TrawlBens - Sebelum terjun ke dunia bisnis, anda harus tau bahwa membuka bisnis usaha memiliki resiko yang tidak seorangpun menginginkannya. Bisa saja anda tidak terus-terusan mendapatkan untung, namun tak jarang kerugian dapat anda alami, oleh sebab itu untung dan rugi adalah hal biasa bagi sebagian orang. Tetapi tentu tak seorang pun yang mau rugi terus menerus, atau menjalan bisnis yang tidak berkembang sama sekali.

Jika anda membuka usaha kecil menengah atau UKM, anda perlu mengetahui apa keinginan pasar atau kinsumen. Karena itu adalah target pasar yang harus anda capai. Hal ini jadi tolak ukur agar bisnis bisa dijalankan dengan efektif dan efisien tanpa membuang waktu yang tidak penting untuk bereksperimen.

Maka dari itu, anda sebagai pengusaha harus memahami keinginan pelanggan agar bisnis anda dapat berkembang dan dagangan anda laris manis di pasaran.

1. Posisikan Anda Sebagai Pembeli

Cobalah untuk memposisikan diri anda sebagai pelanggan atau pembeli, tiada salahnya anda mencoba merasakan menjadi pembeli atas barang dagangan anda. Dengan mencoba hal ini, anda bisa memiliki sudut pandang yang baru.

Saat memposisikan diri sebagai pembeli, maka bertanyalah pada diri anda sendiri, apakah anda memerlukan produk tersebut? Kemudian hal apa yang anda paling harapkan untuk produk tersebut.

Cara ini dapat meningkatkan kepercayaan anda terhadap bisnis anda, apakah benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang atau tidak, dan menyadari nilai utama dari bisnis yang anda jalankan tersebut.

2. Lakukan Survei Untuk Memperoleh Data Akurat

Dalam menjalankan sebuah bisnis, mengetahui kondisi pasar saat ini adalah hal yang sangat penting. Dan cara untuk mendapatkan data pasar yang akurat adalah dengan melakukan survei terhadap pasar.

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, maka manfaatkan lah teknologi itu untuk melalukan survei. Lakukan lah survei secara online, karena dengan cara ini anda akan lebih mudah menjangkau masyarakat luas.

Buatlah survey yang mengandung pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan bisnis anda untuk mendukung pengukuran data target pasar anda.

3. Survey Langsung Kepada Pembeli Tentang Produk Anda

Ketika bertanya langsung kepada pelanggan tentang kepuasan mereka, akan sangat terbantu dalam memahami keinginan pelanggan. Anda bisa mulai membuka pembicaraan yang marah pada tujuan anda.

Survey Langsung Kepada Pembeli Tentang Produk Anda

Keinginan dan kepuasan pelanggan dapat langsung anda ketahui dari pertanyaan yang anda berikan kepada mereka. Sebagai contoh, jika anda membuka usaha kuliner, anda bisa menanyakan langsung tentang rasa, kelebihan dan kekurangan dari makanan yang anda jual. Dan tanyakan juga apa makanan yang sedang banyak di cari orang. Dengan begitu, anda dapat mengetahui makanan apa yang sedang best seller serta bagaimana cara meningkatkan penjualan anda.

Jangan lupa untuk menyampaikan kepada mereka saran dan kritik yang membangun untuk bisnis anda agar tetap berjalan lancar.

Baca Juga : 5 Usaha Yang Akan Membuat Hari Tua Anda Sejahtera

4. Berikan Promo dan Diskon

Sudah menjadi rahasia umum, jika pelanggan cenderung memilih barang yang sedang diskon dibandingkan barang reguler. Dengan memberikan diskon akan menarik perhatian pelanggan terhadap produk anda. Maka dari itu, tidak heran jika barang yang sedang promo atau diskon akan lebih cepat luder terjual dibandingkan barang reguler.

Maka dari itu, buatlah sebuah promo untuk produk anda dalam waktu-waktu tertentu, misal ketika momen ramadhan, natal, tahun baru dan hari-hari besar lainnya.

5. Cari Tau Keinginan Pelanggan Dari Karyawan

Setiap pemilik usaha, memiliki karyawan atau orang yang paling dipercayanya. Tangan kanan anda tersebut terkadang lebih mengetahui keinginan pasar dibandingkan anda sendiri, apalagi karyawan dibagian penjualan. Tanyakan kepada mereka tentang perilaku konsumen yang selama ini mereka layani, apa yang mereka mau dan tidak sukai.

Karena karyawan bagian penjualan merupakan garda depan usaha anda bertemu pada konsumen. Dengan bertanya kepada mereka, anda dapat memperoleh data yang anda perlukan untuk survey pasar anda tanpa harus report-repot membuat survey sendiri.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini