Trawlbens - Libur lebaran tidak lama lagi akan segera tiba. Biasanya disaat seperti ini, pikiran anda sudah tidak berada di kantor lagi, melainkan rencana liburan anda pada saat libur panjang tiba. Faktanya anda masih memiliki kewajiban sebagai karyawan, harus berada di depan komputer dan menyelesaikan tumpukan deadline pekerjaan.

Tak bisa dipungkiri, bekerja di saat musim liburan akan tiba membuat hawa di tempat kerja anda berbeda dari hari biasa. Hawanya menjadi lebih malas, apalagi muncul bayang-bayang suasana liburan yang akan anda jalani. Awas jangan sampai terlena dengan pikiran tersebut, alih-alih membayangkan suasana liburan akan membawa energi positif pada pekerjaan anda, tapi justru membuat konsentrasi anda saat bekerja menjadi buyar.

Akibatnya pekerjaan anda jadi berantakan dan tidak rampung sehingga yang terjadi akan menghambat liburan anda karena disuruh menyelesaikan pekerjaan anda yang belum selesai tersebut pada hari libur. Jika anda tidak ingin itu terjadi, ikuti tips ini agar tetap produktif di kantor menjelang musim liburan.

1. Membuat Catatan Kecil

Membayangkan rencana liburan memang sangat menyenangkan, namun jangan sampai hal itu mengganggu pekerjaan di kantor. Cara agar tetap produktif saat bekerja adalah dengan membuat catatan-catatan kecil yang berisi daftar pekerjaan anda yang harus diselesaikan tepat waktu setiap hari nya.

Mulailah dengan mencatat serta menyusun pekerjaan dari yang paling penting sampai yang kecil. Tempelkan catatan itu pinggir layar monitor anda agar anda tidak mudah lupa dan dan secepatnya menyelesaikan pekerjaan di hari itu. Jadi semua pekerjaanmu tidak ada yang belum selesai atau terlupakan.

2. Selalu Fokus

Fokus merupakan salah satu kunci untuk bisa produktif dalam bekerja. Liburan itu sudah pasti datang, jadi jangan terlalu dipikirkan. Ketika bayangan liburan muncuk di benak anda, segera tepis dan abaikan lalu lanjut mengerjakan pekerjaan anda sampai selesai. Lihatlah lagi catatan kecil yang sudah anda tulis sebelumnya agar tidak ada pekerjaan yang terlewatkan. Sesekali anda bisa mendengarkan musik favorit untuk menumbuhkan rasa semangat dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

agar selalu fokus

3. Jangan Mencuri Waktu Kerja

Sebagai karyawan anda dituntut untuk bekerja secara profesional. Pergunakan waktu kerja anda memang untuk bekerja, bukan untuk melakukan hal lain seperti mencari informasi terkait liburan yang akan anda lakukan dalam waktu dekat. Hal ini bukan saja mengurangi produktifitas anda, anda juga menjadi pribadi yang tidak profesional.

4. Kurangi Membuka Media Sosial

Sudah menjadi rahasia umum jika media sosial membuat banyak orang kehilangan konsentrasi dan menjadi lalai. Apalagi jika membuka media sosial pada saat waktu kerja. Biasanya kalau sudah membuka media sosial, sulit berhenti dan akhirnya pekerjaan anda akan terlantar.

Jadi supaya anda tetap produktif ketika bekerja, batasilah penggunaan media sosial selama anda berada di kantor atau ditempat kerja. Tapi bukan berarti anda tidak dapat membuka media sosial sama sekali, buka lah media sosial di sela-sela istirahat atau di rumah setelah pulang dari kantor.

Baca Juga : 5 Tips Dalam Memilih Rekening Tabungan Untuk Anak

5. Lupakan Sejenak Pekerjaan Saat Weekend

Biasanya sebelum libur panjang tiba, masih ada weekend yang bisa anda manfaatkan untuk istirahat sejenak dari pekerjaan. Jika pekerjaan anda sudah selesai dan tidak ada deadline yang harus diselesaikan hari senin, maka anda bisa memanfaatkan weekend secara maksimal, misalnya dengan jalan-jalan di mall atau sekedar bersantai dirumah.

Merilekskan diri dirumah atau pergi bersama keluarga ke suatu tempat pada saat weekend tersebut dapat menyegarkan kembali pikiran anda dan anda jadi lebih siap menyelesaikan tugas-tugas kantor sebelum libur panjang itu tiba.

Bekerja terus menerus hanya akan membuat stress. Maka dari itu setiap orang butuh liburan, dan liburan tersebut merupakan hak setiap pekerja dan sudah pasti didapatkan. Jadi jangan sampai pikiran liburan tersebut mengganggu pekerjaan anda. Ikutilah 5 tips di atas agar anda tetap produktif. Semoga berhasil.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini