TrawlFeet - Jasa Sewa Container \< Jasa pengiriman container atau peti kemas adalah salah satu metode pengiriman barang yang memakai peti dari baja berukuran besar sebagai tempat untuk memasukkan barang ke dalamnya. Jenis pengiriman barang ini menjadi alternatif yang biasa dipilih oleh para pelaku usaha dalam mendistribusikan barang dagangannya atau mendistribusikan kebutuhan logistik perusahaannya ke cabang di kota lain.

Trawlbens dengan bangga mempersembahkan layanan TrawlFeet yang merupakan layanan penyewaan container 20 feet, 40 feet dan jenis container lainnya dengan proses yang mudah dan cepat. Selain itu, TrawlFeet dapat melayani sewa container ke seluruh Indonesia.

Cara Memesan TrawlFeet, Layanan Jasa Sewa Container dari Trawlbens

  1. Download Aplikasi Trawlbens di Playstore dan App Store
  2. Registrasi
  3. Pilih layanan TrawlFeet
  4. Pilih kota asal dan kota tujuan
  5. Masukkan data barang
  6. Pilih jenis container
  7. Klik order

Cara Melacak Status Pengiriman Layanan Sewa Container

  1. Buka aplikasi Trawlbens
  2. Masuk ke menu cek resi
  3. Masukkan nomor order anda
  4. Klik tombol lacak

Jenis-Jenis Container atau Peti Kemas Berdasarkan Ukuran dan Fungsinya

Sebelum anda memutuskan untuk memesan peti kemas untuk keperluan pengiriman barang anda, ada baiknya anda cari tau dulu perihal jenis-jenis kontainer dibawah ini, mulai dari namanya dan juga ukurannya.

Jenis Container Berdasarkan Ukurannya

  1. Container 10 Feet

TrawlFeet - Container 10 Feet \< Container atau peti kemas ini mempunyai ukuran panjang 3 meter, lebar 2,35 meter dan tinggi juga 2,39 meter. Sementara itu container 10 feet mampu menampung muatan hingga 23 ton.

  1. Containet 20 Feet

TrawlFeet - Container 20 Feet > Container atau peti kemas ini mempunyai ukuran panjang 6 meter, lebar 2,35 meter dan tinggi juga 2,39 meter. Sementara itu container 20 feet mampu menampung muatan hingga 23 ton.

  1. Container 30 Feet

TrawlFeet - Container 40 Feet \< Container 40 feet mempunyai ukuran panjang 12 meter, dengan lebar 2,35 meter dan tinggi 2,39 meter. Sementara itu maksimal berat yang dapat ditampung pada peti kemas ini sama dengan peti kemas 20 feet, yang membedakan hanyalah ukuran panjangnya. Karena sejatinya yang menahan beban barang kiriman adalah truk pengangkut peti kemas tersebut, bukan peti kemasnya sendiri.

  1. Container 45 Feet

TrawlFeet - Container 45 Feet > Container 45 feet memiliki ukuran panjang 13,7 meter, dengan lebar 2,35 meter dan tinggi 2,39 meter. Container 45 feet mampu menampung beban hingga 28 ton.

Jenis Container Berdasarkan Muatannya

  1. Dry Container

TrawlFeet - Dry Container \< Jenis container ini adalah yang paling umum digunakan oleh jasa pengiriman barang. Tujuannya untuk mengangkut berbagai jenis barang kargo kering.

  1. Reefer Container

TrawlFeet - Reefer Container > Kontainer reefer adalah jenis container yang dilengkapi dengan sistem pendingin atau refrigerator yang terdapat pada bagian dalam peti kemas. Jenis peti kemas ini memungkinkan untuk menjaga suhu dingin di dalam peti kemas, sehingga temperatur barang atau komoditi di dalamnya tetap stabil dan tidak rusak. Selain itu temperaturnya sendiri dapat di atur sesuai kebutuhan. Reefer container biasanya digunakan untuk pengiriman makanan beku atau frozen food, dengan peti kemas yang sudah dilengkapi sistem pendingin ini, maka makanan beku yang dikirimkan akan tetap segar hingga ke tangan penerima.

  1. Container Flat Rack

TrawlFeet - Container Flat Rack \< Kontainer atau peti kemas jenis ini biasanya mengangkut barang-barang yang tidak muat jika dimasukkan ke dalam peti kemas biasa. Bentuk peti kemas ini adalah seperti peti kemas pada umumnya, namun tidak memiliki atap dan juga sisi samping kontainer.

  1. Bulk Container

TrawlFeet - Bulk Container > Jenis container ini digunakan untuk mengangkut barang berbentuk butiran atau curah dalam jumlah banyak. Seperti biji-bijian, rempah-rempah dan pakan ternak.

  1. Fantainer Container

TrawlFeet - Fantainer Container \< Jenis container ini khusus mengangkut komoditi yang memerlukan sirkulasi udara yang cukup. Oleh sebab itu pada container ini terdapat ventilasi udara pada bagian sisi samping container sehingga udara bebas keluar masuk. Contoh komoditi yang memerlukan perlakuan khusus seperti ini adalah biji kopi.

  1. Hanger Trainer

TrawlFeet - Hanger Trainer > Container ini bisa disebut juga kontainer bergantung. Sebab pada bagian dalam peti kemas, terdapat hanger atau penggantung yang biasanya digunakan untuk menggantung barang tekstil seperti pakaian agar tidak kusut.

  1. Tank Container

TrawlFeet - Tank Container \< Container ini berbentuk tangki besar yang ditempatkan pada kerangka container. Jenis container ini digunakan untuk pengiriman muatan cair, baik itu cairan maupun gas.

  1. Open Side Container

TrawlFeet - Open Side Container > Container jenis ini hampir serupa dengan jenis container pada umumnya, namun pada salah satu sisi atau kedua sisi container ini bisa dibuka. Container ini dibuat untuk mengangkut muatan yang berbentuk lebar, sehingga bisa dimasukkan dari sisi samping container. Barang yang biasanya diangkut menggunakan container ini adalah mesin industri, dan lain-lain.

  1. Open Top Container

TrawlFeet - Open Top Container \< Pada container jenis ini, bagian atas peti kemas dapat dibuka. Gunanya untuk memuat barang yang tingginya melebihi tinggi container.

  1. Platform Container

TrawlFeet - Platform Container > Container jenis ini digunakan untuk mengangkut muatan yang memiliki muatan dan berat melebihi standart barang pada umumnya seperti alat berat.

Keunggulan Menggunakan Jasa Sewa Container di TrawlFeet

Banyak perusahaan atau masyarakat biasa yang mengira mengirimkan barang dengan container biayanya sangat mahal. Padahal kenyataannya, pengiriman barang dengan kontainer jika dihitung-hitung sangat murah. Berikut adalah alasan mengapa TrawFeet sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha.

  1. Lebih Murah Daripada Membeli Truk Sendiri

Alih-alih membeli truk sendiri untuk mendistribusikan barang ke wilayah lain, memakai jasa ekspedisi akan jauh lebih murah cost nya. Selain itu dengan memakai jasa ekspedisi, maka anda tidak perlu report memikirkan perawatan dan asuransi. Menyewa kontainer pada jasa ekspedisi atau cargo juga terbukti jauh lebih irit dan praktis.

  1. Lebih Murah Daripada Metode Hitung Berat

Menyewa satu kontainer penuh jauh lebih murah dibanding barang anda dihitung berat dan volumenya. Bayangkan jika anda mempunyai barang dengan berat 20 ton dan akan dikirimkan ke Makassar yang harga rata-rata perkilo nya adalah Rp. 10.000, maka uang yang harus anda kelurkan untuk pengiriman adalah 20.000kg x Rp. 10.000 = Rp. 200.000.000. Harga fantastis tersebut bahkan belum termasuk harga asurasi, biaya packing dan lain-lain. Sementara jika anda menyewa satu kontainer penuh ukuran 40 feet, maka hanya dikenakan tarif sewa saja, yang mana biasanya pengiriman container dari Jakarta ke Makassar berkisar 15 – 20jt rupiah.

  1. Lebih Praktis dan Aman

Menyewa satu kontainer penuh, berarti seluruh space dari peti kemas tersebut adalah milik anda. Anda bebas mengirimkan berapa banyak sekalipun, asalkan tidak melebihi muatan kapasitas kontainer tersebut. Karena satu peti kemas hanya khusus di isi dengan barang milik anda sendiri, itu berarti resiko barang anda tertukar dengan barang milik orang lain adalah tidak ada.

Yang Penting Diketahui Sebelum Menggunakan Jasa Pengiriman Kontainer

  1. Hitung Jumlah Kubikasi Barang

Sebelum anda memutuskan untuk memakai pengiriman containe, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah cek jumlah kubikasi dan volume barang anda, setelah itu baru cari tau berapa jumlah barang anda dan ukuran container apa yang anda butuhkan.

  1. Cek Biaya Pengiriman Container

Meskipun pengiriman barang via container cenderung lebih murah, seorang pengusaha harus lebih jeli dalam memilih jasa pengiriman container mana yang lebih murah agar anda bisa lebih hemat dalam menggunakan budget anda. Biaya untuk container ini sendiri juga bervariasi, seperti dari biaya pengkapalan, biaya penumpukan dan biaya penyediaan pengepakan atau pengemasan. Namun biasanya setiap jasa ekspedisi sudah memasukkan biaya-biaya tambahan di atas ke dalam tarif total yang mereka cantumkan di website masing-masing.

  1. Cek Alamat Pengiriman Container

Jasa pengiriman barang via container memang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, namun demikian, anda diminta untuk memastikan apakah daerah tujuan pengiriman anda memang dapat dijangkau oleh jasa pengiriman container. Selain itu, dengan mengetahui detail alamat pengiriman, anda dapat menentukan jalur mana atau via apa barang anda akan dikirimkan. Apakah itu jalur daratm ataupun laut. Terkadang ada daerah yang tidak dapat dilabuhi oleh kapal kargo, maka untuk itu barang akan dikirimkan ke kota terdekat dari kota tujuan pengiriman yang mempunyai fasilitas bongkar muat peti kemas. Selanjutnya container akan dimuat pada truk trailer pengangkut container dan melanjutkan perjalanan ke kota tujuan lewat jalur darat.

Estimasi Barang

Dalam pengiriman barang lewat container, estimasi barang sampai biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan pengiriman barang lewat metode biasa karena tidak perlu menunggu muatan penuh. Namun waktu barang sampai ke tangan penerima juga tergantung ke kota mana barang di kirimkan. Biasanya untuk pengiriman container ke daerah Indonesia timur membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan di Indonesia bagian barat. Ini disebabkan selain jaraknya yang cukup jauh, ditambah tidak banyak pelabuhan yang mempunyai fasilitas bongkar muat peti kemas di atas 20 ton.

Selain itu pengiriman container via Kapal Kargo akan lebih lama dibandingkan pengiriman container via Kapal Pelni atau Kapal Roro. Sebab jika container yang dikirimkan dengan kapal pelni, maka setelah kapal berlabuh, maka container akan langsung di bongkar muat dan sebagian melanjutkan perjalanan lewat darat. Sedangkan pengiriman container dengan kapal kargo akan lebih lambat karena selain jadwal kapal kargo yang tidak sesering kapal pelni, juga pada saat kapal kargo bersandar di pelabuhan, barang tidak akan langsung di bongkar muat karena menunggu antrian dari kontainer-kontainer lainnya.

Alat Penunjang Operasional Bongkar Muat Peti Kemas

Di setiap pelabuhan terminal peti kemas, terdapat sejumlah alat penunjang operasional bongkar muat peti kemas di terminal peti kemas, di antaranya yaitu :

  1. Forklift
  2. Container Crane
  3. Side Loader
  4. Reach Stacker
  5. Gantry Crane
  6. Straddle Carrier
  7. Rubber Tyre

TrawFeet Melayani Pengiriman Container ke Seluruh Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang hingga ke Merauke, oleh sebab itu Indonesia di juluki sebagai negara maritim, yang artinya Indonesia memiliki lautan yang lebih luas daripada daratannya. Maka dari itu sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sekurang-kurangnya ratusan pelabuhan di Indonesia, baik itu pelabuhan kecil maupun besar yang mendukung kelancaran arus lalu lintas manusia dan barang di Indonesia.

Namun tidak semua pelabuhan memiliki fasilitas bongkar muat peti kemas atau container. Pelabuhan yang memiliki terminal bongkat muat peti kemas di Indonesia hanya terdapat di kota-kota besar saja. Pengiriman container via kapal kargo atau kapal pelni dapat melayani pengiriman ke kota-kota besar yang memiliki fasilitas bongkar dan muat peti kemas. Dalam proses bongkar muat peti kemas diperlukan alat-alat berat khusus yang bisa menurunkan kontainer dari atas kapal ke truk trailer yang selanjutnya akan di antar ke lokasi pengiriman.

Walau tidak semua pelabuhan di Indonesia memiliki fasilitas bongkar muat, namun pengiriman barang dengan container ke pelabuhan-pelabuhan kecil tetap bisa dilakukan. Caranya yaitu pada saat container berisi barang pengiriman tiba di pelabuhan peti kemas, barang dibongkar dari dalam container, setelah itu barang tersebut di angkut lagi menggunakan kapal motor penumpang yang akan membawa barang tersebut ke daerah yang memiliki pelabuhan kecil seperti pulau-pulau terpencil.

Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Sebagai Pusat Distribusi Nasional Indonesia

Kota Jakarta selain sebagai ibukota negara juga memiliki peran sebagai pusat ekonomi, bisnis dan sekaligus pusat distribusi barang ke seluruh Indonesia. Maka tak heran jika Jakarta memiliki pelabuhan representatif berstandart International yang dapat melayani arus keluar masuk barang dengan proses yang lancar. Pelabuhan Tanjung Priok yang terletak di Jakarta Utara merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia. Selain melayani arus keluar masuk penumpang dari dan ke kota Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok juga menjadi pintu gerbang arus keluar masuk barang impor dan ekspor serta dari seluruh pulau di Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Priok sendiri memiliki 7 terminal bongkar muat peti kemas yang di kelola oleh beberapa perusahaan perseroan. Dengan adanya banyak TPK (Terminal Peti Kemas) yang didukung dengan peralatan penunjang operasional yang canggih, maka aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok bisa tertangani dengan cepat dan efisien. 7 TPK yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok adalah :

JICT (Jakarta International Container Terminal)

JICT atau Jakarta International Container Terminal menjadi pelabuhan pertama Indonesia yang dapat melakukan transshipment internasional yang mampu menangani kapal besar yang dapat memuat 10.000 TEUs(twenty-foot equivalent unit). JICT saat ini melakukan pengembangan dengan membangun dermaga baru dan memesan peralatan-peralatan baru yang dapat menunjukang aktifitas bongkar muat peti kemas. Dengan fasilitasnya yang super lengkap serta keamanan nya yang sangat terjamin membuat JICT diakui sebagai perusahaan bongkar muat peti kemas terbaik di Indonesia.

TPK KOJA (Terminal Petikemas Kota Jaya)

TPK Koja dilengkapi dermaga sepanjang 650 meter , lebar 40 meter dengan kedalaman alur -14 meter Low Water Spring (LWS )dan kedalaman kolam -13 meter LWS.

Selain itu dilengkapi lapangan kontainer seluas 25,72 ha dengan 6 gate (pintu ke luar /masuk), 7 unit container crane, 48 unit head truck, 60 unit chassis, 25 unit Rubber Tire Gantry Crane (RTG), sejumlah quay crane dan peralatan bongkar muat petikemas canggih lainnya.

MTI (Multipurpose Terminal Indonesia)

MTI dilengkapi 7 dermaga yang masing-masing mempunyai panjang 75 m, 350 m, 250 m, 258 m, 60 m, 200 m, dan 144 m. Selain itu terdapat 3 lapangan peti kemas yan masing-masing berukuran luas 88,500 m2, 10.753 m2, dan 41.661 m2. 35 Container Crane, 35 Rubber Tyrad Gantry Crane, 35 Head Truck, 35 Chais, 35 Top Loader, 15 Sife Loader, 25 Reach Stacker, 50 Weight Bridge.

NPCT (New Port Container Terminal)

Terminal Peti Kemas Kalibaru atau yang juga disebut NPCT New Priok Container Terminal adalah pengembangan secara bertahap terminal peti kemas Tanjung Priok untuk mengantisipasi pertumbuhan arus peti kemas dan kargo di Pelabuhan Tanjung Priok.

Terminal Petikemas Kalibaru mempunyai luas lahan kurang lebih 32 Ha dan kapasitas sebesar 1,5 juta TEUs per tahun. Dengan total panjang dermaga 850 meter dan kedalaman -14 meter LWS, dan akan dikeruk secara bertahap hingga -20 meter LWS. Terminal baru ini diproyeksikan untuk dapat melayani kapal petikemas dengan kapasitas 13 ribu sampai 15 ribu TEUs dengan bobot di atas 150 ribu DWT.

T300 MAL (Terminal Mustika Alam Lestari) Pada bulan Juli 2004 PT Mustika Alam Lestari (MAL) terpilih menjadi mitra PT Multi Terminal Indonesia (MTI) dalam pengoperasian Dermaga dan Lapangan Penumpukan 214 dan 300 sebagai terminal "multipurpose" di pelabuhan Tanjung Priok.

T3 OJA (Terminal Olah Jasa Andal)

Kapasitas terminal yang dikelola OJA mencapai 400.000 TEUs per tahun. OJA menangani bongkar muat petikemas di Dermaga 300, 301, 302 dan 303 Pelabuhan Tanjung Priok dengan masa operasi 15 tahun, terhitung sejak 2013.

T305 TSJ (Terminal Tangguh Samudera Jaya)

Sementara itu, Samudera melalui PT Tangguh Samudera Jaya (TSJ) juga mengelola bongkar muat di Dermaga 303, 304, dan 305 dengan kapasitas volume 400.000 TEUs.

Daftar Terminal Peti Kemas di Indonesia

No Port Code City Local Port Name Nama Terminal
1 IDSUB SURABAYA TANJUNG PERAK ICT (International Container Terminal)
2 IDSUB SURABAYA TELUK LAMONG TTL (Terminal Teluk Lamong)
3 IDMAK MAKASSAR SOEKARNO HATTA TPM (Terminal Petikemas Makassar)
4 IDPDG PADANG TELUK BAYUR TPTB (Terminal Petikemas Teluk Bayur)
5 IDPLM PALEMBANG BOOM BARU TPKBB (Terminal Petikemas Boom Baru)
6 IDPNK PONTIANAK DWIKORA TPK IPC 2 (Terminal Petikemas IPC 2)
7 IDBJM BANJARMASIN BANJARMASIN TPT (Terminal Petikemas Trisakti)
8 IDPNJ BANDAR LAMPUNG PANJANG TPKP (Terminal Petikemas Panjang)
9 IDSRG SEMARANG TANJUNG EMAS TPKS (Terminal Petikemas Semarang)
10 IDBLW MEDAN BELAWAN BICT (Belawan International Container Terminal)
11 IDBPP BALIKPAPAN SEMAYANG KKT (Kaltim Kariangau Terminal)
12 IDSOR SORONG ARAR Terminal Petikemas Pelabuhan Sorong
13 IDAMB AMBON YOS SOEDARSO Terminal Petikemas Pelabuhan Yos Soedarso
14 IDKDR KENDARI GERSAMATA Pelabuhan Petikemas Bungkutoko
15 IDSRI SAMARINDA PALARAN TPKP (Terminal Petikemas Palaran)
16 IDBIT MANADO BITUNG TPKB (Terminal Petikemas Bitung)
17 IDPLW PALU PANTOLOAN Terminal Petikemas Pantoloan
18 IDLUW LUWUK LUWUK Terminal Petikemas Luwuk
19 IDDJJ JAYAPURA DEPAPRE Terminal Petikemas Depapre
20 IDBTM BATAM BATU AMPAR Terminal Petikemas Batu Ampar
21 IDBOA DENPASAR BENOA Terminal Petikemas Benoa

Sumber : sitc.co.id/domestic-terminal-list

Tips Aman Mengirimkan Barang Via Container

Setelah mengetahui informasi mengenai jenis kontainer, tarif, estimasi serta hal-hal yang penting diketahui sebelum mengirimkan barang via container, maka saatnya kita bahas tips-tips aman dalam mengirimkan barang via container.

  1. Packing Barang

Sebelum mengirimkan barang anda lewat container, ada baiknya mengemas barang anda dengan benar, seperti memakai packing plastik, packing kardus dan juga packing kayu. Hal ini wajb dilakukan untuk barang yang rentan apabila terkena air, serta barang pecah belah yang beresiko rusak diperjalanan.

  1. Asurasikan Barang Kiriman

Pilihan mengasuransikan barang anda ini merupakan cara untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti becanda alam, kapal tenggelam atau kapal terbakar. Jadi barang anda akan mendapatkan penggantian yang setimpal dari perusahaan asuransi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai layanan TrawlFeet (pengiriman barang via Container).


Yuks!! Bagikan Artikel Ini