Trawlbens - Jasa Import. Bisnis UKM merupakan penunjang perekonomian masyarakat Indonesia. Walaupun banyak yang meremehkan usaha ini, namun UKM terbukti mampu bertahan dalam kondisi ekonomi yang sulit sekalipun. Contohnya saat krisis moneter tahun 1997 lalu, di saat banyak perusahaan besar kolaps. namun UKM mampu bertahan dan menjadi penopang perekonomian Indonesia pada saat itu.

Mungkin anda berpikir kalau pemasaran UKM hanya di ruang lingkup yang kecil. Padahal produk UKM kalau mutu nya baik, maka sangat layak di pasarkan ke luar negri alias ekspor. Tapi dengan mendengar kata ekspor saja, pasti yang terlintas di bayangan kebanyakan orang adalah urusannya yang ribet dan memerlukan modal yang besar. Untuk itu, Anda yang baru pertama kali ingin memulai bisnis eksport, simaklah tips dibawah ini agar pandangan Anda terhadap ekspor impor berubah.

  1. Menentukan Produk Yang Tepat Untuk Anda Jual

    Barang yang bernilai jual tinggi tentu akan lebih menguntungkan untuk di ekspor. Pilihlah produk lokal kita yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negri. Dengan menjual produk yang tepat, maka akan membuat bangga negara bahwa kualitas produk dalam negri bisa bersaing dengan produk luar.

  2. Mempersiapkan Dokumen Lengkap

    Bagian dari usaha ekspor yang cukup rumit adalah pengurusan administrasinya. Tetapi jika Anda mempersiapkan dokumen nya dengan lengkap dan data pada tiap dokumen cocok, maka tidak akan ada masalah yang anda hadapi kedepannya. Dokumen yang dipersiapkan diantara lain SIUP (Surat Izin Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), NIK (Nomor Identitas Kepabeanan).

    jasa import

    Namun jika anda tidak punya NIK, anda bisa memaki jasa undername ekspor dan import yang disediakan oleh jasa import dan export di Indonesia. Seperti TrawlExim, layanan export import dari Trawlbens, sebuah perusahaan jasa pengiriman barang berbasis aplikasi pertama di Indonesia. Dengan layanan TrawlExim anda tidak perlu mengurus NIK. TrawlExim menyediakan semuanya. Layanan ini dengan mudah dapat anda pesan melalui aplikasi Trawlbens.

  3. Menentukan Negara Tujuan Ekspor

    Menentukan negara tujuan ekspor merupakan salah satu hal yang cukup penting pada saat memulai bisnis ekspor. Sebab jika salah memilih negara tujuan ekspor, pemasaran anda hanya akan sia-sia karena mayoritas penduduk negara itu kurang cocok dengan produk anda. Maka dari itu pilihlah negara yang cocok sesuai dengan produk yang anda jajakan. Negara sesama asia merupakan tujuan yang paling aman untuk eskportir dari Indonesia.

  4. Berjualan dengan Berbasis Online

    Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anda harus memanfaatkannya dengan benar. Pasarkanlah produk anda lewat website yang bisa di akses oleh orang dari berbagai belahan dunia. Ditambah lagi jika anda memasarkannya lewat marketplace luar negri seperti Alibaba, Amazone, Ebay dan lain-lain.

Demikian lah 4 tips yang bisa anda terapkan ketika memulai bisnis usaha ekspor. Semoga bermanfaat.


Yuks!! Bagikan Artikel Ini