TrawlBens - Dalam berbisnis, terkadang terdapat kendala ketika menjalankan bisnisnya sendiri. Oleh sebab itu berbisnis bersama teman dan sahabat sendiri bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Apalagi jika dibandingkan berbisnis bersama orang yang baru dikenal, berbisnis bersama sahabat dapat memudahkan anda karena sudah mengenal karakter teman anda. Tetapi tidak selamanya berbisnis bersama sahabat sendiri akan berjalan sesuai keinginan.

Agar bisnis yang anda jalankan bersama teman bisa awet dan bertahan lama, anda harus simak tips berikut ini.

Komitmen dan Setarakan Posisi

Salah satu cara membuat bisnis yang anda jalankan bersama teman anda adalah tetap berkomitmen dan pastikan posisi anda dan teman anda setara dalam menjalankan bisnis tersebut. Pilihlah bisnis yang dasar-dasarnya dapat kalian kuasai berdua untuk menghindari resiko salah satu terlalu dominan.

Setelah berkomitmen seperti itu, lalu kalian harus menyetarakan porsi kalian masing-masing. Lalu jangan lupa untuk introspeksi diri, apakah yang anda lakukan ini baik untuk bisnis yang kalian jalankan berdua. Kemudian salinglah melengkapi satu sama lain agar bisnis yang anda jalankan berdua tidak hanya sukses di awal, melainkan hingga waktu jangka panjang.

Buat Perjanjian Kerja Sama

Meskipun anda menjalankan bisnis dengan sahabat baik anda sendiri, sangat penting untuk memperjelas untuk batas antara hubungan kerja dan hubungan personal di antara kalian dalam bentuk hitam di atas putih. Maksudnya adalah, perlu dibuat surat perjanjian kerja sama yang jelas. Dengan adanya perjanjian ini, anda dapat mengatur skenario yang baik jika ada masalah yang terjadi pada bisnis tersebut di kemudian hari.

Misalkan saja ketika teman anda lalai melakukan kewajibannya, anda dapat menegur teman anda dalam konteks rekan bisnis, bukan sebagai sahabat sehingga bisnis tetap berjalan profesional.

Samakan Visi dan Misi

Secara umum, menentukan visi dan misi bisnis itu terkadang susah-susah gampang, namun bila anda mau berbisnis dengan seseorang dalam hal ini adalah teman anda sendiri, maka visi dan misi anda dan teman anda haruslah sama. Adanya visi dan misi yang sama, akan mempermudah anda dan teman anda dalam mengambil keputusan sebab pikiran di antara kalian sudah sejalan.

berbisnis bersama teman

Karena jika dibandingkan dengan menyamakan perspepsi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapai, kembali pada visi dan misi awal adalah langkah yang jauh lebih baik. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya hubungan yang tidak sehat antara anda dan teman anda.

Ketahui Hak dan Kewajiban Masing-Masing

Mengetahui secara jelas tentang hak dan kewajiban kalian adalah hal yang sebaiknya diterapkan jika ingin memulai bisnis bersama sahabat anda. Pembagian tugas, tanggung jawab dan hak di antara kalian haruslah jelas di awal sebelum memulai bisnis tersebut. Oleh sebab itu, diskusikan lah terlebih dahulu pembagian tugas anda dan hak yang berhak anda dapatkan berupa provit.

Selain itu, diskusikan juga mengenai kewajiban di antara kalian secara transparan dan terbuka. Karena transparansi dalam berbisnis bersama sahabat adalah modal yang paling penting agar bisnis yang kalian jalani bisa awet. Karena jika tidak, bukan hanya bisnis anda yang akan hancur, tetapi persahabatan anda dengan teman anda juga ikutan hancur.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Junjung Tinggi Profesionalitas

Satu hal yang harus anda tekankan ketika berbisnis dengan teman sendiri adalah mengesampingkan kepentingan personal dan soal kerjaan. Karena bisnis itu ya bisnis, teman ya teman. Jadi jangan samakan antara keduanya. Anda harus mampu membedakan situasi dan mengesampingkan masalah pribadi bila terjadi konflik antara anda dan teman anda ketika menjalankan bisnis. Tetaplah bersikap profeisonal jika mau bisnis yang anda jalani ini awet dan berjalan lancar hingga ke depannya.

Itulah beberapa tips yang sebaiknya anda terapkan jika ingin membuka bisnis dengan sahabat anda sendiri. Selain itu jagalah komunikasi yang baik antara anda dan teman anda. Karena dengan begitu, kepercayaan satu sama lain antara kalian berdua dapat terbangun dan kesuksesan dapat kalian rasakan bersama. Semoga berhasil.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini