Geliat UMKM belakangan menjadi cukup lesu, sebab terkena efek langsung dari pandem yang tak berkesudahan. Berbagai bantuan dikucurkan oleh pemerintah, untuk terus merangsang aktivitas UMKM serta daya beli masyarakat secara langsung. Hal ini, dilihat sebagai peluang oleh jasa pengiriman untuk berlomba menawarkan ongkir termurah untuk membantu industri ini berkembang.

Industri pada skala terkecil merupakan bibit dari perusahaan yang di masa depan akan meningkat skalanya. Namun pada perkembangannya, UMKM tentu perlu diberikan berbagai stimulus agar bisa berkembang dengan baik. Selain iklim industri yang terus diperbaiki, kerjasama dari berbagai lini industry juga perlu terus ditingkatkan agar hubungan antar lini terus berada di taraf saling menguntungkan.

Bagaimana Cek Bantuan UMKM dari Pemerintah?

Pertanyaan ini banyak muncul pada pelaku UMKM yang baru saja masuk ke industri ini. Mengingat pukulan telak diterima setiap lini, maka tak heran banyak orang yang bertanya-tanya mengenai urusan tersebut.

Untuk cara cek bantuan UMKM sendiri sebenarnya bisa dilakukan secara online. Ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM, termasuk mungkin Anda, yakni melalui situs yang disediakan BNI dan situs yang disediakan BRI. Keduanya dipilih menjadi bank penyalur bantuan langsung tunai untuk UMKM secara resmi oleh pemerintah, sehingga informasi yang didapatkan dari dua situs yang disediakan tersebut terjamin valid.

Untuk cara cek bantuan pemerintah bagi UMKM di BNI, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Buka laman https://banpresbpum.id.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (yang sebelumnya sudah didaftarkan).
  • Kemudian klik ‘Cari’, dan tunggu beberapa saat.

Anda akan melihat hasil pencarian apakah Anda merupakan penerima bantuan dari pemerintah atau belum masuk dalam daftar penerima.

Untuk pencairannya sendiri, Anda perlu membawa beberapa berkas, seperti eKTP, kartu ATM, buku tabungan, kemudian menandatangani Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau berkas SPTJM. Jadwal pengambilan bantuan juga akan tertera pada hasil pencarian, atau Anda bisa mendatangi layanan konsumen bank BNI secara langsung.

Sedangkan untuk cara cek bantuan pemerintah melalui situs milik BRI, begini caranya :

  • Buka laman https://eform.bri.co.id/bpum.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan yang sudah didaftarkan.
  • Masukkan kode verifikasi yang Anda lihat di layer.
  • Klik ‘Proses Inquiry’, dan tunggu sejenak.

Anda akan melihat pemberitahuan status Anda, apakah sebagai penerima atau bukan sebagai penerima bantuan yang diberikan pemerintah. Anda yang terdaftar bisa mendatangi bank BRI secara langsung pada jadwal yang telah diberikan, dengan membawa berkas terkait (buku tabungan, kartu ATM, eKTP atau identitas diri lain, dan surat pernyataan serta SPTJM).

Tantangan yang Dihadapi UMKM selama Pandemi

Tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi pelaku UMKM, dan bahkan pelaku bisnis dalam skala besar sekalipun. Sialnya bagi UMKM, tantangan benar-benar datang dari berbagai sisi. Persaingan yang semakin ketat, pasar terbuka yang mulai memadati industry dalam negeri, serta ongkos pengiriman barang ke luar pulau yang masih sangat tinggi. Untuk pelaku bisnis skala besar mungkin yang belakangan disebut tidak terlalu signifikan, namun untuk industri skala kecil hal ini benar-benar mempengaruhi kemampuan bersaingnya.

Belakangan dikabarkan, biaya pengiriman dari negeri Cina ke Indonesia berada di angka mulai Rp.9000 per kilogram, sedangkan biaya kirim dari Jakarta ke Makassar mencapai angka Rp.30.000. Bahkan untuk pengiriman ke Manado, biaya yang diberikan bisa mencapai Rp.60.000 per kilogramnya. Dilihat secara kasar dari ongkirnya saja, persaingan industri sudah terasa sangat berat untuk pelaku yang baru merintis usahanya.

Tantangan ini kemudian banyak dijawab oleh jasa pengiriman yang ada di Indonesia. Mulai dari jasa cargo untuk pengiriman barang dalam jumlah besar, hingga jasa ekspedisi yang berani menawarkan jangkauan pengiriman seluruh Indonesia.

Kesempatan ini juga disambut baik oleh pelaku UMKM yang perlu mengirimkan barangnya ke area-area luar Jawa, guna perluasan pasar. Sekian banyak opsi tersedia untuk pelaku industri mikro, kecil dan menengah, sehingga semua bisa mendapatkan ongkir paling menguntungkan untuk setiap daerah di Indonesia.

Tapi apa jadinya jika pengiriman harus dilakukan dalam jumlah tak terlalu besar, namun melebihi batas wajar yang diberikan oleh jasa ekspedisi?

Jasa Cargo dengan Rate Harga Jasa Ekspedisi Seluruh Indonesia

Untuk menjawab keperluan ini, TrawlBens kemudian hadir di Indonesia. Muncul dengan membawa inovasi pengiriman kargo dan pengiriman barang berbasis aplikasi, TrawlBens ingin memberikan kemudahan pada pelaku UMKM untuk mendapatkan layanan pengiriman yang lebih baik. Beberapa kelebihan TrawlBens tawarkan, untuk bisa turut membantu pelaku UMKM berkembang dan mendapatkan keuntungan yang semakin besar.

Jasa layanan cargo ini menyediakan rute-rute favorit pengiriman yang dilakukan UMKM. Mulai dari Medan, Samarinda, Pontianak, Manado, Makassar, Semarang, Bandung, Surabaya, Malang, Gresik, Denpasar, hingga Mataram. Mungkin Anda mulai meragukan, dengan jangkauan seluas ini, apakah harga yang ditawarkan masih ‘bersahabat’ dengan skala UMKM?

Kita ambil contoh untuk pengiriman ke area kota Mataram yang berada di Nusa Tenggara Barat, tarif yang ditetapkan adalah mulai dari Rp.7.500 per kilogramnya. Terdengar masih tinggi? Bagaimana jika tarif ini diberikan untuk ukuran minimal pengiriman 10 kilogram? Jadi Anda hanya perlu mengeluarkan ongkir sebesar Rp.75.000 per 10 kilogram untuk pengiriman ke kota Mataram dan setiap kecamatan yang ada di dalamnya.

Perlu pengiriman dengan skala lebih besar? TrawlBens siap memberikan harga yang semakin ekonomis. Untuk kota yang sama pada pengiriman dengan berat 51 hingga 100 kilogram, Anda hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp.5.500 per kilogramnya. Tentu ini akan sangat menguntungkan untuk memperbesar margin keuntungan yang Anda dapatkan sehingga bisnis yang Anda kelola semakin menguntungkan.

Semakin Berat, Semakin Murah, Semakin Praktis

Karena basis pengiriman yang disediakan oleh TrawlBens, dengan layanan andalannya TrawlPack, adalah cargo, maka semakin berat barang yang Anda kirimkan akan semakin murah pula ongkos kirim per kilogramnya. Kapasitas yang besar serta harga kompetitif yang ditawarkan jadi poin kelebihan dari TrawlBens sebagai layanan pengiriman cargo kekinian.

Satu lagi yang tidak dimiliki kompetitornya, adalah TrawlBens memahami benar kebutuhan pelaku industri kekinian yang perlu transaksi cepat, proses praktis, dan tidak membuang waktu. Untuk itu, TrawlBens menggunakan basis operasional aplikasi, sehingga semua proses pemesanan bisa dilakukan dengan cepat, tepat, dan efektif. Setelah pesanan dilakukan, Anda hanya harus menunggu sebentar hingga agen atau kurir TrawlBens datang untuk menjemput barang tersebut.

Bukankah ini yang Anda perlukan untuk membantu usaha yang Anda miliki semakin cepat berkembang? Anda bisa coba cek ongkir di sini :

TrawlBens, dengan layanan TrawlPack yang dimilikinya, hadir sebagai solusi untuk Anda pelaku UMKM guna mendapatkan ongkir termurah untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat, cakupan layanan TrawlBens juga akan dibuka untuk rute Papua, NTT, serta Maluku, sehingga akan secara menyeluruh melayani pengiriman barang ke setiap pelosok Indonesia. Tak hanya kota besar saja, layanan kami juga menjangkau setiap kecamatan yang ada di dalamnya.

Ke depan, layanan yang diberikan juga akan terus berkembang tidak hanya terbatas pada pengiriman barang dengan kapasitas hingga 5 ton saja. Pengiriman alat berat, jasa pindahan, hingga penyewaan kontainer, semua akan disediakan dalam waktu dekat guna mendukung iklim industri yang ada di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya disini, dan mulai gunakan layanan TrawlPack untuk pengiriman ke berbagai lokasi di Indonesia! TrawlBens, A Super Logistics Apps In Your Hand!

Anda juga bisa melihat artikel terkait untuk Ekspedisi Murah Jakarta Kendari di tautan tersebut.


Cek Tarif & Lacak Resi

Pilih Kota Pengiriman

Yuks!! Bagikan Artikel Ini