namun anda jangan berharap mereka akan menjadi pelanggan setia, karena jenis pelanggan ini hanya akan mencari produk yang memiliki diskon menarik saja.

3. Konsumen Setia

Salah satu aset penting bagi sebuah bisnis adalah pelanggan setia. Walaupun jenis konsumen ini merupakan jenis yang paling sedikit jika dibanding jenis konsumen yang lain.

Namun jika dihitung-hitung lagi, angka pembelian yang dilakukan oleh konsumen setia justru lebih besar jika dibandingkan jenis konsumen lainnya, yaitu bisa mencapai 30% lebih banyak.

Konsumen setia akan selalu loyal dengan toko anda, tak peduli ada produk sama yang lebih murah di toko lain, mereka dengan senang hati akan tetap membelinya di toko anda.

Untuk mendapatkan tipe konsumen ini, anda harus melakukan pendekatan dengan mereka secara personal. Seorang pelanggan setia menginginkan pelayanan yang istimewa dibandingkan pelanggan lain.

Anda dapat menjalin hubungan pertemanan dengan pelanggan jenis ini, sering-sering berkomunikasi dan tak lupa memberikan harga special ketika mereka sudah sering membeli produk anda. Jika anda melakukan ini, maka mereka akan dengan senang hati loyal kepada anda.

Baca Juga : Tirulah 6 Kebiasan Ini Untuk Menjadi Sukses

4. Konsumen Selektif

Jenis konsumen ini terbilang sangat perhitungan ketika melakukan pembelian. Mereka tidak terlalu tertarik dengan diskon yang ada, sebaliknya mereka benar-benar membeli sesuatu saat memang membutuhkannya. Dan tidak akan berbelanja apa-apa jika mereka sedang tidak butuh.

Oleh sebab itu, menjadikan jenis pelanggan ini menjadi pelanggan setia merupakan salah satu tantangan tersendiri dalam berbisnis.

Anda perlu memaksimalkan pelayanan dan membuat nyaman mereka berbelanja. Memang bisa saja mereka tidak membeli produk anda saat itu, nemun dengan pelayanan yang berkualitas yang sudah anda berikan akan membuat mereka kembali ke toko anda dan membeli beberapa barang ketika mereka benar-benar membutuhkannya. Kondisi seperti ini lah yang memberikan peluang mereka menjadi pelanggan setia anda.

Jika anda ingin sukses, maka maksimalkanlah pemasaran, dan cara memaksimalkan pemasaran adalah dengan mengenal jenis konsumen ini sejak awal dan melakukan langkah pemasaran yang tepat. Semoga berhasil.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini