TrawlBens - Perkembangan teknologi semakin memudahkan kegiatan manusia. Salah satunya adalah penggunaan kartu kredit. Dewasa ini pengguna kartu kredit semakin bertambah, seiring meningkatnya kebutuhan manusia. Namun kartu kredit bukan hanya mempunyai banyak manfaat, tetapi juga banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit. Mulai dari hal sepele hingga yang berbahaya.

Maka dari itu untuk menghindari dampak buruk dari pemakaian kartu kredit, anda harus menggunakannya dengan ekstra hati-hati, dan kenali lah 6 dampak buruk dari kartu kredit ini agar anda lebih waspada.

1. Membuat Anda Lupa Batas Kemampuan Anda

Kemudahan dalam transaksi dengan menggunakan kartu kredit membuat orang seringkali lupa dengan batas kemampuan keuangannya. Hanya dengan menggesekkan kartu plastik tersebut, kita bisa berbelanja apapun yang anda inginkan tanpa memikirkan uang yang anda miliki. Hal ini berdampak terhadap bertumpuknya hutang anda dan semakin besar akhirnya sulit atau bahkan tidak mampu membayarnya.

2. Membuat Anda Semakin Konsumstif

Karena mudahnya anda mendapatkan uang dengan kartu kredit tersebut, membuat anda menjadi semakin konsumtif, berbelanja hal-hal yang sebenarnya tidak anda perlukan. Jadi kartu kredit membuat anda merasa dapat membeli apapun yang anda mau, padahal itu adalah hutang yang harus anda bayarkan di kemudian hari. Jadi jangan sampai hal ini menyulitkan anda kedepannya, hitung dan pikirkan dulu uang yang anda punya sebelum anda menggesek kartu kredit.

dampak buruk kartu kredit

3. Membuat Anda Menjadi Pribadi Yang Boros

Beberapa kartu kredit memiliki promo menarik berupa poin reward yang dapat ditukarkan dengan beberapa barang atau jasa yang menarik. Cara mengumpulkannya yaitu dengan bertransaksi sebanyak mungkin. Sebab alasan itulah, seringkali anda rela melakukan transaksi apapun yang sebenarnya tidak anda perlukan hanya karena ingin mendapatkan poin tambahan.

4. Dapat Merusak Nama Baik Anda

Hal ini akan terjadi ketika tagihan kartu kredit anda semakin menumpuk. Ketika hutang anda semakin menumpuk, bank akan melakukan segala cara agar anda mau membayar tagihan tersebut, termasuk dengan mendatangkan debt collector ke rumah anda. Debt collector tersebut akan meneror anda dengan menyita barang-barang dirumah anda, sampai menghubungi keluarga dan kerabat anda bahwa anda sedang menunggak hutang yang banyak. Tentunya ini akan membuat nama baik anda menjadi tercoreng.

Baca Juga : Berhenti Lakukan 5 Hal Ini Jika Anda Ingin Sukses

5. Rentan Terhadap Penipuan

Kartu kredit dapat digunakan untuk transaksi belanja online. Ketika melakukan pembayaran, anda diminta memasukkan nomor kartu kredit yang terdapat pada kartu kredit. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika anda sembarangan memberikan nomor kartu kredit anda kepada orang yang mempunyai itikad tidak baik. Karena hanya dengan nomor tersebut, orang lain akan mudah melakukan transaksi sebanyak apapun tanpa sepengetahuan anda. Jadi berhati-hati lah ketika transaksi dengan kartu kredit ketika berbelanja di website belanja online.

Kartu kredit berarti anda menggunakan uang yang sebenarnya belum milik anda sepenuhnya alias anda berhutang. Jika anda berhutang maka anda harus siap membayar. Dengan mengetahui dampak negatif pemakaian kartu kredit ini diharapkan anda lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi kartu kredit. Dengan berhati-hati, kartu kredit sebaliknya akan banyak membantu hidup anda dan membuat anda bisa bersikap lebih bijak dan disiplin dalam membayar tagihan. Itulah kunci dalam menghindari dampak buruk dari kartu kredit. Semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini