Trawlbens - Memiliki karir yang cemerlang memang dambaan setiap karyawan. Seorang karyawan dituntut untuk memberikan sesuatu yang lebih kepada perusahaan, sehingga imbalannya perusahaan memberikan reward kepada anda berupa bonus atau kenaikan gaji. Namun menjadi karyawan dengan karir yang bagus tidak bisa hanya didapatkan dengan memberi lebih kepada perusahaan, namun seorang karyawan harus memiliki ketujuh sikap ini :

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Besar

Anda mungkin orang yang pintar, namun di dunia kerja pintar saja tidak cukup. Anda harus menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan. Jadi jangan cepat puas dengan kepintaran yang anda punya.

Buang jauh-jauh sikap apatis atau acuh tak acuh ketika anda berada di dunia kerja. Sebab sifat ini hingga kapanpun tidak akan membawa anda ke jenjang karir yang lebih tinggi. Justru sikap ini akan membuat anda terperosok dan tertinggal dari karyawan-karyawan yang lain.

2. Berani Bertanya

Mengajukan pertanyaan bukan berarti anda bodoh. Ketika ada hal yang tidak anda ketahui mengenai pekerjaan anda, tidak ada salahnya bertanya kepada yang tahu. Anda tidak perlu merasa malu atau gengsi dengan karyawan yang lain apalagi berkaitan dengan pekerjaan. Jika anda malu bertanya, dan anda salah melakukan pekerjaan tersebut, maka akibatnya akan fatal.

Namun sebelum anda bertanya, ada baiknya anda mencari tahu lebih dahulu tentang apa yang anda tidak ketahui. Ketika sudah stuck anda baru dapat bertanya ke orang yang lebih paham tentang apa yang tidak anda ketahui.

3. Terbuka Pada Kritik

Ketika anda menyampaikan sebuah opini, maka ada tiga hal yang terjadi yaitu opini anda diterima, ditolak dan satu lagi di kritik. Ketika anda dikritik, jangan lantas sakit hati atau tersinggung dengan kritikan tersebut. Sebab sejatinya kritikan itu bukan ditujukan untuk menjatuhkan anda, melainkan untuk membangun anda menjadi pribadi yang lebih baik. Maka dari itu, jadikanlah kritikan sebagai pembelajaran dan evaluasi agar lebih baik lagi dalam bekerja.

4. Mau Membuka Diri Pada Lingkungan

Anda mungkin pribadi yang introvert, dan tidak ada yang salah dengan sikap seorang introvert. Tetapi jika di dunia kerja, anda jangan bawa sikap ini. Karena dengan sifat ini anda akan bersikeras dan terlalu berpegang pada prinsip sendiri yang nantinya malah membuat anda sulit berkembang. Sementara jika di dunia kerja, anda harus bisa bersikap dinamis dan fleksibel sehingga ketika mendapat informasi dan ilmu baru, anda bisa dengan mudah menerima nya.

Cobalah membuka diri dengan lingkungan anda, dalam hal ini rekan kerja anda secara perlahan. Ajaklah rekan anda makan siang bersama atau berkumpul bersama diluar jam kerja.

5. Kreatif dan Berani Berinovasi

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kepintaran saja tidak cukup diandalkan dalam dunia kerja. Namun kreatifitas dan inovasi sangat penting dalam setiap pekerjaan. Agar kedua sikap ini semakin terasah, anda harus sering berlatih hingga anda jadi tau sejauh mana kemampuan anda berkembang.

cara sukses berkarir

Selain itu dengan membaca buku dan mencari sumber informasi di internet juga dapat meningkatkan inovasi dan daya kreatifitas anda di dunia kerja.

Baca Juga : Kenali 4 Tipe Konsumen Ini dan Dapatkan Penjualan Maksimal

6. Berani Menyampaikan Opini

Jika anda memiliki gagasan atau ide yang efisien untuk dan efektivitas kerja anda, maka berani lah untuk mengemukakannya kepada rekan kerja anda saat rapat agar ide tersebut dapat didengar oleh atasan anda dan rekan kerja anda yang lain. Tidak peduli ide anda nanti nya di tolak, yang penting anda sudah berani untuk speak up ke mereka, dan memberitahukan kepada mereka bahwa anda serius untuk berkontribusi memberikan ide untuk perusahaan.

Dengan berani dan terbiasa untuk menyampaikan opini anda, maka rasa percaya diri anda akan tumbuh dengan sendirinya. Rasa percaya diri ini tentunya akan sangat berguna dimasa mendatang. Jika suatu saat anda disuruh mempresentasikan sesuatu, maka anda dapat menyampaikannya dengan lebih luwes dan lancar.

7. Profesionalitas Kerja

Sikap terakhir yang tak kalah penting untuk ditanamkan pada diri anda adalah sikap profesionalitas kerja. Anda harus bisa memisahkan antara kepentingan pribadi dengan urusan pekerjaan untuk menjaga dinamika kerja. Sebab jika anda menggabungkan keduanya, maka pekerjaan anda di kantor akan hancur berantakan.

Agar sikap ini semakin terasah, anda tinggal mempraktekkannya di dunia kerja. Misalnya bertanggung jawab pada pekerjaan, menjaga loyalitas dan patuh kepada peraturan yang berlaku.

Demikian lah 7 sikap yang perlu anda tanamkan pada diri anda untuk mendapatkan karir yang cemerlang. Semoga berhasil.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini