Pernahkah Anda merasa bingung ketika akan mengirim paket untuk ukuran ongkos yang harus dibayarkan? Terkadang, Anda mengirim barang yang tidak terlalu berat, namun harus dibebani dengan ongkir yang besar, apa penyebabnya? Lalu tak jarang juga Anda kemudian membayangkan, bagaimana ongkos kirim untuk barang besar dan alat berat? Apakah tidak lebih mahal daripada nilai barang itu sendiri?

Di sinilah Anda perlu mengetahui apa itu rumus kubikasi dan rumus volume, yang digunakan sebagai acuan utama dalam jasa pengiriman, baik ekspedisi maupun jasa cargo. Rumus ini yang biasanya tidak dipahami pelanggan jasa pengiriman, sehingga merasa bahwa barang yang dikirimkan memiliki perhitungan yang aneh.

Rumus Pengiriman Barang dengan Volume

Pertama, mari kita bahas mengenai rumus perhitungan pengiriman barang dengan metode volume. Rumus ini sering digunakan oleh jasa pengiriman ketika berat aktual (berat yang tertera pada timbangan) terlalu kecil jika dibandingkan dengan ukuran barang. Maka, penghitungan ongkos kirim kemudian dilakukan berdasarkan rumus volume barang.

Tidak jarang barang dengan berat yang tidak terlalu besar, namun memiliki volume yang cukup besar, harus dikenakan ongkos kirim yang tinggi. Hal ini dikarenakan barang tersebut akan memakan ruang yang cukup banyak, sehingga mengurangi kapasitas angkut yang dimiliki armada pengiriman (baik armada darat atau armada laut). Rumus ini sendiri digunakan secara nasional di Indonesia.

Rumusnya adalah sebagai berikut :

Panjang Barang x Lebar Barang x Tinggi Barang : 4000

Sebagai catatan, panjang, lebar, dan tinggi barang dalam ukuran centimeter.

Contoh kasus : misalnya Anda akan mengirimkan barang dengan berat aktual 10 kilogram, namun ketika diukur panjang, lebar, dan tingginya, barang tersebut memiliki dimensi 50 x 40 x 60 cm. Maka berat aktual ini tidak akan digunakan sebagai acuan penghitungan, namun akan menggunakan rumus penghitungan volume.

50 x 40 x 60 : 4000, maka hasilnya adalah 30 kg. Jadi ongkir yang akan dibebankan adalah sebesar 30 kg.

Rumus tersebut digunakan sebagai dasar penghitungan untuk paket yang dikirimkan via jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur udara, penghitungannya akan serupa, namun dengan variabel pembagi 6000, bukan 4000. Lalu apakah berarti lebih murah?

Sebenarnya tidak bisa diartikan secara harfiah seperti itu, karena tentu tarif yang dikenakan per kilogram antara pengiriman darat dan laut dibandingkan dengan pengiriman udara akan berbeda.

Rumus Pengiriman Barang dengan Kubikasi

Selanjutnya adalah cara menghitung dengan rumus kubikasi. Rumus ini merupakan metode yang awam digunakan untuk pengiriman barang dengan ukuran yang besar dan untuk mendapatkan ongkos kirim yang lebih murah. Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan ongkos kirim lebih murah, namun tidak menggunakan rumus hanya dengan menimbang dengan skala ton.

Nah mari kita memahami cara perhitungan menggunakan rumus kubikasi yang biasa digunakan oleh jasa pengiriman dan ekspedisi. Rumusnya adalah sebagai berikut :

Panjang Barang x Lebar Barang x Tinggi Barang x 1000000

Masih sama, perhitungan ini didasarkan pada ukuran dimensi barang dalam satuan centimeter.

Contoh kasus : misalnya Anda akan mengirim barang dengan dimensi panjang, lebar, dan tinggi 200 cm x 100 cm x 300 cm, maka penghitungan dalam pengiriman yang akan Anda lakukan akan menggunakan rumus kubikasi. Begini kira-kira rumusnya

200 x 100 x 300 : 1000000, maka hasilnya adalah 6 meter kubik. Jadi ongkos yang harus Anda bayar adalah sebesar 6 meter kubik. Harga tarif dan ongkos kirim akan berbeda-beda pada setiap jasa pengiriman, maka tak perlu ragu untuk membandingkan semua jasa pengiriman yang Anda tahu agar mendapatkan ongkos kirim yang paling masuk akal.

Baca Juga : Cara Termurah Dalam Pengiriman Mobil

Membantu Anda Memperkirakan Ongkos Kirim

Sebenarnya apa pentingnya untuk Anda, sebagai pelanggan, mengetahui metode perhitungan ini?

Secara praktis, mengetahui cara penghitungan yang digunakan oleh jasa layanan pengiriman dapat membantu Anda memperkirakan berapa ongkir yang perlu Anda kirimkan. Tentu saja hal ini penting untuk Anda yang merupakan pengusaha muda dan pelaku UMKM, agar mendapatkan harga paling masuk akal untuk paket yang Anda kirimkan. Terlebih untuk pengiriman ke luar pulau, mengetahui rumus yang digunakan untuk menghitung akan membuat Anda bisa memilih mana jasa yang paling murah.

Meski rumus ini sebenarnya sudah jadi pengetahuan umum untuk pelaku bisnis yang lebih senior, tapi rasanya tak lengkap jika Anda terus melakukan pengiriman menggunakan jasa cargo tanpa mengetahui rumus yang digunakan. Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda bisa memilih jasa pengiriman yang paling tepat untuk mengirimkan barang ke berbagai daerah di Indonesia.

Pertanyaan berikutnya, di tengah era modern seperti sekarang, apakah ada jasa layanan cargo yang bisa dipesan secara cepat, mudah, dan praktis?

TrawlBens untuk Cargo yang Cepat, Mudah, dan Praktis

Dengan terus meningkatnya permintaan pengiriman ke luar pulau Jawa, tentu masyarakat juga terus mencari layanan yang bisa memenuhi kebutuhannya. Tak hanya mencari jasa dengan harga paling murah, namun masyarakat juga membutuhkan jasa yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone-nya.

Tapi adakah jasa pengiriman cargo seperti ini?

TrawlBens, merupakan jawaban atas kebutuhan Anda. Jasa pengiriman kekinian yang berbasis aplikasi di smartphone Android ini kini bisa Anda gunakan untuk melakukan pengiriman dari Jabodetabek menuju berbagai daerah di Indonesia. Cara penggunaannya juga tak sulit, mirip dengan layanan aplikasi on demand lain yang sudah ada saat ini. Hanya saja, TrawlBens akan membantu Anda dalam pengiriman barang, baik dalam jumlah kecil maupun barang dalam jumlah besar.

TrawlBens sendiri menyediakan layanan TrawlPack untuk membantu Anda dalam pengiriman barang. Tidak seperti jasa cargo lainnya yang memberikan batasan minimal pengiriman 50 kg hingga 100 kg, TrawlBens bersedia melayani paket dengan berat minimal mulai dari 10 kilogram. Dengan begini, tentu TrawlBens akan sangat bersahabat dengan pelaku UMKM dan Anda pebisnis muda, yang masih memiliki jumlah pengiriman tidak terlalu besar.

Tentu saja, acuan harga yang digunakan adalah acuan harga cargo, sehingga pada skala 10 kilogram Anda akan mendapatkan harga yang lebih ekonomis. Perhitungan ini memang didesain sedemikian rupa agar masyarakat luas dapat menikmati tarif murah ketika melakukan pengiriman tanpa harus terbebani minimal berat paket yang terlalu besar.

Anda bisa cek di sini :

Untuk masalah harga, TrawlBens akan selalu dengan percaya diri bersaing dengan jasa pengiriman cargo lainnya. Meski demikian, ekonomisnya ongkir yang ditawarkan oleh TrawlBens tidak berarti mengurangi kualitas pengiriman yang dilakukan. Pengiriman tetap dilakukan seefektif mungkin, dengan rekomendasi packing berstandar tinggi untuk melindungi paket yang Anda kirimkan. Murah, aman, efektif, paket lengkap yang menarik bukan?

Pada akhirnya, rumus kubikasi dan rumus volume yang dijelaskan di atas adalah untuk membantu Anda memilih jasa pengiriman yang memberikan harga lebih masuk akal. Dengan TrawlBens Anda bisa menikmati tarif ongkir yang murah, transaksi yang praktis dan efektif, sekaligus penjemputan langsung ke lokasi Anda untuk paket yang akan dikirimkan. TrawlBens, A Super Logistics Apps In Your Hand!

Jika Anda penasaran dengan perkiraan harga pengiriman ke Makassar, Anda bisa cek artikel ini Jasa Pengiriman Barang Murah Jakarta ke Makassar


Cek Tarif & Lacak Resi

Pilih Kota Pengiriman

Yuks!! Bagikan Artikel Ini