Trawlbens - Jasa Pengiriman Barang. Bagi anda yang sudah sering memakai jasa pengiriman barang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nomor resi. Nomor yang selalu disimpan oleh para pelaku usaha online baik pembeli maupun penjual. Lalu apa sebenarnya pengertian dari nomor resi dan juga kegunaannya dalam dunia jasa pengiriman barang? Dan seperti apakah bentuk dari nomor resi itu sendiri?

Pada artikel ini akan dibahas lebih janjut mengenai pengertian dan fungsi nomor resi dalam dunia jasa ekspedisi. Simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Nomor Resi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) resi sendiri merupakan sebuah tanda terima penjualan barang dan jasa yang berbentuk tertulis. Misalnya di sebuah restoran, ketika orang selesai makan dan membayar, maka orang tersebut akan diberi semacam kertas sebagai tanda bahwa orang tersebut sudah membayar, atau yang biasa dikenal sebagai struk. Begitu pula jika berbelanja ke minimarket, anda akan diberi struk atas barang-barang yang anda beli. Nah, struk tersebut tergolong sebagai resi.

Namun seiring berjalannya waktu, dimana sekarang belanja online semakin menjamur dimana-mana, nomor resi akhirnya mengalami pergeseran makna. Saat ini nomor resi diartikan sebagai nomor pelacakan barang pengiriman. Bahasa internasional untuk nomo resi sendiri adalah Tracking Number.

Nomor resi biasanya terdiri dari gabungan antara angka dan huruf yang akan diberikan oleh jasa ekspedisi kepada si pengirim paket, dan si pengirim paket nantinya akan memberitahukannya kepada si penerima barang agar dapat dijadikan tanda terima saat barang sudah sampai ke tempat tujuan.

Kegunaan Nomor Resi Dalam Pengiriman Barang

Karena saat ini nomor resi sudah mengalami pergeseran makna akibat maraknya belanja online, maka fungsi dari nomor resi saat ini adalah untuk melacak status pengiriman barang yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Jika seseorang sudah diberikan nomor resi oleh jasa ekspedisi bersangkutan, itu tandanya barang anda sudah masuk kedalam proses pengiriman. Anda tinggal memantau status barang Anda tersebut dengan menggunakan nomor resi yang telah diberikan.

Selain itu, fungsi nomor resi bagi penerima barang adalah untuk mengklaim atau mengambil barang yang sudah tiba di tempat tujuan. Maka dari itu, penting untuk menjaga nomor resi yang telah diberikan oleh jasa ekspedisi bersangkutan, jangan sampai anda hilangkan hingga barang benar-benar sampai ke tangan penerima.

jasa pengiriman barang

Cara Melacak Status Pengiriman Barang dengan Nomor Resi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nomor resi digunakan untuk melacak status pengiriman barang. Lantas, bagaimana cara menggunakan nomor resi sebagai pelacakan status barang?

Biasanya beberapa jasa ekspedisi memiliki fitur yang khusus disediakan untuk pelacakan status pengiriman. Fitur ini dapat ditemukan pada website jasa ekspedisi yang bersangkutan, atau ada juga yang sudah memiliki aplikasi khusus untuk pelacakan barangnya yang dapat Anda download di smartphone Anda.

Pada fitur tersebut, Anda tingga masukkan nomor resi yang Anda dapatkan dari jasa ekspedisi terkait, kemudian pilih tombol lacak atau semacamnya. Setelah itu maka akan keluar informasi mengenai status pengiriman Anda seperti sudah sampai mana barang Anda tiba atau adanya delay dan sebagainya.

Untuk jasa ekspedisi yang tidak memiliki fitur pelacakan pengiriman, Anda bisa menelfon atau chat customer service yang khusus melayani pelacakan status pengiriman.

TrawlPack, Jasa Pengiriman Barang Yang Mudah dan Efisien

Jika Anda sudah mengetahui apa itu nomor resi dan juga manfaatnya dalam dunia ekspedisi, maka Anda harus lebih bijak lagi memiliki jasa ekspedisi yang aman dan juga efisien.

Trawlbens sebagai jasa pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia, memiliki layanan pengiriman barang TrawlPack yang tidak hanya murah, tetapi juga mudah dan efisien. Dikatakan murah tentu saja tarif yang kami berikan benar-benar murah ke seluruh Indoneisa. Dan dikatakan mudah sebab Anda dapat memesan layanan ini cukup dari smartphone Anda saja. Tinggal download aplikasi Trawlbens dan pilih layanan TrawlPack, dan anda ikuti saja petunjuk yang ada disitu.

TrawlPack juga memberikan kemudahan dalam pelacakan status pengiriman. Sebab layanan ini sudah dilengkapi dengan fitur pelacakan yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Anda hanya tinggal memasukkan nomor resi yang Anda dapatkan lalu tekan tombol lacak. Maka informasi mengenai barang Anda akan tertera dengan jelas pada aplikasi itu.

Jadi tunggu apalagi, untuk urusan pengiriman barang yang aman dan juga mudah serta murah, saatnya beralih ke Trawlbens, A Super Logistics App In Your Hand.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini