Trawlbens - Sebuah jasa pengiriman barang yang bagus, pastinya memiliki asuransi khusus ekspedisi yang menjamin keamanan dan keselamatan barang kiriman dari bahaya kerusakan atau bahkan hilang. Sebab walaupun barang sudah dipacking sebagus apapun, tidak seorang pun yang bisa menjamin barang aman dari kejadian tak terduga yang tidak diinginkan bersama pada saat dalam perjalanan. Maka dari itu asuransi dirasa penting untuk diterapkan kepada setiap pengiriman barang.

Selama ini, tidak sedikit yang berpikir bahwa segala resiko kehilangan dan kerusakan barang, jasa ekspedisi lah yang harus bertanggung jawab. Padahal sebenarnya tidak ada landasan hukum yang mewajibkan perusahaan pengiriman barang lah yang harus bertangggung jawab jika barang rusak maupun hilang.

Lalu, Siapakah Yang Sebenarnya Bertanggung Jawab Atas Kerusakan atau Kehilangan Barang?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, harus diketahui dulu penyebab hilang atau rusaknya barang. Jika barang yang mengalami kerusakaan tersebut terjadi akibat kelalaian staf perusahaan ekspedisi, maka yang bertanggung jawab adalah jasa ekspedisi tersebut. Sedangkan jika barang mengalami kerusakan atau kehilangan saat barang sedang dalam perjalanan ke tempat tujuan, maka jasa asuransi lah yang akan mengcover barang kiriman.

Namun tidak sembarang perusahaan asuransi yang dapat menjamin barang kiriman, tidak seperti jasa asuransi lain yang menjamin tentang kesehatan ataupun harta benda bergerak. Jasa asuransi khusus ekspedisi lah yang melindungi barang kiriman sepanjang perjalanan ke lokasi penerima.

3 Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Dalam asuransi pengiriman barang, jenisnya terdiri dari 3 kelompok yang dibedakan berdasarkan jalur pengirman yang dipakai, diantaranya adalah asuransi pengiriman cargo darat, cargo laut dan cargo udara.

  • Asuransi Cargo Darat, melindungi barang dari bahaya yang terjadi atas musibah yang tidak sengaja terjadi pada saat diperjalanan. Misalnya seperti truk pembawa mengalami kecelakaan atau masuk jurang.
  • Asuransi Cargo Laut, melindungi barang barang dari bahaya yang dapat terjadi pada saat barang sedang dibawa oleh kapal pengangkut menuju ke tempat penerima. Misalnya seperti kapal tenggelam.
  • Asuransi Cargo Udara, melindungi barang dari bahaya yang terjadi saat dalam perjalanan memakai pesawat udara. Misalnya pesawat jatuh.

Manfaat Jasa Asuransi Dalam Dunia Ekspedisi

Banyak pengguna jasa pengiriman barang yang memikirkan bagaimana keamanan barang mereka hingga ke tangan penerima, sebab kebanyakan barang tersebut cukup bernilai harga nya. Tetapi sebagai pengguna, Anda tidak perlu khawatir jika memakai jasa pengiriman barang profesional, sebab mereka menerapkan keamanan yang sudah sesuai standart. Setiap barang yang akan dikirimkan, akan dipacking dengan proses berstandar dan material yang bermutu. Meskipun begitu, tetap saja ada konsumen yang masih khawatir soal keselamatan barang mereka.

Maka dari itulah, sebuah perusahaan asuransi yang khusus menangani pengiriman barang sangat diperlukan untuk menjamin pengiriman barang konsumen. Sebab yang bertanggung jawab terhadap kerusakan barang saat dalam perjalanan bukan jasa ekspedisi yang dipakai, melainkan jasa asuransi. Dengan mengasuransikan barang kiriman Anda, tentunya hati dan pikirkan Anda menjadi lebih tenang. Sebab bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap barang Anda, maka Anda berhak mendapatkan premi atas kerusakan atau kehilangan barang Anda tersebut.

jasa pengiriman barang

Beberapa barang yang diasuransikan biasanya bernilai tinggi dan juga merupakan kendaraan roda 4 maupun 2. Inilah manfaat dari asuransi untuk pengiriman barang Anda. Asuransi yang diterapkan pada barang kiriman juga bukan sebuah kewajiban, melainkan bersifat opsional dimana customer dapat memilih sendiri barangnya mau di asuransikan atau tidak.

Perusahaan-Perusahaan Asuransi Ekspedisi

Dibawah ini merupakan perusahaan-perusahaan asuransi terkenal yang biasa menjamin barang kiriman

  • Tokio Marine

    Merupakan perusahaan asuransi dari Jepang yang menanggulangi pengiriman barang bernilai besar.

  • ABB

    Perusahaan yang sejak didirikan hingga sekarang sudah mengcover barang sampai 10 milyar.

  • ACA

    Merupakan asuransi khusus barang kiriman yang hanya satu kali trip serta bernilai dibawah 1 milyar.

  • Aswata

    Sebuah perusahaan asuransi lokal yang mengcover pengiriman barang dalam negri

Trawlbens, Perusahaan Pengiriman Barang Yang Dilengkapi Asuransi

Trawlbens adalah perusahaan jasa pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia yang melayani berbagai macam kegiatan perlogistikan seperti pengiriman barang, pengiriman mobil, pengiriman alat berat, sewa container, sewa kapal, sewa truk, jasa pindahan hingga jasa ekspor impor ke seluruh dunia. Trawlbens dilengkapi dengan asuransi dari perusahaan terpercaya yang akan menjamin keselamatan dan keamanan barang Anda. Jadi untuk urusan pengiriman barang yang aman dan berasuransi, saatnya beralih ke Trawlbens, A Super Logistics App In You Hand.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini