Trawlbens - Sewa Kapal. Di dalam dunia pengiriman barang, dibutuhkan armada yang tepat untuk pengangkutan barang. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam pulau-pulau dari yang kecil hingga besar membuat pengiriman jalur laut pun menjadi suatu jalur pengiriman yang vital.

Kapal merupakan satu-satunya armada yang digunakan untuk pengakutan barang antar pulau. Namun seorang pengusaha kebanyakan tidak memiliki armada kapal sendiri untuk pengiriman barang atau produknya. Melainkan memakai jasa sewa kapal miliki perusahaan kapal yang banyak tersedia di kota-kota besar maupun kecil.

Sewa menyewa kapal sudah lumrah dilakukan oleh para pebisnis yang biasa disebut dengan perjanjian charter kapal. Charter kapal sendiri merupakan sebuah kontrak antara penyewa(chareter) dan pemilik kapal untuk kebutuhan pengakutan barang.

Dalam dunia charter kapal, terdapat beberapa metode penyewaan yang biasa digunakan oleh penyewa dan pemilik kapal. Salah satunya adalah metode Time Charter. Lalu apa itu time charter? Kita akan bahas secara lengkap di artikel ini.

Pengertian Metode Penyewaan Kapal Time Charter

Menurut KUHD pasal 453 ayat 2 KUHD Percarteran menurut waktu atau time charter ialah perjanjian di mana pihak yang satu (yang mencarterkan) mengikatkan diri untuk menyediakan penggunaan sebuah kapal yang ditunjuk bagi pihak lainnya (pencarter), agar digunakan untuk keperluannya guna pelayaran di laut, dengan membayar suatu harga yang dihitung menurut lamanya waktu.

sewa kapal

Yang menjadi pokok perjanjian dalam metode time charter adalah lamanya waktu penyewaan kapal, jadi si penyewa membayar biaya sewa kapal berdasarkan lamanya kapal di sewa, bukan banyaknya muatan atau kemana rute tujuan kapal berangkat. Pada sistem sewa ini semua beban yang terkait dengan kapal seperti gaji ABK, perawatan kapal, perbekalan kapal dan lain-lain menjadi tanggung jawab pemilik kapal (ship owner) sedangkan biaya-biaya saat sandar di pelabuhan, bahan bakar kapal, air minum dan segala biaya yang menyangkut kepentingan si penyewa maka semua beban tersebut menjadi tanggung jawab penyewa.

Ketentuan-Ketentuan Dalam Perjanjian Time Charter

  1. Pihak Penyewa kapal berhak menyewakan kapalnya kembali kepada pihak ketiga atau yang dikenal dengan disponent owner.
  2. Ruangan kapal hanya boleh digunakan sesuai dengan izin yang dibuat pada saat penyewaan.
  3. Nahkoda dan awak kapal harus menaati perintah-perintah dari si penyewa.
  4. Pihak penyewa kapal dilarang melabuhkan kapalnya ditempat yang berbahaya, seperti perairan dangkal dan penuh karang
  5. Perjanjian mengikuti KUHD yang berlaku, kecuali ada persetujuan lain yang dibuat.

TrawlBoat : Layanan Sewa Kapal dari Trawlbens

Trawlbens merupakan perusahaan jasa pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia, memiliki beberapa layanan menarik yang berhubungan dengan dunia ekspedisi atau pengiriman barang. Salah satunya adalah TrawlBoat, yaitu layanan sewa kapal yang dapat digunakan untuk pengiriman barang antar pulau. Namun TrawlBoat bisa disewa bukan hanya untuk kegiatan pengiriman barang saja, layanan sewa kapal TrawlBoat dapat digunakan untuk rekreasi dan kegiatan pemancingan di laut lepas. Layanan ini dapat dengan mudah di pesan melalui aplikasi Trawlbens. Dengan mendownload aplikasi Trawlbens di smartphone anda, lalu pilih Trawlboat. Dengan penyewaan berbasis aplikasi ini, anda jadi bisa membooking jauh hari kapal yang anda gunakan untuk memancing. Satu yang tak kalah penting dari layanan ini adalah, biaya sewa nya yang sangat terjangkau dibandingkan jasa sewa kapal lainnya. Maka dari itu, sewa kapal untuk kegiatan memancing, TrawlBoat adalah pilihannya. Segeralah beralih ke Trawlbens, A Super Logistics App in Your Hand.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini