TrawlBens - Pembukaan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika membuat geliat perekonomian di area Mataram dan Lombok terus bergerak naik. Banyak transaksi ekonomi yang dilakukan di area tersebut, sehingga lambat laun perekonomian masyarakat secara umum juga meningkat. Tentu, peningkatan transaksi ekonomi ini juga diikuti dengan permintaan jasa cargo Mataram yang meningkat.

Transaksi ekonomi yang terjadi di area ini kemudian tak hanya bersifat lokal saja namun juga bersifat internasional. Berkat keberadaan sirkuit MotoGP Mandalika dan optimasi berbagai objek wisata di sana, investor mulai melirik Kawasan ini sebagai salah satu titik penanaman modal. Maka dari itu, berbagai barang, baik barang produksi, distribusi, maupun konsumsi, terus ‘berlalu-lalang’.

Dinamika industri ini tidak akan terlepas dari jasa pengiriman, baik cargo maupun ekspedisi. Pemilihan jasa cargo atau ekspedisi kemudian akan mengacu pada jumlah dan jenis barang yang akan dikirim. Tentu, pengusaha besar lebih memilih jasa cargo ke Mataram untuk mengirimkan barang yang diperlukan, dan masyarakat umum akan cenderung menggunakan jasa ekspedisi konvensional. Tapi bagaimana dengan segmen UMKM dan pebisnis muda?

Dilema kemudian muncul dari segmen ini, dimana barang yang dikirimkan terlalu besar untuk jasa ekspedisi, namun belum mencapai batas pengiriman cargo. UMKM kemudian harus memutar otak untuk mendapatkan jasa pengiriman terbaik untuk bisnis yang dimilikinya, dan untuk pelanggan yang dimilikinya. Akan menjadi buruk tentu jika jasa pengiriman hanya memfasilitasi rute yang diperlukan, namun harus dengan cost yang terlalu tinggi.

Rute Pengiriman dari dan ke Mataram

Kebutuhan atas jasa pengiriman ini kemudian banyak dijawab oleh pelaku bisnis, dengan membuka jasa-jasa pengiriman yang bisa menjadi opsi. Meski demikian, segmen cargo dan ekspedisi tetap terkotakkan dengan cukup tegas, pada harga dan batasan minimal pengirimannya. Ekspedisi menjanjikan harga terjangkau untuk pengiriman dalam jumlah kecil dan kecepatan pengiriman, sedangkan cargo memberikan kapasitas kirim yang besar, namun harus dengan batas pengiriman tertentu.

Berbagai inovasi kemudian muncul untuk membantu UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Belakangan, muncul jasa cargo dengan batas minimal pengiriman yang cukup kecil, yakni hanya 10 kilogram saja. Ya, 10 kilogram, tidak seperti jasa cargo lain yang memiliki batasan pengiriman antara 50 hingga 100 kilogram. Bukankah ini menjadi satu terobosan yang akan sangat berguna untuk pelaku UMKM?

Tapi, apa jasa cargo yang menyediakan layanan seperti itu?

Jasa cargo di area Mataram memang sudah tersedia, namun yang bisa memfasilitasi kebutuhan UMKM masih sangat terbatas. Tanpa mendiskreditkan jasa pengiriman yang sudah ada di sana, namun pelaku UMKM tentu terus mencari alternatif terbaik untuk bisnis yang dimilikinya. Dan dalam waktu dekat, pencarian Anda akan menemukan jawaban.

Stigma tentang jasa pengiriman yang terjangkau dan ongkir murah hanya dapat dinikmati di Jawa saja akan berubah, dengan kehadiran jasa pengiriman cargo yang akan disebutkan belakangan.

Segmentasi Pelanggan Jasa Cargo dan Jasa Ekspedisi

Kecenderungan yang muncul pada pengguna jasa cargo dan ekspedisi sebenarnya memang hal yang wajar. Sama-sama menyediakan jasa pengiriman, namun keduanya memiliki layanan yang cukup berbeda detailnya. Ini yang menyebabkan pelanggan kedua jasa ini juga tersegmen secara jelas.

Jasa cargo secara umum, menawarkan pengiriman dengan kapasitas besar. Besar di sini dalam artian sebenarnya, yakni bobot yang berat atau ukuran dimensi yang besar. Pengiriman barang dengan bobot berton-ton, pengiriman kendaraan, alat berat, alat produksi, dan sebagainya, bisa difasilitasi dengan baik. Tentu saja, harga yang diberikan juga cenderung lebih murah, karena rumus yang digunakan tak hanya perhitungan aktual namun juga kubikasi. Terdapat reduksi ongkir ketika bobot paket semakin besar.

Di sisi lain, jasa ekspedisi menawarkan pengiriman dengan kapasitas yang lebih kecil, estimasi waktu sampai yang lebih cepat, serta ongkir yang terjangkau. Namun pengiriman dalam jumlah besar akan terbebani dengan ongkir yang sangat besar, sehingga akan kurang cocok jika Anda perlu mengirimkan barang untuk keperluan bisnis.

Baca Juga : TrawlPack : Perusahaan Jasa Pengiriman Cargo, Kurir, Logistik via Darat dan Laut yang Sangat Mudah, Aman dan Murah

Industri dalam skala UMKM, memerlukan ongkir yang terjangkau, namun dengan kapasitas pengiriman yang besar. Maka dari itu, sebuah jasa pengiriman cargo dan logistik muncul untuk menjawab kebutuhan ini. Tak hanya melayani pengiriman dari Jabodetabek saja, namun dalam waktu dekat akan meramaikan persaingan jasa cargo Mataram.

Anda bisa cek ongkir dari area Jabodetabek ke berbagai lokasi di Indonesia dengan fitur berikut ini :

TrawlBens akan Hadir untuk Pengiriman Mataram Ke Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, serta Bali

TrawlBens, akan menjadi jasa cargo Mataram yang hadir sebentar lagi. Membawa nama besar dari layanan cargo berbasis aplikasi pertama di Indonesia, TrawlBens siap melebarkan sayap ke area Mataram untuk melayani pengiriman dari sana. Rute pengiriman Jakarta – Mataram sendiri sudah dibuka sejak lama, dan berhasil mengirimkan cukup banyak paket hingga saat ini dengan sukses.

Rute yang telah dibuka oleh TrawlBens sendiri, seperti Anda pahami, sudah cukup banyak. Dari area Jabodetabek ke berbagai pulau, kota, hingga kecamatan di Indonesia, semua sudah bisa dilayani secara door to door. Nantinya, diproyeksikan TrawlBens juga akan melayani pengiriman Mataram ke berbagai lokasi di Indonesia. Begini kira-kira rute yang akan dibuka :

  • Rute pengiriman dari Mataram ke seluruh Jawa, meliputi Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Setiap provinsi juga mencakup kota, kabupaten, serta kecamatan yang ada di dalamnya.
  • Rute pengiriman dari Mataram ke seluruh Sumatera, meliputi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Aceh, Bengkulu, Kepulauan Riau, Lampung, dan Riau. Serupa seperti rute yang ada di pulau Jawa, layanannya juga mencakup kota, kabupaten, serta kecamatan yang ada di dalamnya.
  • Rute pengiriman dari Mataram ke Bali dan NTB, mencakup seluruh wilayah pulau Bali dan Mataram secara umum.
  • Rute pengiriman Mataram ke Kalimantan, mencakup seluruh kota, kabupaten, dan kecamatan di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.
  • Rute pengiriman Mataram ke Sulawesi, mencakup seluruh kota, kabupaten, dan kecamatan di Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara.
  • Untuk rute Maluku, NTT, dan Papua sendiri, hingga saat ini pihak TrawlBens terus melakukan penjajakan ke calon mitra dan pihak terkait agar segera dapat membuka rute tersebut. Dalam waktu dekat, rute ini juga akan segera tersedia.

Pesan Cargo dengan Aplikasi, Tanpa Repot

Layanan TrawlBens tidak sekedar jasa pengiriman cargo konvensional, namun merupakan jasa cargo yang didukung penuh dengan pemesanan menggunakan aplikasi. Berapapun, dan apapun, pengiriman yang ingin Anda lakukan, Anda tinggal mengunduh aplikasinya saja dan melakukan pemesanan dari aplikasi tersebut.

Layanan door to door memungkinkan paket dijemput dan diantar hingga ke alamat yang tertera, sehingga penerima tidak perlu mengambil ke agen atau kota besar. Sudah menjadi tugas staf, mitra, dan kurir TrawlBens untuk melakukan hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pelanggannya.

TrawlBens, sesaat lagi, akan hadir sebagai jasa cargo Mataram yang bisa diandalkan. Dengan segala kelebihan dan pengalaman yang dimilikinya, masyarakat Mataram dijamin bisa menikmati jasa pengiriman cargo terbaik. Temukan banyak artikel berguna lainnya di blog TrawlBens, dan baca juga artikel terkait seperti Jasa Ekspedisi Murah Jakarta ke Semarang.

TrawlBens, A Super Logistics App In Your Hand!


Cek Tarif & Lacak Resi


Yuks!! Bagikan Artikel Ini