TrawlBens - Presiden Dewan Internasional untuk Usaha Kecil atau International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman memberikan beberapa saran kepada anak muda generasi millenial yang tertarik untuk berwirausaha.

Memiliki usaha sendiri saat ini menjadi profesi yang paling banyak digandrungi oleh banyak anak-anak muda di dunia, khususnya Indonesia. Sebab jenis profesi ini sekarang termasuk ke dalam profesi yang menjanjikan terutama untuk anak muda. Ahmed Osman mengatakan generasi muda perlu memperhatikan beberapa hal ketika memulai bisnis usaha baru.

Pertama

Harus banyak belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang usaha yang akan di incar. Menurutnya, berinteraksi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya akan memungkinkan anda mendapatkan ilmu serta pengetahuan untuk berwirausaha ketika menggali info tentang pengalaman mereka selama ini.

“Saran saya kepada anak muda di Indonesia yaitu banyak membaca dan belajar serta berinteraksi dengan orang-orang yang telah sukses sebelumnya, terlebih dengan orang-orang tua. Karena, orang tua memiliki pengalaman hidup yang membuat anda bisa belajar darinya,” tutur Ahmed dalam sebuah seminar international di Jakarta tahun lalu.

Kedua

Ahmed mengatakan untuk memulai sebuah usaha baru, anda setidaknya mempunyai pengalaman dengan cara bekerja dengan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman, atau setidaknya sering berkomunikasi dengan mereka yang telah sukses dengan usaha mereka.

“Pengalaman adalah guru terbaik, sebab itulah sebuah pengalaman adalah kunci untuk menjadi sukses. Anda mungkin awalnya gagal dalam mencoba, namun dari kegagalan itu anda dapat gambaran tentang bagaimana untuk mendapatkan kesuksesan setelah berkaca dari kegagalan tersebut.” Ujar Ahmed.

Baca Juga : Pengiriman Container, Solusi Untuk Pengiriman Jumlah Besar Dengan Harga Murah

Ketiga

Kenali pasar. Menurut Ahmed, memulai bisnis tak bisa hanya mengandalkan ide dan inovasi semata. Namun ide dan inovasi cemerlang anda harus disesuaikan dengan permintaan pasar saat ini dan untuk waktu jangka panjang.

“Banyak anak muda yang memulai bisnis dengan ide cemerlang yang mereka dapatkan, tetapi sayangnya mereka tidak mengerti bagaimana pasar bekerja. Ide cemerlang yang anda ciptakan itu jika tidak seirama dengan permintaan pasar, maka ide itu tidak berguna. Mungkin anda berpikir bahwa ide yang anda temukan adalah yang terbaik, tetapi dunia tidak ada yang menyukainya ya berarti anda gagal!” ujar Ahmed. “Oleh sebab itu, penting untuk mencari ide yang cemerlang sekaligus memperhatikan keadaan pasar hingga waktu yang panjang.” Terangnya.

Penting untuk menyiapkan segala hal untu mulai berwirusaha yang menurut Ahmed harus dilakukan. Jika melihat kondsi saat ini, dimana populasi anak muda di dunia mencapai 1,8 miliar jiwa, dan mereka semua sama-sama membutuhkan pekerjaan, tetapi lapangan pekerjaan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan anak muda di dunia.

“Saat ini populasi anak muda ada 1,8 miliar jiwa dari seluruh dunia. Dan 1,8 miliar jiwa tersebut butuhkan pekerjaan. Hal yang menjadi kebiasaan bagi kita sejak dulu adalah bersekolah di universitas, kemudian lulus dan mencari pekerjaan. Tapi dunia tidak bekerja seperti itu lagi sekarang. Sekarang sektor pemerintahan mulai mengurangi kebutuhan pegawainya, begitu juga dengan sektor swasta. Karena ekonomi dunia melemah membuat dua sektor itu menderita.” Tandasnya.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini