TrawlBens - Industri pengiriman barang di Indonesia saat ini tengah ‘menikmati’ kejayaan. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya transaksi pengiriman barang selama pandemi, yang terjadi karena masyarakat dibatasi mobilisasinya. Tentu saja, peningkatan transaksi ini juga kemudian membuat kebutuhan akan mitra kurir meningkat.

Penyedia jasa ekspedisi atau cargo terus berupaya meningkatkan kenyamanan pelanggan, dan pengalaman yang didapatkan. Oleh karenanya, tak sedikit jumlah rekrutmen mitra kurir yang terjadi. Mitra ini ditujukan sebagai tenaga penjemputan dan pengantaran paket, sehingga pelanggan dan penerima tak perlu repot keluar rumah untuk mengirimkan paket atau menerima paket.

Pada dasarnya, mitra kurir ini yang akan menjadi ujung tombak layanan pengiriman, karena secara langsung akan bertemu dengan pelanggan yang ingin mengirimkan paket atau penerima paket. Meski masih tersedia layanan pengiriman paket walk in dengan mendatangi agen secara langsung, namun penggunaan kurir untuk ‘jemput bola’ tetap semakin popular.

Baca Juga : Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Bergabung dengan Mitra Bisnis

Ukuran Mitra Kurir Berdasarkan Armada

Mitra kurir sendiri bisa digolongkan atas kendaraan yang digunakannya. Mulai dari kurir motor, kurir mobil atau bak terbuka, serta kurir truk. Tentu saja jika dilihat secara langsung, yang membedakan ketiga jenis kurir ini adalah kapasitas muatan dan lokasi penjemputan yang dilakukan. Begini penjelasan singkatnya.

Kurir Motor

Kurir motor merupakan mitra kurir yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Untuk menunjang pengantaran dan penjemputan paket yang akan dikirimkan, biasanya armada motor diberikan tas pembawa barang di bagian kiri dan kanannya. Secara umum, kapasitas penjemputan barang sekitar 40 kilogram saja, dan dengan dimensi dibawah 90 cm.

Kurir Mobil dan Bak Terbuka

Kurir mobil merupakan jenis mitra kedua yang biasa digunakan. Kapasitas yang lebih besar, daya jelajah yang lebih jauh, membuat kurir dengan kendaraan mobil atau bak terbuka dipilih untuk area tertentu yang memang membutuhkan hal tersebut. Kurir mobil dan bak terbuka sendiri juga digunakan untuk menjemput dan mengantar barang dari rumah pengirim ke rumah penerima. Selain itu pada skala kecil juga digunakan untuk mengirimkan barang lintas provinsi atau antar Gudang.

Kurir Truk

Dengan kapasitas muatan yang lebih besar, kurir dengan armada truk biasanya dimaksimalkan untuk pengangkutan antar gudang penyimpanan, antar kota di dalam pulau, dan antar pulau dalam satu negara. Baru kemudian muatan akan dibongkar dan dikelompokkan ke dalam jumlah yang lebih kecil untuk diantarkan menggunakan armada lain yang lebih praktis.

Optimalisasi kerja mitra kurir kemudian harus terus ditingkatkan, mengingat transaksi pengiriman barang juga semakin tinggi. Semua orang ingin barangnya cepat sampai ke tangan penerima, sehingga efektivitas dan kedisiplinan dalam proses pengiriman menjadi tuntutan utama di luar faktor lain yang memang tak bisa dikontrol secara langsung.

Apa Untungnya Jadi Kurir? Berapa Pendapatan yang Bisa Diperoleh?

Sebenarnya untuk angka pasti yang bisa didapatkan akan sangat beragam, karena biasanya pendapatan ini akan didasarkan pada jumlah pengantaran yang dilakukan. Selain itu, mitra kurir juga akan sangat dipengaruhi oleh jasa pengiriman mana yang merekrut. Setiap jasa pengiriman memiliki penawaran tersendiri, lengkap dengan keuntungan lain yang tidak berbentuk uang.

Jika dicermati dengan seksama, sebenarnya peran mitra kurir ini cukup besar karena harus mengantarkan atau menjemput paket ke alamat yang sudah dituliskan. Banyak faktor bisa menjadi tantangan untuk mitra kurir, mulai dari cuaca yang tak menentu, medan dan lokasi pengantaran yang terkadang ekstrim, hingga komitmen menjaga keselamatan barang yang selalu harus diutamakan.

Dengan semua tantangan tersebut, pendapatan yang bisa diperoleh sebenarnya cukup menggiurkan. Pada titik terbaik, mitra kurir bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya. Idealnya, semakin besar kendaraan yang dimiliki, maka akan semakin besar pula potensi penghasilan yang mungkin diperoleh. Terlebih jika Anda yang berminat menjadi mitra memiliki respon cepat, tentu saja akan lebih tinggi lagi potensi keuntungannya.

Namun perlu diingat, penghasilan ini akan bergantung pada banyaknya pengiriman atau penjemputan yang dilakukan. Memang beberapa vendor menjanjikan pendapatan tetap, namun secara ideal di dunia kerja, semakin banyak pekerjaan yang Anda lakukan maka akan semakin besar pula pendapatan yang Anda hasilkan. Bukankah demikian?

Bagaimana Cara untuk Bergabung Menjadi Kurir atau Mitra?

Untuk bergabung menjadi mitra kurir, biasanya Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari layanan jasa pengiriman yang Anda inginkan. Atau mungkin jika belum memiliki situs resmi, Anda bisa datang ke kantor cabang untuk menanyakannya secara langsung.

Untuk beberapa jasa pengiriman modern, seperti TrawlBens misalnya, Anda tinggal berkunjung ke situs resminya dan secara langsung masuk pada pengajuan menjadi mitra kurir. Sederhananya, Anda bisa langsung klik di sini, dan melihat detail informasi menjadi mitra kurir yang lebih terperinci.

Di sana akan terlihat cara menjadi mitra kurir, formulir yang harus diisi, serta potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Pada laman tersebut Anda juga akan mendapatkan informasi lengkap mengenai biaya investasi yang diperlukan, lengkap dengan benefit awal yang bisa didapatkan.

  • Syarat untuk menjadi mitra kurir dari TrawlBens cukup sederhana :
  • Memiliki Surat Ijin Mengemudi (tergantung kendaraan yang Anda miliki).
  • Memiliki smartphone dengan GPS yang aktif.
  • Memiliki kendaraan dengan tahun pembuatan yang masih muda (untuk motor tahun pembuatannya maksimal 8 tahun, dan Anda juga bisa mengajukan leasing dengan partner TrawlBens terkait).
  • Memiliki SKCK yang masih berlaku.

Cukup sederhana bukan? Dengan memenuhi syarat di atas, Anda bisa memberikan pengajuan Kerjasama sebagai mitra kurir. Detailnya bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor CS yang tertera pada laman tersebut, di bagian bawah kanan lama.

TrawBens, Jasa Pengiriman Terbaik untuk Mitra Kurir

Hingga saat ini, TrawlBens terus mengembangkan area layanannya. Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, hingga area Mataram sudah masuk ke dalam jangkauan layanan pengiriman TrawlBens. Tentu saja ini jadi peluang untuk Anda yang berada di area tersebut untuk menjadi mitra kurir.

Untuk area Papua, Maluku, dan NTT sendiri, nantinya akan segera dibuka. TrawlBens hanya tinggal menunggu konfirmasi dari calon mitra dan partner yang ada di wilayah tersebut. Jadi mungkin Anda bisa bersiap untuk menyambut kesempatan ini ketika nanti rutenya di buka.

Selain mitra kurir, TrawlBens juga membuka kesempatan untuk Anda yang memiliki ruang penyimpanan. Mulai dari Mitra Business, Mitra Space, hingga Mitra Pool Warehouse, semua dibuka secara luas jika Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan.

Anda bisa coba cek ongkir di sini :

TrawlBens, hadir sebagai solusi pengiriman untuk masyarakat Indonesia. Dengan layanan berbasis aplikasi yang bisa diunduh di sini, masyarakat bisa mengirimkan barang dengan cepat, praktis, dan mudah. Untuk mitra sendiri, TrawlBens juga terus berupaya membangun kerjasama produktif agar bisa turut meningkatkan perekonomian masyarakat yang menjadi mitra. TrawlBens, A Super Logistics App In Your Hand!

Anda juga bisa melihat secara detail mengenai pengiriman ke Pangkal Pinang di sini : Ekspedisi Murah Jakarta Pangkal Pinang.


Cek Tarif & Lacak Resi

Pilih Kota Pengiriman

Yuks!! Bagikan Artikel Ini