Pengiriman container atau peti kemas adalah salah satu metode pengiriman barang yang memakai boks kontainer sebagai wadah untuk memasukkan barang ke dalamnya. Jenis pengiriman barang ini menjadi alternatif yang biasa dipilih oleh para pelaku usaha dalam mendistribusikan barang dagangannya atau mendistribusikan kebutuhan logistik perusahaannya ke cabang di kota lain.

Selain itu, pengiriman container dapat melayani pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. Lalu kenapa pengiriman via container menjadi solusi untuk pengiriman murah?

Banyak perusahaan atau masyarakat biasa yang mengira mengirimkan barang dengan container biayanya sangat mahal. Padahal kenyataannya, pengiriman barang dengan kontainer jika dihitung-hitung sangat murah. Berikut adalah alasan kenapa pengiriman via container sangat menguntungkan untuk para pelaku usaha.

1. Lebih Murah Daripada Membeli Truk Sendiri

Alih-alih membeli truk sendiri untuk mendistribusikan barang ke wilayah lain, memakai jasa ekspedisi akan jauh lebih murah cost nya. Selain itu dengan memakai jasa ekspedisi, maka anda tidak perlu report memikirkan perawatan dan asuransi. Menyewa kontainer pada jasa ekspedisi atau cargo juga terbukti jauh lebih irit dan praktis.

2. Lebih Murah Daripada Metode Hitung Berat

Menyewa satu kontainer penuh jauh lebih murah dibanding barang anda dihitung berat dan volumenya. Bayangkan jika anda mempunyai barang dengan berat 20 ton dan akan dikirimkan ke Makassar yang harga rata-rata perkilo nya adalah Rp. 10.000, maka uang yang harus anda kelurkan untuk pengiriman adalah 20.000kg x Rp. 10.000 = Rp. 200.000.000. Harga fantastis tersebut bahkan belum termasuk harga asurasi, biaya packing dan lain-lain. Sementara jika anda menyewa satu kontainer penuh ukuran 40 feet, maka hanya dikenakan tarif sewa saja, yang mana biasanya pengiriman container dari Jakarta ke Makassar berkisar 15 – 20jt rupiah.

3. Lebih Praktis dan Aman

Menyewa satu kontainer penuh, berarti seluruh space dari peti kemas tersebut adalah milik anda. Anda bebas mengirimkan berapa banyak sekalipun, asalkan tidak melebihi muatan kapasitas kontainer tersebut. Karena satu peti kemas hanya khusus di isi dengan barang milik anda sendiri, itu berarti resiko barang anda tertukar dengan barang milik orang lain adalah tidak ada.

Jenis-Jenis Container atau Petik Kemas

Sebelum anda memutuskan untuk memesan peti kemas untuk keperluan pengiriman barang anda, ada baiknya anda cari tau dulu perihal jenis-jenis kontainer dibawah ini, mulai dari namanya dan juga ukurannya.

1. Container 20 Feet

Container atau peti kemas ini mempunyai ukuran panjang 6 meter, lebar 2,2 meter dan tinggi juga 2,2 meter. Sementara itu container 20 feet mampu menampung muatan hingga 23 ton.

2. Container 40 Feet

Container 40 feet mempunyai ukuran panjang 12 meter, dengan lebar 2,2 meter dan juga tinggi 2,2 meter. Sementara itu maksimal berat yang dapat ditampung pada peti kemas ini sama dengan peti kemas 20 feet, yang membedakan hanyalah ukuran panjangnya. Karena sejatinya yang menahan beban barang kiriman adalah truk pengangkut peti kemas tersebut, bukan peti kemasnya sendiri.

3. Container Flat Rack

Kontainer atau peti kemas jenis ini biasanya mengangkut barang-barang yang tidak muat jika dimasukkan ke dalam peti kemas biasa. Bentuk peti kemas ini adalah seperti peti kemas pada umumnya, namun tidak memiliki atap dan juga sisi samping kontainer.

Yang Penting Diketahui Sebelum Menggunakan Jasa Pengiriman Kontainer

1. Hitung Jumlah Kubikasi Barang

Sebelum anda memutuskan untuk memakai pengiriman containe, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah cek jumlah kubikasi dan volume barang anda, setelah itu baru cari tau berapa jumlah barang anda dan ukuran container apa yang anda butuhkan.

2. Cek Biaya Pengiriman Container

Meskipun pengiriman barang via container cenderung lebih murah, seorang pengusaha harus lebih jeli dalam memilih jasa pengiriman container mana yang lebih murah agar anda bisa lebih hemat dalam menggunakan budget anda. Biaya untuk container ini sendiri juga bervariasi, seperti dari biaya pengkapalan, biaya penumpukan dan biaya penyediaan pengepakan atau pengemasan. Namun biasanya setiap jasa ekspedisi sudah memasukkan biaya-biaya tambahan di atas ke dalam tarif total yang mereka cantumkan di website masing-masing.

3. Cek Alamat Pengiriman Container

Jasa pengiriman barang via container memang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, namun demikian, anda diminta untuk memastikan apakah daerah tujuan pengiriman anda memang dapat dijangkau oleh jasa pengiriman container. Selain itu, dengan mengetahui detail alamat pengiriman, anda dapat menentukan jalur mana atau via apa barang anda akan dikirimkan. Apakah itu jalur daratm ataupun laut. Terkadang ada daerah yang tidak dapat dilabuhi oleh kapal kargo, maka untuk itu barang akan dikirimkan ke kota terdekat dari kota tujuan pengiriman yang mempunyai fasilitas bongkar muat peti kemas. Selanjutnya container akan dimuat pada truk trailer pengangkut container dan melanjutkan perjalanan ke kota tujuan lewat jalur darat.

Estimasi Barang Sampai

Dalam pengiriman barang lewat container, estimasi barang sampai biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan pengiriman barang lewat metode biasa karena tidak perlu menunggu muatan penuh. Namun waktu barang sampai ke tangan penerima juga tergantung ke kota mana barang di kirimkan. Biasanya untuk pengiriman container ke daerah Indonesia timur membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan di Indonesia bagian barat. Ini disebabkan selain jaraknya yang cukup jauh, ditambah tidak banyak pelabuhan yang mempunyai fasilitas bongkar muat peti kemas di atas 20 ton.

Selain itu pengiriman container via Kapal Kargo akan lebih lama dibandingkan pengiriman container via Kapal Pelni atau Kapal Roro. Sebab jika container yang dikirimkan dengan kapal pelni, maka setelah kapal berlabuh, maka container akan langsung di bongkar muat dan sebagian melanjutkan perjalanan lewat darat. Sedangkan pengiriman container dengan kapal kargo akan lebih lambat karena selain jadwal kapal kargo yang tidak sesering kapal pelni, juga pada saat kapal kargo bersandar di pelabuhan, barang tidak akan langsung di bongkar muat karena menunggu antrian dari kontainer-kontainer lainnya.

Baca Juga : Mau Usaha Anda Laris Manis? Lakukan Cara Ini

Tips Aman Mengirimkan Barang Via Container

Setelah mengetahui informasi mengenai jenis kontainer, tarif, estimasi serta hal-hal yang penting diketahui sebelum mengirimkan barang via container, maka saatnya kita bahas tips-tips aman dalam mengirimkan barang via container.

1. Packing Barang

Sebelum mengirimkan barang anda lewat container, ada baiknya mengemas barang anda dengan benar, seperti memakai packing plastik, packing kardus dan juga packing kayu. Hal ini wajb dilakukan untuk barang yang rentan apabila terkena air, serta barang pecah belah yang beresiko rusak diperjalanan.

2. Asurasikan Barang Kiriman

Pilihan mengasuransikan barang anda ini merupakan cara untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti becanda alam, kapal tenggelam atau kapal terbakar. Jadi barang anda akan mendapatkan penggantian yang setimpal dari perusahaan asuransi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengiriman barang via Container.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini