TrawlBens - Dunia bisnis dan industri tidak bisa dipisahkan dari layanan jasa ekspedisi dan jasa kargo. Kedua jasa ini memegang peranan penting dalam pengiriman barang, dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga selalu menjadi bagian dalam proses bisnis yang berjalan. Terlebih untuk bisnis yang dilakukan antar pulau, otomatis sumbangsih jasa ekspedisi dan jasa kargo menjadi semakin penting.

Nah, pada artikel yang cukup panjang ini, mari kita sedikit membaca dan mengetahui lebih jauh mengenai serba-serbi di dalam bisnis jasa ekspedisi dan jasa kargo. Dengan mengetahui lebih dalam seluk-beluk bisnis ini, diharapkan Anda bisa mengambil keputusan terbaik dan mendapatkan keuntungan yang paling besar untuk bisnis yang Anda jalankan saat ini.

Jasa Ekspedisi dan Jasa Kargo, Apa Bedanya?

Tidak jarang masyarakat awam masih bingung, sebenarnya apa beda antara jasa ekspedisi dan jasa kargo? Untuk memberikan gambaran umum, Anda bisa lihat ulasannya berikut ini.

Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi merupakan layanan pengiriman barang atau dokumen yang memiliki batas minimal kirim relatif kecil. Bahkan pada banyak layanan yang diberikan, tidak ada berat minimal yang ditetapkan. Biasanya berat minimal yang digunakan adalah per 1 kilogram, untuk memudahkan pendataan dan pencatatan.

Layanan ekspedisi awam digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengiriman secara konvensional. Jika beberapa tahun yang lalu pengiriman masih mengandalkan layanan dari POS INDONESIA, kini masyarakat bisa menggunakan beragam jasa ekspedisi dengan pilihan fitur dan benefit yang juga beragam.

Jasa ekspedisi juga memiliki estimasi barang diterima yang relatif singkat, dan ini jadi kelebihan dari bisnis dengan jenis ekspedisi. Selain itu batasan pengiriman yang kecil membuat total biaya kirim akan lebih masuk akal untuk pengiriman barang berukuran tidak besar. Namun sedikit tantangan dari jasa ekspedisi adalah batasan maksimal pengiriman barang yang relatif kecil atau sedikit.

Anda bisa lihat penjelasan lebih lanjut di artikel ini : Pengertian Jasa Ekspedisi Beserta Manfaatnya

Jasa Kargo

Jasa kargo, di sisi lain, merupakan layanan pengiriman barang yang memiliki batas minimal kirim lebih besar. Pada beberapa layanan yang benar-benar berdedikasi pada kepuasan pelanggannya, batas kirim yang diberikan hanya 10 kilogram saja. Terdengar lebih besar? Tentu tidak jika Anda bandingkan dengan total ongkir yang akan dibebankan pada Anda dengan ukuran berat yang sama.

Layanan kargo biasanya menjadi opsi terbaik untuk digunakan oleh pebisnis atau orang yang ingin mengirimkan barang dalam ukuran besar, atau barang yang berat. Ya, besar dan berat ini dalam arti harfiah, seperti pengiriman dalam kontainer, pengiriman kendaraan berat, pengiriman alat industri, pengiriman bahan baku produksi, dan lain sebagainya.

Memang mungkin jasa kargo tidak terlalu populer di kalangan masyarakat awam yang sering melakukan pengiriman dalam jumlah kecil. Namun untuk kalangan pebisnis, jasa kargo jadi satu faktor penting yang mendukung berjalannya bisnis mereka. Keunggulan utama dari jasa kargo terletak pada kapasitas pengiriman yang besar, jaminan packing berstandar, serta jumlah total ongkos pengiriman per kilogram yang jauh lebih murah. Tantangan terbesar yang dihadapi jasa kargo sendiri adalah waktu pengiriman yang lebih lama dibandingkan jasa ekspedisi, karena biasanya mengandalkan transportasi darat dan laut.

Perbedaan yang Jelas

Dengan melihat penjelasan di atas, mungkin Anda sudah mulai mendapat gambaran apa perbedaan kedua jasa pengiriman ini. Meski sama-sama digunakan untuk mengirimkan barang, namun terdapat perbedaan yang cukup jelas di antara keduanya, sehingga secara langsung juga membedakan segmen pasar yang mereka miliki.

Ekspedisi cenderung digunakan untuk :

·         Pengiriman jumlah kecil.

·         Perlu sampai dengan cepat.

Kargo digunakan untuk :

·         Pengiriman barang dalam jumlah besar.

·         Ongkir yang terjangkau untuk memperbesar margin keuntungan.

Tapi apa jadinya jika tersedia jasa kargo, dengan minimal pengiriman yang kecil, dengan jangkauan yang sangat luas, dan dengan standar packing tinggi yang menjamin keselamatan barang yang Anda kirimkan? Apalagi, jasa kargo ini bisa digunakan semudah menggunakan aplikasi on demand lainnya, apakah Anda tertarik?

Cakupan Area Layanan Pengiriman Barang

Kedua layanan ini tentu memberikan cakupan area layanan pengiriman barang yang sangat luas, sebab apa yang akan menjadi nilai jual jika cakupan areanya tidak luas bukan? Setiap layanan memberikan keleluasaan pengiriman barang dari dan ke seluruh area di Indonesia. Bahkan beberapa ada yang memberikan layanan pengiriman dari dan ke luar negeri secara langsung.

Cakupan layanan yang luas ini akan memberikan kemudahan bagi setiap pelanggan jasa tersebut untuk melakukan pengiriman. Semakin luas cakupan areanya, maka semakin baik pula pelayanan yang diberikan. Akan sangat menyebalkan tentu ketika Anda ingin mengirim satu barang atau paket ke wilayah NTB misalnya, namun jasa pengiriman yang akan Anda gunakan tidak menyediakan rute pengiriman tersebut. Anda harus banyak membuang waktu untuk melakukan pengecekan, mencari jasa pengiriman lain, belum lagi membandingkan harga, dan hal lain yang memakan banyak waktu.

Semua hal ini akan jauh lebih mudah jika bisa dilakukan dengan aplikasi di smartphone Anda bukan?

Pulau dan Kota Besar Di Indonesia Jadi Tujuan Utama

Hingga saat ini, pengiriman dari dan keluar pulau Jawa jumlahnya terus meningkat. Salah satu faktor besarnya adalah karena pembatasan mobilitas yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang kini menyebabkan pandemi. Praktis semua perpindahan barang yang tadinya bisa menggunakan jalur transportasi biasa, harus dialihkan ke jalur ekspedisi dan kargo.

Pulau-pulau besar di Indonesia menjadi tujuan utama dari pengiriman paket dan barang ini. Mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, dan seluruh Jawa, hampir setiap jasa pengiriman menjadi bisnis yang justru semakin kuat karena permintaan yang terus meningkat. Untuk cakupan pengiriman yang biasanya disediakan oleh jasa ekspedisi dan kargo sendiri biasanya akan menyasar kota besar. Berikut sedikit uraian singkat area cakupan paling umum yang biasanya disediakan.

Untuk area Sumatera, adalah Sumatera Utara (mencakup Medan dan sekitarnya), D.I Aceh (mencakup Banda Aceh dan sekitarnya), Riau (mencakup area Pekanbaru dan sekitarnya), Sumatera Barat (mencakup area Padang dan sekitarnya), Sumatera Selatan (mencakup Palembang dan sekitarnya), Lampung (area Bandar lampung dan sekitarnya), Bengkulu (area Bengkulu dan sekitarnya), Jambi (mencakup wilayah Jambi dan sekitarnya), Kepulauan Riau (mencakup area Batam, Tanjung Pinang dan sekitarnya), dan Bangka Belitung (mencakup area Pangkal Pinang dan sekitarnya).

Untuk area Jawa, Bali, dan Mataram, adalah Jawa Barat (area Bandung dan sekitarnya), Daerah Istimewa Yogyakarta (dan sekitarnya), Jawa Timur (area Surabaya dan sekitarnya), Jawa Tengah (area Semarang dan sekitarnya), Bali (area Denpasar dan sekitarnya), dan Nusa Tenggara Barat (area Mataram dan sekitarnya).

Untuk area Sulawesi dan Gorontalo, adalah Sulawesi Selatan (area Makassar dan sekitarnya), Sulawesi Tengah (area Palu dan sekitarnya), Sulawesi Utara (area Manado dan sekitarnya), Sulawesi Tenggara (area Kendari dan sekitarnya), dan Gorontalo (area Gorontalo dan sekitarnya).

Untuk area Kalimantan, adalah Kalimantan Selatan (area Banjarmasin dan sekitarnya), Kalimantan Tengah (area Palangkaraya dan sekitarnya), Kalimantan Utara (area Tarakan, Tanjung Selor dan sekitarnya), Kalimantan Barat (area Pontianak dan sekitarnya), dan Kalimantan Timur (area Balikpapan dan sekitarnya).

Untuk area Maluku, adalah Maluku (area Ambon dan Tuai).

Untuk area Papua, adalah Papua (area Jayapura dan sekitarnya), dan Papua Barat (area Manokwari dan sekitarnya).

Juga Mencakup Kota dan Kabupaten Lebih Kecil

Pada setiap pulau yang disebutkan di atas, layanan pengiriman tak hanya akan berhenti pada kota besarnya saja, namun juga mencapai ke kota dan kabupaten lebih kecil. Secara mendasar, hal ini memang jadi service utama dari setiap jasa pengiriman, baik ekspedisi atau kargo. Jadi idealnya Anda semua bisa mengirimkan barang dari dan ke setiap alamat tersebut secara mudah.

Namun demikian hingga saat ini, pengiriman untuk area Indonesia Timur masih menjadi tantangan untuk semua pebisnis ekspedisi dan kargo. Selain waktu pengiriman yang memang lebih lama dari rata-rata pengiriman ke pulau-pulau lain di Indonesia Barat dan Indonesia Tengah, tantangan pada kondisi geografis juga menjadi pekerjaan rumah besar. Maka dari itu, biasanya ongkir atau tarif yang dikenakan untuk area pengiriman Indonesia Timur relatif lebih besar daripada area-area lainnya.

Untuk pengiriman antar pulau, armada yang digunakan adalah pesawat atau kapal. Sedangkan untuk pengiriman dari titik ke titik ketika paket dan kiriman sampai di satu pulau, maka armada yang digunakan adalah truk, mobil, atau bahkan motor. Semua dilakukan demi agar barang bisa sampai pada alamat tujuan, sehingga penerima tak perlu mendatangi agen untuk mengambil barang.

Layanan seperti ini disebut dengan layanan door to door, artinya ketika order selesai dibuat, data akan masuk dan diproses oleh sistem. Dalam waktu singkat, Anda akan dihubungi untuk penjemputan barang, pendataan, kemudian barang akan mulai diproses. Ketika barang sudah menyeberang pulau, baru kemudian paket dikirimkan ke alamat penerima hingga barang sampai.

Rentang Harga dan Perhitungan Dasar yang Digunakan

Pada jasa ekspedisi, biasanya rentang harga akan diberikan berdasarkan berat dari barang yang dikirimkan. Harga per kilogramnya akan cenderung tetap, sehingga Anda tidak akan mendapat keuntungan ketika mengirimkan barang dengan ukuran atau berat yang lebih besar. Perbedaan utama dalam perhitungan harga dan biaya ini yang menyebabkan jasa kargo lebih dipilih ketika pengiriman dalam jumlah besar akan dilakukan.

Pengiriman Jumlah Kecil dengan Ekspedisi

Untuk pengiriman dalam jumlah kecil, memang biasanya jasa ekspedisi lebih dipilih. Selain bisa mengirimkan paket dengan lebih cepat, pengiriman dengan ekspedisi juga menawarkan harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan jasa ekspedisi menghitung barang dengan satuan per kilogram, jadi barang yang dikirim akan ditimbang terlebih dahulu, dan ongkos kirim dihitung berdasarkan berat aktual yang tertera di timbangan.

Namun demikian, terkadang untuk bisnis UMKM yang mulai membutuhkan kapasitas pengiriman lebih besar akan keberatan dengan perhitungan ini. Lambat laun seiring pertambahan volume dan kapasitas kirim, segmen ini kemudian memilih pengiriman dengan jasa kargo karena memberikan tarif per kilogram lebih murah jika ditotal.

Pengiriman Jumlah Besar dengan Kargo

Jasa kargo sendiri, di sisi lain, menyediakan tarif per kilogram lebih murah ketika barang yang dikirim semakin berat. Meski demikian, keterbatasan jasa kargo biasanya terletak pada minimal pengiriman barang yang cukup besar, antara 50 hingga 100 kilogram. Jadi sederhananya ketika Anda menggunakan jasa kargo untuk mengirim barang dengan berat (aktual dan volume) kurang dari angka minimal yang diberikan, Anda tetap harus membayar sejumlah ongkir minimal (ongkir per kilogram dikalikan dengan minimal berat barang yang dikirim).

Nah, inovasi kemudian muncul, dimana kini tersedia jasa ekspedisi dengan minimal pengiriman yang jauh lebih kecil. Anda bisa menggunakan jasa kargo yang satu ini dengan minimal berat barang hanya 10 kilogram saja. Tentu saja ini akan sangat menarik, karena Anda bisa menikmati perhitungan ongkir kargo, namun dengan ukuran paket konvensional yang lebih kecil.

Harga standar kargo juga masih diterapkan. Jadi ketika barang yang dikirim semakin berat, maka ongkir per kilogramnya akan semakin murah. Perhitungan ini sangat cocok untuk bisnis UMKM, serta bisnis lain dengan ukuran yang lebih besar dan secara reguler harus melakukan pengiriman paket atau barang dalam jumlah banyak. Tentu ini akan berpengaruh pada perhitungan margin keuntungan yang didapatkan.

Pada jasa layanan kargo yang akan disebutkan belakangan, bahkan harga per kilogram termurah yang ditawarkan adalah Rp.2.500 untuk pengiriman mencapai 5000 kilogram. Menarik bukan?

Jika Anda tertarik mencoba cek tarif, Anda bisa gunakan fitur ini:

Sekilas Mengetahui Perhitungan Rumus Kubik dan Volume

Tidak banyak yang secara detail memahami kedua hal tersebut. Padahal dalam dunia pengiriman kargo, menggunakan rumus kubik dan menghitung volume paket atau barang yang dikirimkan adalah proses krusial. Dengan perhitungan yang benar, Anda bisa mendapatkan angka pasti total ongkir yang harus dibayarkan.

Memang sebenarnya hal ini merupakan kewajiban dari agen atau penyedia jasa kargo yang akan Anda gunakan. Tapi bukankah lebih baik jika Anda juga sedikit mengetahui cara yang digunakan untuk menghitung paket yang akan Anda kirimkan? Dengan begini, Anda bisa menyiasati paket tersebut agar mendapatkan harga paling terjangkau dengan perhitungan yang benar.

Perhitungan Volume Pengiriman dengan Jalur Darat dan Laut

Pertama mari kita melihat cara perhitungan volume paket untuk pengiriman jalur darat dan laut. Yang wajib dipahami pertama adalah dimensi panjang, lebar, dan tinggi dari paket yang akan dikirimkan. Ukuran perhitungan volume ini sendiri akan digunakan ketika dimensi barang yang dikirim besar, sedangkan berat aktual yang ditunjukkan pada timbangan terlalu kecil.

Misalnya untuk barang dengan berat aktual hanya 5 kilogram, namun memiliki ukuran dimensi 60 x 60 x 60 cm, maka perhitungan volume yang digunakan adalah :

Panjang x Lebar x Tinggi : 4000

\= 60 x 60 x 60 : 4000

\= 54 kilogram.

Dengan perhitungan ini, maka otomatis berat aktual tidak akan digunakan sebagai variabel penghitungan ongkir, namun akan langsung merujuk pada berat volume yang sudah diukur ini. Jadi dalam perumpamaan ini, berat total yang akan ditanggung oleh Anda sebagai pengirim adalah 54 kilogram dikalikan dengan harga ongkir per kilogram yang diberikan oleh jasa kargo.

Lalu Bagaimana dengan Perhitungan Volume Pengiriman dengan Pesawat?

Sedikit berbeda dengan perhitungan volume yang digunakan dalam pengiriman via darat dan laut, rumus perhitungan yang digunakan dalam pengiriman udara menggunakan variabel tetap 6000 sebagai pembaginya. Jadi, dengan angka barang yang sama dengan perhitungan sebelumnya, hasil hitung-hitungan kasarnya adalah sebagai berikut.

Panjang x Lebar  x Tinggi : 6000

\= 60 x 60 x 60 : 6000

\= 36 kilogram.

Memang angkanya akan lebih kecil, namun tarif pengiriman kargo via udara akan lebih tinggi per kilogramnya. Sebagai sedikit disclaimer, perhitungan ini belum memasukkan variabel packing kayu yang biasanya direkomendasikan oleh jasa pengiriman ketika mengirimkan barang yang memerlukan proteksi lebih baik.

Untuk Penghitungan Kubik Pengiriman Darat dan Laut, Begini Rumusnya

Perhitungan kubik sendiri awam digunakan untuk pengiriman barang melalui kargo laut. Pada dasarnya, perhitungan metode ini menggunakan dua dasar jelas, yakni perhitungan berat dalam ton, serta perhitungan kubik total seluruh barang.

Kali ini kita sedikit bahas mengenai perhitungan kubik yang digunakan, karena untuk perhitungan berdasarkan beratnya, Anda tinggal melakukan penimbangan saja. Secara sederhana, rumus yang digunakan untuk menghitung adalah sebagai berikut.

Panjang x Lebar x Tinggi : 1000000.

Melihat variabel pembaginya saja, dapat diperkirakan perhitungan ini hanya digunakan untuk pengiriman barang yang memakan ruang cukup besar. Mari kita andaikan barang yang dikirim memiliki dimensi panjang 300 cm, lebar 300 cm, dan tinggi 300 cm, maka perhitungan kubik yang digunakan adalah sebagai berikut.

Panjang x Lebar x Tinggi : 1000000

\= 300 x 300 x 300 : 1000000

\= 27 meter kubik

Nah, hasil akhir inilah yang dijadikan acuan penghitungan ongkir dengan dasar kubikasi. Untuk pengiriman partai besar, biasanya pelanggan lebih memilih penghitungan dengan metode kubikasi agar dapat mengurangi ongkir dalam jumlah yang signifikan.

Konsultasi dengan Pihak Jasa Kargo

Jika Anda masih bingung dengan penghitungan apa yang kira-kira akan digunakan, Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan pihak jasa kargo yang Anda pilih. Idealnya, layanan konsumen bisa memberikan rekomendasi terbaik untuk pengiriman kargo yang akan Anda lakukan. Selain agar Anda bisa mendapatkan harga paling tepat, Anda juga akan bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak mengenai metode perhitungan yang dilakukan.

Perlu diingat, bahwa rumus yang disampaikan pada bagian sebelumnya tersebut merupakan rumus umum saja. Jadi mungkin jasa kargo yang Anda gunakan memiliki perhitungan sendiri, sehingga bisa saja hasil perhitungannya berbeda. Tentu saja satu variabel lagi yang pasti berbeda antara satu penyedia layanan dengan yang lain, adalah tarif per kilogram yang ditetapkan oleh jasa kargo tersebut.

Jadi ada baiknya Anda mencari tahu dengan detail mengenai harga, metode penghitungan, dan berbagai hal lain yang terhubung dengan urusan pengiriman kargo yang Anda miliki.

Jasa Kargo Memiliki Standar Packing yang Jelas untuk Melindungi Barang Kiriman

Pengiriman menggunakan kargo selalu memiliki resiko kerusakan barang ketika pengiriman. Bukan karena kualitas layanan yang kurang baik, namun murni karena sebab alami ketika barang dikirim. Pengiriman kargo lintas pula menempuh jarak yang cukup jauh, dengan menggunakan beberapa armada dalam prosesnya, sehingga resiko kerusakan cukup tinggi.

Pada jasa kargo yang berkualitas, biasanya Anda akan diberikan rekomendasi untuk menggunakan packing yang lebih aman. Tujuannya adalah untuk meningkatkan proteksi pada paket yang Anda miliki, sehingga tidak mengalami kerusakan akibat benturan, gesekan, atau sebab lain yang bisa mencederai kesempurnaan barang.

Pada kargo-kargo besar, opsi packing yang disediakan adalah mulai dari packing kayu, hingga rekomendasi menyewa kontainer secara khusus guna pengiriman barang yang memiliki volume besar.

Baca juga : Ini Bahan dan Cara Packing Barang yang Benar

Kontainter

Kontainer ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang industri, mobil mewah atau barang yang bernilai tinggi. Tentu saja packing dengan menggunakan kontainer akan jauh lebih aman karena secara khusus Anda menyewa satu kontainer untuk digunakan sendiri. Praktis tak ada barang lain yang meningkatkan resiko benturan.

Packing Kayu

Di sisi lain, packing kayu merupakan metode packing paling mendasar untuk digunakan mengirim berbagai barang untuk memberikan proteksi lebih tinggi. Dengan penggunaan kayu sebagai materi packing, maka barang akan memiliki perlindungan lebih baik pada kontak fisik dengan barang di sekitarnya, dan ini dapat menekan resiko kerusakan.

Penambahan Volume pada Packing

Konsekuensi memberikan perlindungan ekstra ini adalah volume barang yang dikirim secara total akan meningkat. Hal ini secara langsung pula berpengaruh pada perhitungan ongkos kirim yang dibebankan pada Anda sebagai pengirim. Namun logikanya, jika barang memang membutuhkan perlindungan ekstra, maka nilai barang tersebut tentu tinggi bukan? Maka rasanya tak masalah jika Anda harus menambah sedikit ongkos untuk menggunakan packing yang direkomendasikan oleh jasa kargo yang akan Anda gunakan.

Hubungi Layanan Konsumen dan Marketing

Jika Anda masih ragu dengan pengemasan barang yang akan dikirimkan, jangan ragu untuk menghubungi customer service atau pihak lain yang berkaitan. Pada layanan-layanan berkualitas tinggi, Anda akan diberikan pertimbangan dan rekomendasi terkait urusan packing yang akan dilakukan. Pertimbangan ini diberikan berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh pihak jasa pengiriman, sehingga bisa dipastikan rekomendasi yang diberikan adalah yang terbaik untuk proteksi barang Anda.

Agen-agen dan mitra resmi jasa pengiriman juga merupakan orang-orang profesional, yang memahami benar bagaimana proteksi yang wajib diberikan untuk setiap barang yang dikirim. Anda bisa secara langsung mendatangi agen atau mitra terkait, untuk meminta pertimbangan perihal packing barang yang akan Anda kirim. Keselamatan dan keamanan barang, akan selalu menjadi prioritas semua pihak yang terkait dalam proses pengiriman ini.

Standar packing yang diterapkan oleh setiap jasa pengiriman sudah seharusnya jadi faktor penting lain yang tak boleh dilewatkan dalam pertimbangan Anda. Profesionalitas dalam packing barang yang dikirimkan oleh setiap pelanggan, berapapun ukuran dan jenis barang yang diberikan, merupakan syarat mendasar bagi layanan pengiriman kargo untuk dapat dikatakan berkualitas.

Mengenal Beberapa Istilah dalam Dunia Kargo

Setelah memetakan sedikit banyak mengenai dunia kargo dan ekspedisi, mari kita juga mencoba mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia kargo. Pemahaman ini bisa jadi persiapan berguna jika Anda sedang mengembangkan bisnis Anda untuk mencakup pemasaran antar pulau di Indonesia. Sangat tidak masuk akal jika Anda mengirimkan barang yang Anda miliki dalam jumlah besar dan masih menggunakan jasa ekspedisi bukan?

  • Shipper : merupakan istilah untuk pengirim barang yang berisi nama dan alamat lengkap, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Consignee : adalah istilah untuk penerima barang. Sama seperti Shipper, harus ada informasi nama lengkap, alamat, serta nomor telepon lengkap.
  • Vessel : merupakan armada kapal yang digunakan untuk mengirimkan paket.
  • Voy / Voyage : adalah nomor keberangkatan kapal.
  • Description of goods : adalah deskripsi barang yang tercantum pada kemasan atau packing, lengkap dengan Bill of Lading.
  • Gross weight : adalah berat kotor dari barang dan kemasan barang atau packing secara total. Sederhananya berat keseluruhan paket yang dikirimkan.
  • Net weight : adalah berat bersih dari barang tanpa ditotal dengan berat packing.
  • LCL atau Less than Container Load : merupakan istilah untuk menyebutkan bahwa pengiriman barang dilakukan namun kapasitasnya di bawah standar kapasitas muat kontainer.
  • FCL atau Full Container Load : adalah pengiriman barang yang kapasitasnya penuh untuk satu kontainer.
  • CY atau Container Yard : yakni mode pengiriman dari tempat penumpukan peti kemas.
  • Door : adalah alamat gudang atau lokasi asal, dan lokasi pengambilan barang yang akan dikirim.
  • ETD atau Estimation Time of Departure : merupakan waktu perkiraan keberangkatan kapal.
  • ETA atau Estimation Time of Arrival : merupakan waktu perkiraan kedatangan kapal. Ingat, ini adalah waktu perkiraan keberangkatan dan kedatangan kapal, bukan barang yang Anda kirimkan.
  • B/L atau Bill of Lading : merupakan konosemen atau bukti pengiriman dan pengambilan barang.
  • P.O.L atau Port Of Loading : merupakan pelabuhan muat.
  • P.O.D atau Port Of Discharge : merupakan pelabuhan bongkar.
  • UTPK : merupakan kependekan dari Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
  • DEPO : adalah tempat penumpukan kontainer kosong.
  • O/S atau Open Stack : merupakan waktu dibukanya kontainer atau barang boleh ditempatkan di gudang atau UTPK.
  • C/T atau Closing Time : merupakan waktu penutupan masuk atau penumpukan barang di gudang atau UTPK.
  • DO atau Delivery Order : merupakan surat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
  • Stuffing : adalah proses pemuatan barang masuk ke dalam kontainer.
  • Stripping : adalah proses pembongkaran barang keluar dari dalam kontainer.
  • Part of Shipment : adalah pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer, yang didalamnya terdapat beberapa nama shipper namun dengan tujuan satu consignee.
  • Dry Container : adalah istilah yang digunakan untuk menyebut muatan barang biasa di dalam kontainer (besi, sembako, keramik, cat, bahan bangunan, dan sebagainya.
  • Reefer Container : adalah kontainer dengan pengatur suhu dingin, dan biasa digunakan untuk mengirim bahan makanan beku (ikan, buah, sayur, dan sejenisnya).

Mari Berkenalan dengan TrawlBens, Jasa Kargo Berbasis Aplikasi Pertama

TrawlBens, merupakan jasa kargo pertama yang menggunakan aplikasi sebagai basis operasionalnya. Aplikasi TrawlBens sendiri bisa dengan mudah diunduh pada PlayStore, dan segera Anda gunakan setelah melakukan registrasi. Anda tinggal memasukkan data yang diperlukan, seperti data diri Anda sebagai pengirim, kemudian alamat tujuan secara lengkap, perkiraan berat barang yang akan dikirim, dan memilih layanan penjemputan yang akan datang ke lokasi Anda.

Ya, TrawlBens telah bekerjasama dengan banyak agen untuk dapat menyediakan layanan penjemputan, sehingga Anda benar-benar tidak perlu keluar dari rumah. Tinggal menggunakan aplikasinya dengan cepat, pemesanan layanan kargo bisa segera dibuat. Tentu ini bertujuan untuk memudahkan urusan Anda, sehingga Anda tak perlu membuang waktu mengurus banyak hal. Pemesanan layanan kargo tidak pernah semudah ini.

Fitur dan Layanan dari TrawlBens

TrawlPack

Merupakan layanan andalan dari TrawlBens, guna melayani pengiriman barang. Baik dalam skala ekspedisi (dibawah 10 kilogram), hingga skala kargo (di atas 100 kilogram), semua bisa menggunakan layanan yang satu ini. Uniknya lagi, Anda bisa mendapatkan layanan penjemputan ketika memesan layanan TrawlPack menggunakan aplikasi TrawlBens. Area pengirimannya juga luas, sudah mencakup Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Mataram dan Bali, serta seluruh Jawa.

TrawlHeavy

TrawlHeavy adalah layanan pengiriman alat berat ke seluruh wilayah Indonesia. Tentu saja, keamanan dan keselamatan alat berat yang Anda kirimkan akan jadi prioritas. Disamping itu, Anda juga akan mendapatkan penawaran harga yang sangat menarik untuk jenis layanan ini. Biasanya alat berat yang dikirim guna keperluan industri adalah excavator, bulldozer, forklift, mobile crane, dan sejenisnya.

TrawlFeet

Layanan TrawlFeet merupakan layanan penyewaan kontainer guna pengiriman kargo yang lebih aman. Di sini, paket yang Anda kirimkan akan dimuat dalam satu kontainer tersendiri, sehingga harga akhir yang harus Anda bayar akan jauh lebih murah ketika ruang dalam kontainer tersebut difungsikan maksimal. Varian kontainer yang ditawarkan adalah 20 feet, 40 feet, dan beberapa ukuran lainnya.

TrawlTruck

Jika TrawlFeet memberikan jasa penyewaan kontainer, maka TrawlTruck memberikan jasa penyewaan truk dengan mudah. Nantinya layanan ini juga dapat diakses secara langsung melalui aplikasi TrawlBens yang ada di smartphone Anda, namun saat ini masih dalam pengembangan dan penyempurnaan. Armada yang dipersiapkan juga cukup beragam, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan truk yang Anda miliki.

TrawlExim

Nah, yang selanjutnya adalah layanan jasa ekspor – impor dari TrawlBens. Layanan ini akan membuka rute ke seluruh dunia, sehingga Anda dapat menjalankan bisnis dengan mitra-mitra baru di semua negara tanpa perlu mengalami kesulitan. Sama seperti TrawlTruck, layanan TrawlExim juga masih terus disempurnakan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi Anda, pelanggan setia TrawlBens.

TrawlMover

Untuk Anda yang memerlukan jasa pindahan terpercaya, profesional, dan efektif, TrawlMover akan menjadi solusi terbaik. TrawlMover nantinya akan memberikan layanan jasa pindahan rumah, kantor, pindahan rumah, dan berbagai keperluan pindahan lainnya. Tentu, layanan ini akan didukung dengan armada yang modern, tenaga profesional, serta standar kerja yang tinggi, sehingga semua urusan pindahan Anda bisa diselesaikan dengan waktu cepat dan minim kesalahan.

Jika melihat layanan-layanan yang ditawarkan di atas, Anda tentu sudah dapat memastikan TrawlBens merupakan layanan kargo lengkap, dengan didukung banyak fitur berguna selain pengiriman barang antar pulau. Namun hingga saat ini, TrawlBens baru bisa melaksanakan operasional layanan TrawlPack secara optimal. Sedangkan untuk layanan-layanan lainnya masih dalam tahap pengembangan, agar kemudian ketika diluncurkan bisa benar-benar memberikan pengalaman terbaik untuk setiap pelanggannya.

Order Pengiriman Kargo Menggunakan Aplikasi

TrawlBens sendiri merupakan inovasi terbaru dalam layanan pengiriman kargo. Dengan berbasis aplikasi, TrawlBens ingin menyasar para pengusaha muda, industri usaha mikro, kecil, dan menengah, serta pebisnis-pebisnis yang masih bersemangat dalam memudahkan segala urusan bisnisnya. Bagaimana tidak, pengiriman barang hingga skala 5 ton bisa dilakukan dalam hitungan menit dengan aplikasi yang terus disempurnakan.

Inovasi yang diberikan TrawlBens secara umum memang seperti ingin mendobrak pola lama, yang memiliki kecenderungan berlarut-larut dan kurang efektif dalam industri kargo. Tentu banyak tantangan yang ditemui dalam setiap prosesnya, baik dari sisi internal maupun eksternal. Namun dengan tim yang solid dan terus bersinergi, semua tantangan ini satu per satu dapat diselesaikan, untuk kemudian TrawlBens sebagai startup bidang jasa kargo terus berkembang dan semakin besar.

Pada akhirnya TrawlBens ingin menjadi partner terbaik untuk Anda dalam setiap pengiriman yang dilakukan. Baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah besar, urusan perpindahan barang dalam negeri atau luar negeri, semua bisa diselesaikan dengan satu aplikasi sederhana dan mudah digunakan. Didukung pula dengan tampilan yang sangat mudah dipahami, semua orang pasti bisa menggunakan layanan dari TrawlBens melalui aplikasi ini.

Anda bisa menemukannya dengan mudah di PlayStore dengan mengetikkan TrawlBens sebagai kata kuncinya. Untuk cakupan layanan pada smartphone berbasis layanan iOS sendiri, tim TrawlBens masih terus berusaha mengembangkan aplikasinya agar bisa segera diluncurkan. Tentu saja, ini adalah kesempatan yang baik untuk Anda, selain beragam benefit yang bisa Anda dapatkan, Anda juga bisa membantu TrawlBens tumbuh jadi satu jasa ekspedisi terbaik di tanah air.

TrawlBens, A Super Logistics Apps In Your Hands!

Anda juga bisa membaca artikel terkait Ekspedisi Murah Jakarta Pangkal Pinang untuk mengetahui sekilas perkiraan harga untuk pengiriman Jakarta


Cek Tarif & Lacak Resi

Pilih Kota Pengiriman

Yuks!! Bagikan Artikel Ini