TrawlBens - Tak bisa di pungkiri, peluang usaha rumahan yang paling banyak digandrungi usahawan saat ini adalah membuka usaha Laundry. Usaha yang semakin banyak ditemui di kota kecil hingga kota besar di seluruh Indonesia ini sudah berkembang sejak 2010 lalu. Awalnya hanya di kota-kota besar lah usaha laundry berkembang, namun hingga saat ini usaha laundry sudah merambah ke kota-kota kecil bahkan hingga ke desa-desa.

Hal ini tak lepas dari kesibukan orang-orang dengan rutinitasnya yang membuatnya tidak sempat untuk melakukan aktifitas mencuci hingga menyetrika baju nya. Untuk itulah orang cenderung memilih jasa laundry agar segala hal yang merepotkan dalam mencuci dan menyetrika baju dapat dilakukan oleh penyedia jasa laundry.

Luasnya pasar usaha ini membuat usaha laundry kian pesat. Bahkan usaha Laundrytidak lagi di anggap sebagai usaha rumahan, karena usaha laundry sudah di kembangkan menjadi usaha franchise.

Usaha Laundry Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini

Dengan potensi nya yang sangat besar ini, maka tak heran banyak yang menganggap peluang usaha laundry menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan banyak yang tergiur akan potensinya menghasilan pundi-pundi uang. Untuk anda yang berniat mencoba peluang bisnis rumahan ini, ada baiknya anda baca dulu ulasan lengkap mengenai hal-hal penting apa saja yang harus anda ketahui tentang bisnis laundry.

Target Konsumen Peluang Bisnis Laundry

Target Konsumen Peluang Bisnis Laundry

Perkembangan jaman sekarang ini membuat mobilitas manusia semakin sibuk hingga melupakan waktu-waktu untuk mengurusi diri mereka. Salah satunya dalam mecuci baju, menjemur hingga menyetrika baju mereka sendiri. Karena kesibukannya ini lah jasa laundry hadir untuk melayani pencucian hingga menyetrika baju mereka. Oleh sebab itu, target pasar konsumen laundry sangat luas, mengingat setiap hari kesibukan masyarakat kota besar pada umumnya membuat mereka tidak sempat mencuci pakaian mereka.

Selain itu hampir semua kalangan dapat menjangkau jasa laundry, tidak terbatas hanya orang-orang dari kalangan “atas", namun juga masyarakat menengah kebawah, karena harga yang ditawarkan laundry kiloan sangat terjangkau.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Mulai Menjajaki Peluang Usaha Laundry Kiloan

Jika anda mau memulai usaha laundry kiloan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan anda perhatikan. Diantaranya :

Pilih Lokasi Yang Tepat

Selain modal, hal penting lainnya yang perlu anda persiapkan adalah lokasi membuka usaha. Pemilihan lokasi dinilai penting karena membuka usaha laundry berarti target pasarnya adalah masyarakat yang berada di sekitar daerah tempat usaha anda. Katakanlah jangkauannya paling jauh 500 kilometer dari tempat usaha anda. Karena usaha laundry saat ini sudah semakin menjamur, maka carilah lokasi yang lumayan jauh dari usaha laundry yang sudah ada sebelumnya.

Membuka usaha laundry dirumah sendiri juga tidak ada salahnya. Bahkan dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan modal lagi untuk menyewa ruko atau tempat. Dan akan lebih bagus lagi jika disekitar tempat tinggal anda belum ada yang membuka bisnis laundry kiloan serupa. Tetapi, kalaupun ada, cobalah menawarkan promo yang menarik untuk pelanggan, dan tingkatkan kualitas pelayanan anda, sehingga orang akan lebih banyak datang ke usaha laundry anda dibandingkan pesaing di sekitar tempat tinggal anda.

Membuat Prosedur Yang Tepat

Buatlah prosedur tetap mengenai tata cara yang berkaitan usaha laundry. Periksa dan catatlah seberapa banyak deterjen yang harus anda gunakan ketika mencuci 1 kilogram pakaian, penggunaan pewangi, sortir pakaian, penjemuran, penyetrikaan, pengemasan baju yang sudah rapi dan wangi, sehingga anda dapat lebih mudah menentukan harga yang akan anda tetapkan.

Siapkan segala keperluan dalam usaha laundry kiloan, seperti mesin cuci, pengering, setrika, keranjang baju, timbangan baju dan juga plastik untuk mengepak pakaian yang sudah bersih dan wangi.

Untuk keperluan bahan seperti deterjen dan pewangi, belilah dengan jumlah yang banyak agar stok selalu aman. Jika ingin mendapatkan harga deterjen dan pewangi yang murah, maka bekerjasamalah dengan suplier.

Menetapkan Tarif Yang Sesuai

Sebelum anda menetapkan tarif jasa laundry anda, ada baiknya anda survey harga dulu dengan mengetahui harga laundry dari pesaing. Jangan sampai harga yang anda tetapkan jauh lebih mahal daripada pesaing yang berada didekat lokasi usaha anda.

Jika anda memerlukan karyawan dalam membantu usaha laundry kiloan anda, maka carilah karyawan yang benar-benar ulet dan tekun dalam bekerja, kalau bisa harus terampil dalam hal yang berkaitan dengan laundry. Selain itu karyawan tersebut haruslah baik dan jujur.

Kelebihan dan Kekurangan Peluang Usaha Laundry

Kelebihan dan Kekurangan Peluang Usaha Laundry

Kelebihan Bisnis Laundry

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika membuka usaha laundry, salah satunya adalah waktu kerja yang sangat fleskibel, karena usaha laundry dapat dilakukan di rumah sendiri, sehingga anda masih mempunyai waktu untuk mengurus keluarga.

Selain itu setiap tahun terjadi peningkatan pengguna jasa laundry, sehingga peluang usaha laundry sangat menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan.

Kekurangan Bisnis Laundry

Setiap jenis usaha, tentu mempunyai kendala dalam menjalaninya, tak terkecuali saat menjalani usaha laundry. Salah satu hambatan yang didapat ketika membuka bisnis laundry adalah persaingannya yang semakin ketat. Besarnnya peluang mendapatkan keuntungan besar dengan membuka jasa laundry kiloan membuat banyak orang tergiur dan membuka usaha laundry di tempat mereka, tak peduli apakah usaha serupa sudah ada di sekitar tempat tinggalnya.

Namun kekurangan tersebut dapat anda siasati dengan memberikan promo kepada pelanggan setia anda, sehingga mereka tidak lari ke kompetitor anda.

Pemasaran Peluang Bisnis Laundry Yang Efektif

Ketika pertama kali anda membuka usaha laundry, tentunya belum banyak yang tahu tentang usaha yang anda jalankan tersebut, kecuali sebelumnya anda sudah memberitahukannya kepada tetangga dan kerabat anda. Agar usaha anda lebih dilihat orang, anda harus memasang spanduk atau pamflet di depan lokasi usaha anda agar ketika orang lewat dapat melihatnya dan mengetahui bahwa ada usaha laundry di sana.

Untuk memperluasa pemasaran usaha laundry anda, pasanglah spanduk di jalan besar sebelum masuk ke lingkungan tempat tinggal anda, atau tempelkan atau bagikan brosur usaha laundry anda di sekitar kampus, kost-kostan, perkantoran dan kompleks perumahan yang berada dekat dengan rumah anda.

Selain itu, salah satu cara pemasaran yang paling ampuh untuk menarik minta konsumen memakai jasa anda adalah dengan memberikan promo tau diskon ketika memakai jasa laundry anda. Misalnya untuk cucian di atas 5kg maka gratis 1kg. Bisa juga memberikan diskon untuk jenis pakaian tertentu. Hal ini dilakukan sebagai langkah pengenalan terhadap usaha laundry anda. Tapi ingat untuk selalu menjaga kualitas pelayanan anda, jangan sampai konsumen merasa tidak puas dengan hasil cucian anda, supaya pelanggan tidak segan-segan memakai jasa anda kembali, bahkan ketika promo yang anda berikan sudah tidak tersedia.

Baca Juga : Saran Dagang Anti Gagal Dari Pengusaha Mesir

Kunci Sukses Peluang Bisnis Laundry Kiloan

Usaha laundry adalah salah satu usaha yang mengutamakan jasa pelayanan, oleh sebab itu letak kesuksesan bisnis laundry kiloan adalah kepuasan konsumen. Jadi untuk sukses dan bertahan menjalankan usaha laundry kiloan, anda harus menomor satukan kepuasan pelanggan, dan selalu memberikan layanan terbaik anda kepada mereka.

Layanan yang bermutu dalam usaha laundry meliputi :

  1. Kualitas cucian harus bersih, rapi, wangin dan tidak boleh ada kecacatan
  2. Tarif yang bersaing, anda harus pastikan bahwa tarif yang anda patok tidak jauh berbeda dengan pesaing
  3. Pelayanan yang baik, sopan serta ramah
  4. Pengerjaan waktu cuci yang tepat waktu seperti yang dijanjikan
  5. Menyediakan layanan menjemput dan mengantarkan cucian pelanggan ke rumah mereka.

Dengan beberapa kunci sukses dalam usaha laundry berupa layanan yang maksimal, konsumen diharapkan tidak jera memakai jasa anda, dan tanpa pikir dua kali mereka akan memakai jasa laundry anda lagi kedepannya.

Demikianlah ulasan mengenai peluang bisnis usaha laundry, semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini