Trawlbens - Aktivitas perdagangan di Indonesia, bahkan di dunia, tak akan pernah berhenti terjadi. Membeli dan menjual, mengantarkan barang dan mengirimkan barang, industri packing, semua akan terus bergulir karena secara praktis kebutuhan manusia tak pernah berhenti. Hal yang sama juga terjadi pada jasa pengiriman barang antar pulau, yang justru mengalami perkembangan pesat selama pandemi ini.

Jasa pengiriman barang memegang peran sebagai perantara pada aktivitas perdagangan yang terjadi di Indonesia. Dari satu tempat ke tempat lain, jasa ini selalu digunakan untuk menjamin jalur distribusi yang diperlukan agar barang bisa berpindah atau dikirimkan. Tanpa adanya jalur yang sehat maka distribusi akan terganggu, dan otomatis merepotkan pihak penjual dan pembeli yang berada di lokasi berbeda.

Aktivitas perdagangan yang mengalami peningkatan selama setahun belakangan juga jadi alasan mengapa jasa pendukung perdagangan seperti cargo logistik dan ekspedisi terus bisa melebarkan sayapnya, baik dari sisi layanan atau dari sisi jangkauan pengiriman.

Baca Juga : Ada Rencana Kirim Mobil Antar Pulau Atau Antar Kota? Kenali Dulu Yuk Caranya !

Perkembangan Pesat Jasa Cargo Logistik yang Mendukung Industri

Perkembangan jasa cargo logistik selama pandemi ini terasa sangat signifikan, karena masyarakat dikondisikan untuk terbatas mobilitasnya. Otomatis semua proses perdagangan, bisnis, dan industri yang harus menggunakan jasa cargo logistik untuk menunjang operasionalnya. Memang sebelumnya penggunaan jenis jasa pengiriman barang antar pulau sudah dilakukan. Namun dengan meningkatnya kebutuhan di luar pulau, otomatis jumlah pengiriman juga turut meningkat.

Meningkatnya transaksi dari pelaku bisnis dan industri ini juga memberikan dampak positif untuk sektor pengiriman barang cargo logistik. Transaksi yang meningkat otomatis peningkatan juga dirasakan pada keuntungan yang didapatkan pelaku jasa perantara ini. Tak heran juga banyak inovasi kemudian dimunculkan untuk terus melayani masyarakat, dan memanfaatkan kesempatan tingginya permintaan dari pelaku bisnis.

Inovasi pada Layanan yang Disediakan

Cukup banyak pelaku bisnis cargo logistik yang sekarang memiliki website resmi sebagai bentuk adaptasinya pada perkembangan zaman. Dengan keuntungan yang didapatkan, digitalisasi kemudian dilakukan secara perlahan tapi pasti agar dapat mencakup pasar yang lebih luas lagi. Menyampaikan informasi dengan media yang dikelola secara mandiri membuat pemilik jasa cargo logistik lebih leluasa dalam mengelola hubungannya dengan pelanggan setianya.

Desain yang menarik, ikonik dengan warna dan tone masing-masing, dan juga dengan gaya penyampaian yang unik, perlahan setiap jasa cargo memiliki pelanggan kuat yang dibuat nyaman dengan apa yang disediakan di situs resminya tersebut.

Ketersediaan Aplikasi untuk Mendukung Transaksi

Bahkan pada salah satu jasa cargo, telah menyediakan aplikasi yang bisa mendukung transaksi agar pengguna bisa memesan pengiriman dengan jauh lebih mudah. Ya, aplikasi ini bisa digunakan dengan prinsip serupa dengan aplikasi on demand yang kini banyak digunakan orang untuk memesan makanan dan memesan kendaraan transportasi.

Bayangkan, Anda bisa mengirimkan barang dengan tonase hingga ribuan kilogram, dengan aplikasi sederhana tanpa harus keluar rumah atau menghubungi pihak jasa cargo. Intinya Anda bisa mengirimkan barang tanpa ribet dengan layanan yang disediakan ini.

Geliat Ekonomi yang Menunjukkan Arah Progresif

Peningkatan transaksi yang terjadi pada sektor industri pengiriman barang antar pulau ini, selain membawa dampak langsung pada pelaku distribusi, juga menunjukkan hal lain. Bahwa perekonomian masyarakat yang sempat ambruk karena dihantam pandemi sudah mulai pulih. Roda perekonomian di level akar rumput mulai bisa berjalan dengan lancar, sehingga geliat ekonomi masyarakat mulai meningkat pula.

Mengapa bisa diartikan demikian?

Sebab jika ekonomi masyarakat tidak mulai bangkit dan roda perekonomian akar rumput tak berjalan, maka permintaan barang justru akan menurun secara drastis. Untuk skala industri besar dan pembangunan, hal yang sama juga berlaku. Ketika ekonomi masyarakat lesu maka dua hal ini tidak akan dapat berjalan dengan baik. Padahal komoditas utama yang dikirimkan dengan jasa cargo logistik biasanya adalah bahan baku industri, bahan baku pembangunan, atau alat-alat berat untuk mendukung proses konstruksi dan produksi.

Baca Juga : Hadirnya Jasa Cargo Makassar untuk Pelaku Industri dan UMKM

Jadi secara sederhana bisa dinyatakan bahwa perekonomian masyarakat Indonesia, perlahan tapi pasti, mulai bangkit dan menunjukkan geliat positif. Meski belum optimal karena masih harus berjuang di tengah pandemi, namun untuk skala nasional geliat ini rasanya sudah cukup menunjukkan bahwa ekonomi bangsa akan terus berada di jalan yang tepat, untuk berprogres dan berkembang.

Aktivitas Pengiriman Barang Antar Pulau juga Dilakukan UKM dan Pengusaha Kecil

Kebangkitan ekonomi ini tak hanya dirasakan oleh industri besar saja, namun juga untuk industri kecil dan menengah. Tercatat pengiriman yang meningkat dalam skala kecil hingga menengah dari masyarakat, baik dari area Jabodetabek maupun area-area lain di tanah air. Ditengarai hal ini disebabkan adanya marketplace, yang bisa dimanfaatkan secara langsung untuk melakukan proses bisnis dengan sederhana, cepat, dan praktis.

Tentu saja kemudian untuk urusan jasa pengiriman barang ke luar pulau, pelaku bisnis ini selalu mencari alternatif untuk menjadi partner terbaiknya. Ekspedisi konvensional masih jadi opsi utama ketika pengiriman yang dimiliki masih dalam taraf sangat sedikit, antara 1 sampai 3 Kg. Namun untuk bobot pengiriman yang lebih tinggi, jasa ekspedisi tentu akan jadi tidak masuk akal karena memberikan ongkir yang terlalu tinggi.

Kebutuhan akan jasa pengiriman barang ke luar pulau praktis jadi hal yang krusial. Tak hanya karena pelanggan bisa berasal dari setiap daerah di Indonesia, namun juga hal ini adalah  kesempatan untuk memperluas persebaran produk yang dimiliki agar semakin dikenal oleh publik Indonesia. Jika harus dibebani ongkir yang tinggi, maka UKM akan sulit berkembang, karena ongkos produksi akan meningkat.

Tapi apa pilihan UKM yang baru memiliki skala produksi kecil ini? Apakah kemudian penggunaan jasa cargo secara kolektif bisa jadi solusi untuk memenuhi minimal pengiriman yang diberikan? Atau justru harus tetap menggunakan jasa ekspedisi konvensional dengan harga yang melambung tinggi?

Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau yang Lengkap, Murah, dan Praktis

Trawlbens hadir sebagai solusi jasa pengiriman barang antar pulau dengan ongkir yang sangat murah, dan cocok digunakan pengusaha muda dan UKM. Dengan ongkir mulai Rp.2.500/Kg saja, pelaku UKM bisa menikmati pengiriman cargo dari Trawlbens. Belum lagi dipadukan dengan minimal ongkir yang hanya berada di angka 10 Kg saja, akan membuat pengiriman semakin murah dan masuk akal untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Anda jadi tak perlu menanggung biaya berat minimal pengiriman 50 Kg atau 100 Kg, dan hanya menanggung berat sejumlah yang Anda kirimkan saja.

Solusi jasa pengiriman barang antar pulau kini bisa ditemukan pada layanan Trawlbens, Ahlinya Jasa Pengiriman. Selain murah dan menyediakan minimal pengiriman kecil, Trawlbens juga tetap melayani pengiriman barang dengan tonase besar, sama seperti jasa cargo lain. Hanya saja, tentu dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan jasa cargo sejenis.

Kami juga menyediakan aplikasi untuk melakukan pemesanan pengiriman untuk Anda, pelanggan setia Trawlbens. Jadi urusan pengiriman akan dapat diselesaikan dengan cepat dengan bantuan aplikasi tersebut. Satu lagi, Anda bisa menikmati fitur gratis penjemputan dari Trawlbens untuk area Jabodetabek, yang kami persembahkan khusus untuk Anda.

Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi staf marketing kami yang bertugas untuk area-area pengiriman di Indonesia, dan nikmati kemudahan berkirim barang dengan Trawlbens.

Trawlbens, Ahlinya Jasa Pengiriman!

Kunjungi juga media sosial kami untuk informasi menarik dan update terkini lain, di tautan berikut ini.

Twitter : Trawlbens_id

IG dan TikTok : Trawlbens.id

YouTube dan FaceBook : Trawlbens Indonesia


Cek Tarif & Lacak Resi


Yuks!! Bagikan Artikel Ini