Trawlbens - Dalam setiap pengiriman barang, baik itu pengiriman barang, logistik, alat berat sampai container, pasti orang akan lebih memilih jasa pengiriman yang memberikan tarif yang murah. Termasuk salah satunya dalam pengiriman container atau pun pada jasa sewa container.

Jasa sewa container dinilai sangat cocok untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak. Karena barang sebanyak dan seberat apapun, biayanya tidak dibebankan kepada total berat barang, namun dibebankan pada tarif penyewaa container. Beberapa jasa ekspedisi yang menawarkan penyewaan container memberikan beberapa layanan yang menguntungkan pelanggan. Salah satunya adalah layanan LCL atau Less Container Load. Lalu apakah yang dimaksud dengan LCL? Apa saja kelebihannya?

Pengertian Metode LCL Dalam Penyewaan Container

LCL merupakan salah satu metode dalam pengiriman container, baik itu yang berukuran 20 feet, 40 feet atau 45 feet. LCL adalah akronim dari Less Container Load, yang jika diartikan ke Bahasa Indonesia adalah muatan lebih sedikit. Jadi dalam metode ini, pengirim tidak perlu menyewa satu container penuh, melainkan hanya cukup membayar tarif pengiriman dengan hitung kubikasi.

Hitung kubikasi dipilih karena tarif pengiriman tidak dibebankan pada berat barang, tapi seberapa banyak barang menghabiskan space dalam sebuah container.

Rumus Cara Menghitung Kubikasi

Rumus hitung kubikasi adalah P X L X T : 1.000.000. Dimana P adalah Panjang, L adalah Lebar, T adalah tinggi barang. Contohnya barang dengan panjang 300 cm, lebar 200 cm, tinggi 100 cm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

300 x 200 x 100 : 1.000.000 = 6. Jadi barang tersebut digitung 6 kubik (6 M3)

sewa container

Kelebihan Metode LCL Dalam Sewa Container

  1. Pelanggan tidak perlu menyewa satu container penuh jika barang yang dikirim tidak terlalu banyak. Pelanggan hanya dikenakan biaya sewa seberapa banyak barang menghabiskan space container atau peti kemas.
  2. Metode LCL dapat menekan biaya pengiriman dibandingkan dengan metode FCL (Full Container Load) sebab biaya pengiriman hanya dibebankan kepada ukuran kubikasi barang

Kekurang Metode LCL

  1. Barang kiriman anda akan tercampur dengan barang kiriman milik orang lain. Jika jasa sewa container anda tidak teliti, maka barang anda beresiko dapat tertukar dengan barang kiriman orang lain.
  2. Waktu pengiriman menjadi lebih lama dibandingkan FCL, sebab container akan jalan ketika barang sudah penuh

Jasa Sewa Container dari Trawlbens

Trawlbens merupakan perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia. Beberapa layanan yang berhubungan dengan logistik dapat dipesan melalui aplikasi Trawlbens dengan mudah. Salah satu layanan yang banyak diperlukan orang adalah sewa container, dimana dengan sewa container maka pengiriman barang dalam jumlah banyak akan lebih hemat. Adalah TrawlFeet, layanan sewa container dari Trawlbens. TrawlFeet memiliki berbagai macam container dari berbagai bentuk dan jenis yang dapat anda pesan sesuai kebutuhan anda. Tarif sewa nya juga terbilang sangat terjangkau dan tidak menguras kantong. Tunggu apalagi, segera beralih ke Trawlbens, A Super Logistics App in Your Hand.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini